Rahasia Teknik Fibo Musang Yang wajib Anda tau: pasti cuan tradingannya

Teknik Fibo musang advance
Teknik Fibo Musang Advance 

Saya bongkar rahasia teknik fibo musang dari pembahasan basic hingga pembahasan entry terbaik di dalam teknik fibo musang. Di dalam artikel ini, saya menjelaskan secara keseluruhan mengenai fibo musang sehingga sekali anda melihat dan membacanya pasti anda memahaminya dan inilah beberapa hal yang saya bahas mengenai teknik fibo musang:

  • Apa itu fibo musang
  • Siapa pencita teknik fibo musang
  • Asas di dalam teknik fibo musang
  • Setup teknik fibo musang
  • Entry level fi musang 1-9
  • Memilih candle fibo musang terbaik
  • Trading fibo musang dengan AO
  • Cara trading fibo musang dengan AO 
  • Download Ebook Fibo Musang 

Apa itu teknik Fibo Musang

Mohd Zulkifli dan Baha
Mohd Zulkifli dan Baha

"Fibo Musang, sebuah pendekatan trading yang inovatif, merangkum teknik Fibonacci dan Take Profit (TP) yang jauh dengan penggunaan istilah 'Musang' atau 'Musang Berjanggut.' Pemberian nama ini menggambarkan karakteristiknya, di mana 'berjanggut' mencerminkan kesabaran dalam menunggu TP yang jauh. 

Pendekatan ini juga memadukan konsep Candle Break Retest (CBR), menciptakan kombinasi yang kuat dan terstruktur untuk saat masuk (entry) dan keluar (exit) dari pasar. Kombinasi dari teknik Fibonacci, TP yang jauh, dan CBR tidak hanya memperkuat strategi trading, tetapi juga menciptakan pola yang elegan dalam pengambilan keputusan. Pendekatan ini membuka peluang bagi para pelaku pasar untuk meningkatkan efektivitas dan konsistensi dalam kegiatan trading mereka."

Fibo Musang, diperkenalkan oleh Mohd Zulkifli dan Baha sejak tahun 2011, muncul sebagai hasil dari pengkajian yang dilakukan secara mendalam dan eksklusif selama bertahun-tahun. Inovasi ini lahir melalui kolaborasi erat antara Mohd Zulkifli dan En Baha dalam lingkup penelitian yang bersifat underground.

Asas teknik Fibo Musang 

Prinsip dasar Fibo Musang berakar dari pemahaman tentang candle breakout, atau dengan kata lain, ketika terjadi breakout candle dan candle retest.

Fibo Musang harus diaplikasikan pada chart Anda, jadi ketika Anda menggambarkan beberapa kriteria di bawah ini, sangat penting untuk mempertimbangkan hal-hal berikut:

Penting untuk dicatat bahwa penerapan Fibo Musang membutuhkan pemahaman yang baik tentang candle breakout dan retest. Sehingga, menggambar Fibonacci retracement pada chart Anda adalah langkah penting untuk meningkatkan pemahaman Anda terhadap dinamika pasar.

Setup di dalam teknik Fibo Musang

1. Setup Dominan Candle Break

Dominan BreakDominan Break 

2. Setup Inner Dominan Break

Inner Dominan Break
Inner Dominan Break 

3. Setup Break SnR

Break SnR
Break SnR 

4. Setup Tiada Dominan dan SnR

Non dominan dan Snr
Non dominan dan Snr

5. Fomation SnR dibuat namun SnR Break

Fomation SnR dibuat namun SnR Break
Fomation SnR dibuat namun SnR Break 

6. Simpel Break Satu Candlestick

Initial break terbaik
Initial break terbaik

Entry Level Fibo Musang (EL Level 1-9)

1. Entry Level 1

   - Entry level 1 adalah entry a, b, c di dalam teknik fibo musang diharuskan mengambil di timeframe daily sebagai timeframe pertama. Kemudian tandai area shadow sebagai zona base untuk entry.

