Jadi Inilah Alasan Harga Emas Perhiasan dengan Emas Antam Berbeda

Jadi Inilah Alasan Harga Emas Perhiasan dengan Emas Antam Berbeda- Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling diminati masyarakat. Ada dua jenis investasi emas yaitu emas perhiasan dan emas batangan Antam. 

  Namun, kedua gram tersebut memiliki harga yang berbeda. Lantas apa perbedaan harga emas perhiasan dengan emas Antam? 

Baca juga: Pemula wajib paham cara berinvestasi emas dengan benar 

 Menurut DetikFinance, mengutip situs Logam Mulia Antam, perbedaan harga emas perhiasan dan emas batangan disebabkan beberapa faktor. Dari kemurnian hingga biaya produksi. 

  Dari segi kemurniannya, perhiasan emas sebagian besar bukanlah emas murni. Sebaliknya, itu sudah memiliki paduan. Sedangkan obligasi emas adalah emas murni atau fine gold (FG). 

 Kemudian, Antam menggunakan mesin berteknologi tinggi mulai dari faktor upah produksi, pengolahan dan pengepresan minuman emas untuk menghasilkan produk emas dengan presisi tinggi. Akibatnya, biaya produksi yang dihasilkan dari proses pemurnian emas batangan biasanya cukup tinggi. 

Baca juga: 5 Hal yang wajib diketahui sebelum beli logam mulia agar tidak tertipu 

 Meski biasanya desain dan nilai estetika yang menentukan harga perhiasan emas. Karena perhiasan emas biasanya dibuat oleh pengrajin. 

 Juga, perhiasan sebagian besar membutuhkan ketelitian dan pemahaman yang baik tentang seni estetika. Dengan demikian, perhiasan emas memiliki nilai estetika selain nilai investasinya. Semakin rumit dan detail desain perhiasan emas, semakin tinggi pula harganya. 

 Baru setelah itu biaya pembuatan perhiasan emas akan ditanggung oleh pembeli yang membeli perhiasan tersebut. Sayangnya, biaya tambahan ini seringkali tidak diperhitungkan saat pemilik memutuskan untuk menjualnya nanti. 

Baca juga: Wajib tahu! Inilah perbedaan nabung Emas Fisik dan Digital 

 Faktor lain yang dapat mempengaruhi perbedaan harga antara emas perhiasan dan emas Antam adalah segmen pasar dari kedua instrumen investasi tersebut. 

 Umumnya konsumen membeli obligasi emas Antam untuk digunakan sebagai instrumen investasi. Namun perhiasan emas umumnya diminati tidak hanya sebagai alat investasi, tetapi juga untuk penampilan.



Posting Komentar untuk "Jadi Inilah Alasan Harga Emas Perhiasan dengan Emas Antam Berbeda"