5 hal ini yang wajib diketahui sebelum beli logam mulia agar tidak tertipu

5 hal ini yang wajib diketahui sebelum beli logam mulia agar tidak tertipu- Ada banyak instrumen investasi yang tersedia untuk umum, salah satunya adalah emas. Instrumen investasi ini banyak diminati karena  relatif lebih aman dibanding yang lain. 

Namun, membeli instrumen investasi emas tidak boleh sembarangan. Setiap orang harus berhati-hati saat membeli emas, terutama dari investor baru. 

1. Tentukan tujuan investasi emas 

Menentukan tujuan berinvestasi emas adalah hal pertama yang harus dilakukan. Pastikan emas yang diinvestasikan adalah untuk kebutuhan jangka panjang. Pasalnya, kenaikan harga emas yang  lebih lambat cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang. 

Selain itu, investasi ini juga cocok  bagi para orang tua yang ingin mempersiapkan dana untuk pendidikan anaknya atau berziarah untuk memiliki dana pensiun di masa depan.  Dengan  tujuan ini, investor bisa mendapatkan gambaran tentang perkiraan jumlah emas yang perlu dikumpulkan untuk mewujudkan impian tersebut.  

Baca juga: Wajib tahu! Inilah perbedaan nabung Emas Fisik dan Digital 

 2. Perhatikan kemasannya 

 Jika sudah memiliki tujuan yang jelas,  langkah selanjutnya adalah memperhatikan bungkusan yang dibungkus dengan emas. Usahakan jangan sampai merusak kemasan yang terbungkus emas.  

Khusus  emas Antam, kemasan logam mulia  biasanya dilengkapi dengan teknologi CertiCard untuk memverifikasi keasliannya. Tak hanya itu, membuka bungkusan juga bisa merusak dan menyebabkan harga emas yang dibeli  turun. 

Baca juga: 7 ide bisnis modal 1 juta untung puluhan juta 

3. Temukan tempat yang aman untuk menyimpannya 

Bagi mereka yang tertarik untuk menyimpan emas batangan, fasilitas penyimpanan yang aman adalah suatu keharusan. Pasalnya, bentuk emas yang relatif kecil seringkali meningkatkan risiko kehilangan logam mulia tersebut  akibat lupa menyimpannya atau faktor lainnya.  

Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan emas di tempat penyimpanan dengan kunci ganda, seperti brankas atau lemari. Sehingga dapat meminimalisir resiko kerugian. 

Baca juga: Tips dan Keuntungan membangun usaha kecil-kecilan 

 4. Mengetahui kemurnian emas 

Mengetahui  kemurnian emas  tidak begitu penting saat berinvestasi emas. Semakin tinggi kemurniannya, semakin tinggi harga emas. 

Ada banyak kadar kemurnian emas yang perlu Anda ketahui, seperti 24 karat dan 18 karat. Emas dengan konsentrasi 24 karat adalah batangan dengan kemurnian tertinggi, tidak mengandung logam lain. 

Namun, emas batangan 18 karat terdiri dari 18 bagian emas dan 6 bagian paduan logam lainnya. 

Baca juga: 7 cara Anti Gagal Kembangkan Inovasi Bisnis 

5. Cek harga emas 

Pemantauan berkala terhadap harga emas  tidak boleh diabaikan. Cobalah untuk membeli emas  saat harganya turun. Untuk memaksimalkan keuntungan. 

 Dikutip metalmulia.com, harga emas Antam adalah Rp 1.059.000 untuk 1 gram, Rp 2.058.000 untuk 2 gram, Rp 3.062.000 untuk 3 gram, Rp 5.070.000 untuk 5 gram dan Rp 5.000.000 untuk gram. 

Setiap membeli obligasi emas  langsung dari Antam, biasanya akan dikenakan pajak sebesar 0,45% sesuai  Peraturan Menteri Keuangan 34/PMK.010/2017. Namun, tarif ini berlaku apabila penambahan nomor NPWP dan pembeli tanpa  nomor NPWP dikenakan pajak sebesar 0,90%. 

Namun, saat membeli pinjaman hipotek, harga yang  sudah diumumkan akan dikenakan pajak. Bagi pemula yang baru belajar investasi emas, emas perorangan bisa dibeli melalui  Tabungan Emas Pegadaian. Hari ini, Sabtu (6/5), harga beli emas 0,01 gram sekitar Rp 10.040. 

Baca juga: 1 situs bisa download video youtube, tiktok, dan facebook 

Selain itu, fitur Simulasi Tabungan Emas juga tersedia untuk membantu Anda menghitung nilai investasi emas Anda. Jika Anda ingin membeli emas secara cicilan, Anda bisa menggunakan fitur Simulasi Cicil Emas. Ayo mulai menabung emas  sekarang dengan Pegadaian Digital, mudah dan praktis!


Posting Komentar untuk "5 hal ini yang wajib diketahui sebelum beli logam mulia agar tidak tertipu"