5 cara mendapatkan modal untuk memulai bisnis

Memulai bisnis baru mungkin sudah lama ada di pikiran Anda, namun sayangnya, modal masih menjadi kendala bagi Anda. Keadaan seperti itu seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang menunda usahanya meski sudah memiliki rencana yang matang. Sebaliknya, jika Anda menunda memulai bisnis ini, Anda pasti akan menunda kesuksesan di masa depan.


Modal memang menjadi bagian penting dalam memulai bisnis, apalagi jika ini adalah usaha pertama Anda. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatan untuk segera meluncurkan bisnis yang sudah direncanakan. Anda masih bisa mengerjakannya dengan banyak cara.

Baca juga: 3 Cara melunasi hutang, dan semua orang bisa lunas dengan cara ini

Bingung Mencari Produk Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik, ditutoinfo.com punya solusinya!

5 cara mendapatkan modal untuk memulai bisnis

1. Gunakan Dana Hari Tua (JHT)

Cara yang pertama ini cocok untuk Anda yang sudah bekerja atau masih aktif bekerja hingga saat ini. Sebagai seorang karyawan, Anda tentu saja berpartisipasi dalam program JHT negara bagian. Dengan layanan ini, Anda telah menabung uang untuk mempersiapkan masa pensiun nanti. Perusahaan biasanya memungut pembayaran JHT secara rutin.

Tentu saja, jumlah kredit JHT Anda sangat bergantung pada jam kerja yang Anda habiskan di perusahaan Anda. Jika Anda masih aktif bekerja, Anda dapat menarik 10% atau 30% dari saldo JHT (tergantung ketentuan yang berlaku). Namun jika tidak berhasil sekarang, Anda dapat mencairkan seluruh saldo JHT Anda. Tarik saldo JHT Anda dan gunakan sebagai modal untuk membangun bisnis Anda.

Baca juga: Cara untung investasi bitcoin indodax


2. Pinjam modal dari orang terdekat Anda

Anda juga dapat mempertimbangkan rute ini untuk mendapatkan modal usaha. Cobalah untuk meminjam modal dari orang-orang yang dekat dengan Anda, seperti keluarga, teman, atau bahkan rekan kerja. Komunikasikan tujuan Anda dengan jelas kepada mereka untuk mendapatkan modal bisnis yang mereka butuhkan. Selain meminjamkan, Anda juga bisa mengajak mereka untuk bergabung dengan bisnis Anda. Sistemnya bisa dilakukan dengan menginvestasikan modal kemudian bagi hasil jika bisnis berjalan lancar. Jangan lupa untuk menyepakati win-commission contract dan hal lainnya agar tidak bermasalah dengan hal seperti itu nantinya.

Baca juga: Cara Meminjam di Bri 100 juta cepat cair


3. Mengirim pinjaman ke bank

Jika Anda benar-benar yakin dengan rencana bisnis dan belum mendapatkan modal apapun, cara ini bisa menjadi pilihan. Tidak ada salahnya mengajukan pinjaman modal ke bank. Anda bisa mempertimbangkan beberapa produk pinjaman seperti: B. Kredit Komersial Populer (KUR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan juga Kredit Serba Guna (KMG).

Pinjaman ini berutang dalam beberapa kali pembayaran setiap bulannya, jadi Anda perlu merencanakannya dengan baik sejak awal. Ambil pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ini penting dan akan mencegah Anda mengalami masalah membayar dan membayar di masa mendatang. 

Baca juga: Cara melakukan pembayaran virtual account di mandiri 


4. Cobalah mengikuti kontes bisnis

Cara ini cocok untuk Anda yang memiliki ide bisnis unik dan tidak biasa. Anda dapat mengikuti kompetisi bisnis yang baru-baru ini diselenggarakan oleh perusahaan negara dan swasta. Di sana Anda dapat menjelaskan ide bisnis Anda dan apa yang akan Anda lakukan untuk membuatnya berhasil. Jika menang, Anda bisa mendapatkan uang yang cukup, bahkan mungkin memulai bisnis dengan dana dari penyelenggara.

Baca juga: Cara menyiapkan modal untuk investasi 


5. Dapatkan penghasilan tambahan

Jika semua metode di atas tidak berhasil untuk Anda, coba yang terakhir ini. Anda bisa mendapatkan modal usaha untuk mencari penghasilan tambahan. Pilih pekerjaan sampingan yang akan memberi Anda uang, seperti lepas atau yang lainnya. Kumpulkan penghasilan tambahan ini hingga jumlahnya cukup dan Anda dapat segera mulai membangun bisnis impian Anda. Cara ini memungkinkan Anda untuk memulai bisnis dengan modal sendiri.  

Baca juga: Mengenal cara perhitungan investasi SEO


Posting Komentar untuk "5 cara mendapatkan modal untuk memulai bisnis"