Logam termahal di dunia ternyata bukan emas

Logam termahal di dunia ternyata bukan emas - Sampai saat ini banyak yang percaya bahwa emas adalah logam mulia yang paling mahal harganya. Namun ternyata emas bukanlah logam termahal di dunia. Terus?

Laman iflscience yang dibuka pada Sabtu (5 Juni 2023) ini mengetahui bahwa emas merupakan salah satu logam mulia yang paling banyak dicari dan digunakan di berbagai bidang. Sebut saja perhiasan, bahan baku peralatan elektronik, bahan pembuatan pesawat, dll. Oleh karena itu, nilai emas kini meningkat menjadi 1.850 dolar AS (27,19 juta rubel) per troy ounce. Namun, ternyata jumlah tersebut tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan logam mulia itu, rhodium.

Baca juga: 6 cara membuka situs terblokir dengan mudah dan ampuh

Diketahui bahwa rhodium sendiri merupakan logam mulia yang pertama kali ditemukan oleh William Hyde Wollaston pada tahun 1803. Dibandingkan dengan emas, rhodium memiliki ketahanan yang lebih tinggi.

Menurut penelitian, rhodium memiliki sifat tidak mudah bereaksi dengan oksigen, tahan terhadap korosi dan oksidasi. Oleh karena itu, logam ini banyak digunakan untuk membuat mobil, pesawat terbang, kontak listrik, dan termokopel suhu tinggi serta kabel resistansi.

Baca juga: 3 aplikasi pelacak nomor HP Terbaik Yang Wajib Diketahui 

Terlepas dari kegunaannya, logam ini juga jauh lebih langka daripada emas. Karena kelangkaan logam ini, hanya 16 ton per tahun yang diproduksi di seluruh dunia, dengan stok sekitar 3.000 ton. Karena kelangkaan dan kegunaannya, rhodium saat ini dihargai USD 10.300 (Rp 151,41 juta) per ons.



Posting Komentar untuk "Logam termahal di dunia ternyata bukan emas"