Contoh entry level 1
Timeframe Daily

   - Selanjutnya beralih ke timeframe H4 untuk menunggu harga masuk ke zona entry.

Timeframe H4

2. Entry Level 2

   - Entry level 2 adalah entry dimana harga break Cb1, namun untuk melakukan entry menunggu harga masuk ke zona entry.

Contoh entry level 2
Contoh entry level 2

3. Entry Level 3

   - Entry level 3 adalah entry yang terjadi karena Initial break yang mampu break Cb1 dan Cb2 dan untuk melakukan entry tunggu harga pullback ke zona entry yang dibuat initial break. 

Contoh entry level 3
Contoh entry level 3

4. Entry Level 4

   - Entry level 4 adalah entry yang terjadi ketika terdapat 3 candle yang sama menandakan momentum terjadi saat itu, kemudian terjadinya retest dan pada akhirnya terjadi breakout sesuai dengan momentum yang terjadi. Bila seperti ini, maka candle retest terakhir menjadi zona entry.

Contoh entry level 4
Contoh entry level 4

5. Entry Level 5

   - Entry level 5 adalah entry yang terjadi setelah entry level 4. Apabila terdapat breakout yang kedua maka itu disebut dengan entry level 5.

Contoh entry level 5
Contoh entry level 5

6. Entry Level 6

   - Entry level 6 adalah entry yang terkombinasi dengan pattern A b c. Dimana b sebagai zona entrynya.

Contoh entry level 6 pertama
Contoh entry level pertama

   - Selalu tandai area B sebagai zona entry terbaik dan tunggu sampai harga mendatangi zona entry tersebut.
Contoh entry level 6 kedua
Contoh entry level 6 kedua

7. Entry Level 7

   - Entry level 7 adalah entry yang terjadi karena Initial break mampu break Cb1 dan zona entry terbaik di area yang dibuat oleh initial break. 

Contoh entry level 7
Contoh entry level 7

8. Enry Level 8

   - Entry level 8 adalah entry yang terjadi dimana initial break dimatikan atau di break oleh harga, sehingga initial break tersebut menjadi zona entry.

Contoh entry level 8
Contoh entry level 8

9. Entry Level 9

   - Entry level 9 adalah entry berdasarkan HnS dan untuke entry level 9 selalu perhatikan pada bahu kiri sebagai level entry.

Contoh entry level 9
Contoh entry level 9

   - Walau hanya terdapat 1 candle retest, ini tetap disebut sebagai entry Level 9.
Contoh entry level 9 kedua
Contoh entry level 9 kedua 

Memilih Candle Fibo Musang

Dalam hal ini yang Anda lakukan adalah mencari setup fibo musang di dalam chart yang bagus atau kurang bagus, syarat utama untuk menemukan candle fibo musang adalah anda harus memahami apa itu setup initial break, Ada 2 jenis candle fibo musang:

   - Break Dominan Candle

Di dalam dominan candle cara terbaik adalah mencari initial break dan candle yang mampu break dominan breaknya.

Contoh:

Contoh Db pertama

   - Non Dominan Candle

Maksud dari non dominan candle adalah terdapat candlestik yang kecil bodinya, sehingga candle yang kecil ini bukanlah dominan break melainkan disebut sebagai support dan resistance terdekat.

Contoh:

Contoh non dominan
Contoh non dominan

Trading Fibo Musang dengan AO (awesome oscilator)

Indikator Awesome Oscillator adalah suatu indikator teknis yang digunakan dalam analisis pasar keuangan, terutama dalam trading saham, forex, atau komoditas. Indikator ini dikembangkan oleh Bill Williams dan dirancang untuk membantu trader mengidentifikasi kekuatan atau kelemahan tren pasar.

