7 cara investasi emas untuk pemula, pasti untung dan minim risiko

7 cara investasi emas untuk pemula, pasti untung dan minim risiko - Emas bukan hanya perhiasan yang populer, tetapi banyak yang memilihnya sebagai pilihan investasi yang menguntungkan. Bagi seorang investor, instrumen investasi ini merupakan aset alternatif yang paling menjanjikan di samping pasar saham dan obligasi tradisional. Berinvestasi emas dianggap menguntungkan karena selain nilainya yang stabil dan minim risiko, terutama bagi investor pemula. 

Berinvestasi dalam emas lebih kecil risikonya daripada berinvestasi dalam saham di pasar modal. Hal ini dikarenakan semakin banyak investor yang datang ke pasar modal. Selain itu, setidaknya Anda memiliki informasi tentang investasi saham dan investasi emas yang lebih mudah. Kemudian, banyaknya spekulasi investor yang mencari keuntungan dari margin pasar juga menyebabkan fluktuasi harga investasi pasar modal yang lebih besar, sehingga risiko kerugian menjadi lebih besar. 

Baca juga: wajib tahu! Inilah perbedaan nabung Emas Fisik dan Digital 

Hal ini berbeda dengan nilai investasi logam mulia yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Harga emas cenderung naik dan jarang turun. Bahkan selama masa-masa sulit yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 tahun 2020, jumlahnya melebihi $2.000. Saat ini, ada beberapa cara mudah bagi investor pemula untuk berinvestasi emas. Meskipun harga umumnya stabil, penting untuk mengetahui cara berinvestasi logam mulia agar mendapat untung dan tidak rugi. 

Berikut 7 cara mudah berinvestasi emas bagi pemula untuk keuntungan dan minim risiko. 

1. Tentukan tujuan investasi Anda 

Cara mudah pertama memulai investasi emas untuk pemula adalah dengan menetapkan tujuan investasi. Adalah baik untuk menetapkan tujuan sebelum berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan tujuan investasi, seperti tabungan, pendidikan, perkawinan atau investasi pensiun. Dengan menetapkan tujuan, Anda akan mengetahui berapa banyak logam mulia yang harus Anda investasikan per bulan. 

Baca juga: 5 hal ini yang wajib diketahui sebelum beli logam mulia agar tidak tertipu 

2. Ikuti perkembangan harga 

Meski emas dikenal sebagai logam mulia yang harganya umumnya stabil, tidak ada salahnya untuk rutin mengecek harganya. Hal ini dikarenakan harga emas dapat mengalami fluktuasi di pasar global yang dipengaruhi oleh supply dan demand. 

Cara berinvestasi emas agar mendapat untung dengan membelinya saat harganya murah. Jika harga naik, Anda dapat menggunakan opsi put. Cobalah untuk secara teratur memeriksa perubahan harga melalui situs web dan cerdaslah dalam menentukan kapan harus menjual dan membeli. 

Baca juga: Pemula wajib paham cara berinvestasi emas dengan benar

3. Beli dari tempat terpercaya 

Salah satu cara termudah dan teraman untuk berinvestasi dalam logam mulia adalah membelinya dalam bentuk batangan. Untuk membeli emas batangan, sebaiknya membelinya dari tempat yang terpercaya. Dengan membelinya secara resmi di bar, nantinya Anda akan mendapatkan surat dan sertifikat emas untuk mempromosikan nilai investasi. Salah satu tempat terpercaya untuk membeli obligasi emas adalah PT ANTAM. Caranya mudah, Anda bisa datang langsung ke outlet emas PT ANTAM atau melalui website resminya. 

Baca juga: Logam termahal di dunia ternyata bukan emas 

4. Berinvestasi di pegadaian 

Menabung emas di pegadaian merupakan salah satu cara termudah untuk berinvestasi logam mulia. Perusahaan memiliki produk yang memudahkan konsumen berinvestasi emas dengan penghematan mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp 10.000. Kemudian, apabila nilai emas yang diinginkan telah tercapai, maka dapat dilakukan Pemesanan Berat melalui Pegadaian agar beratnya tersisa minimal 1 gram dan 0,1 gram.

Baca juga: Apa hukumnya trading forex menurut islam 

5. Beli sebagai perhiasan 

Bagi wanita, perhiasan emas tidak hanya menunjang penampilan, tetapi juga cara mudah untuk berinvestasi. Emas batangan adalah cara ramah pemula untuk berinvestasi emas karena sangat mudah diperoleh dan biasanya harganya lebih murah daripada emas. Meski relatif mudah didapat, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. Dalam beberapa kasus, harga jual kembali perhiasan emas biasanya lebih murah. 

Baca juga: 3 aplikasi pelacak nomor HP Terbaik Yang Wajib Diketahui 

6. Berinvestasi dalam Emas Internet 

Untuk pemula, cara berinvestasi emas adalah Internet Investment Gold (IIG), yaitu. investasi emas online. Berinvestasi dalam emas online memungkinkan Anda membeli emas fisik secara online dan menyimpannya di brankas profesional. Terlepas dari itu, Anda masih bisa mendapatkannya jika Anda membutuhkannya. Berinvestasi emas secara online menawarkan keuntungan seperti kepemilikan langsung emas fisik, paparan emas sebagai kelas aset, dan tempat yang nyaman untuk menyimpan emas.  

Baca juga: 6 cara membuka situs terblokir dengan mudah dan ampuh 

7. Sertifikat emas 

Jika Anda ingin mencoba berinvestasi emas, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tempat menyimpan emas Anda. Anda dapat menyimpan emas di brankas pribadi di rumah. Namun jika Anda mengkhawatirkan keamanan, sertifikat emas mungkin jawabannya. Sertifikat emas sangat nyaman dan aman bagi investor yang memiliki fisik emas tanpa keinginan untuk mengambilnya. 

 Yang harus Anda lakukan hanyalah menyimpan sertifikat dan emas disimpan secara profesional atas nama klien. Setelah itu, pelanggan menerima sertifikat pribadi atas namanya dan sertifikat kepemilikan.

Baca juga: Menghasilkan uang 700 ribu dari aplikasi mirip youtube 



Posting Komentar untuk "7 cara investasi emas untuk pemula, pasti untung dan minim risiko "