Awesome Oscillator dihitung dengan mengambil perbedaan antara Simple Moving Average (SMA) periode 34 dan SMA periode 5 dari harga tengah (median price) suatu aset. Harga tengah dihitung dengan menjumlahkan harga tertinggi dan terendah pada setiap periode dan kemudian membaginya dengan 2. Formula dasar Awesome Oscillator adalah:

\[ AO = SMA(5, median price) - SMA(34, median price) \]

Indikator ini menampilkan perbedaan antara dua moving average sebagai osilator di bawah grafik harga. Awesome Oscillator bergerak di sekitar garis nol, dan trader menggunakan pergerakan osilator ini untuk mengidentifikasi potensi perubahan arah tren atau kekuatan tren yang sedang berlangsung.

Interpretasi umum adalah sebagai berikut:

- Jika Awesome Oscillator bergerak di atas garis nol, ini menunjukkan bahwa tren bullish (naik) mungkin kuat.

- Jika Awesome Oscillator bergerak di bawah garis nol, ini menunjukkan bahwa tren bearish (turun) mungkin kuat.

Pada intinya awesome oscillator di dalam teknik fibo musang digunakan untuk meihat perbedaan volume di awesome oscillator dengan volume di candlestick atau biasa disebut perbedaan itu adalah DIVERGENCE.

1. Perubahan Line 

   - Dengan berubahnya line Awesome Oscillator menandakan terjadinya perubahan trend pula.

Line awesome oscillator
Line Awesome Oscillator

2. Break support resistance AO 

   - Apabila terdapat Gunung yang lebih tinggi dari sebelumnya yang dibuat oleh Awesome Oscillator menandakan terjadinya retest atau pullback. 

Break gunung AO
Break gunung AO 

3. Divergence awesome oscillator 

   - Apabila terdapat perbedaan pergerakan harga antara awesome oscillator dengan candlestick  maka terjadi Divergence yang menandakan market retest atau reversal. 

Divergence awesome Oscillator 

Cara trading fibo musang dengan awesome oscillator 

Dalam kasus trading saya di market Eurusd menggunakan teknik fibo musang, saya hanya analisis 1 timeframe saja di timeframe H4. Alasan bermain pada H4 karena noise hampir tidak ada.

1. Terdapat Divergence (tidak seimbang)

Analisis eurusd h4 fibo musang
Eurusd H4 fibo musang

   - Terdapat beberapa alasan hingga akhirnya saya melakukan entry buy dengan limit. Yang pertana terdapat Divergence yaitu perbedaan antara pergerakkan Ao dengan Cs. Bila anda lihat gunung AO semakin rendah sementara cs membuat lembah semakin dalam. Divergence ini terkonfirmasi dengan adanya entry level non dominan yang di break oleh candlestick. 

   - Pada langkah selanjutnya adalah langkah terpenting yaitu melakukan entry point. Gunakan Fibonacci dari candlestick break resistance ke shadow terendah dan limit buy dipertengahan dan Mm yang saya gunakan adalah 1:3.

2. Konfirmasi bagus take-profit pasti kejemput

Profit ke tp 3
Hasilnya Tp 3

   - Kenapa saya hold hingga sampai tp 3 adalah karena ketika terjadi Divergence, pada selanjutnya Awesome Oscillator membuat notif dengan diagram AO berada diatas poin 0 yang menyatakan trend bullish sudah masuk. Coba cek pada bagian Awesome Oscillator tulisan saya bila anda masih bingung.

Tips Penting:

Untuk membantu anda menjadi traders yang lebih baik di dalam menggunakan teknik fibo musang dan terhindarnya dari noise di dalam market, maka ada baiknya anda belajar dan memahami reversal pattern seperti Divergence, HnS, Double Top, dan Double Buttom.

Download Ebook Fibo Musang 

Silahkan Anda share artikel ini bila bermanfaat kepada teman-teman anda di sosial media. Jangan lupa anda share di sosial media anda sendiri agar suatu saat anda membutuhkannya tidak lagi mencari-cari. Namun bila anda memang lebih tertarik dengan ebooknya teknik fibo musang, maka anda bisa download ebooknya secara gratis.

Ada yang ingin ditanyakan ! Silahkan tinggalkan jejak di komentar. 

Posting Komentar untuk "Rahasia Teknik Fibo Musang Yang wajib Anda tau: pasti cuan tradingannya "