Biaya Buka Usaha Franchise Alfamart, Mulai Modal Awal, Syarat dan Cara Daftarnya

Biaya Buka Usaha Franchise Alfamart, Mulai Modal Awal, Syarat dan Cara Daftarnya. Jika kalian berniat untuk membuka usaha Franchise Alfamart, maka berikut rincian biaya, syarat dan cara mendaftarnya.

Ada beberapa keuntungan yang didapat jika kalian membuka usaha secara franchise terutama Alfamart. Selain menawarkan keuntungan yang fantastis, bisnis satu ini juga memiliki sistem yang efektif. Cukup membayarkan modal di awal pembayaran, kalian tak perlu lagi menciptakan nama minimarket baru dan bersusah payah membangun branding untuk usaha itu.

franchise Alfamart adalah usaha minimarket yang dimiliki dan dijalankan berdasarkan Perjanjian Waralaba dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pemegang merek Alfamart. Lewat perjanjian tersebut investor bisa mendapatkan hak usaha atas bisnis Alfamart dengan konsep community store sampai sini secara dasar sudah paham ya.

Baca juga: 3 Cara melunasi hutang dan semuanya pasti bisa

Biaya Buka Usaha Franchise Alfamart

Perlu kalian ketahui, untuk memulai usaha waralaba ini, Alfamart mematok modal yang beragam mulai dari Rp 350 juta hingga Rp 800 juta. Harga tersebut disesuaikan dengan skema waralaba Alfamart, berikut besaran biayanya kenapa sampai sebesar itu.

1. Franchise Alfamart gerai baru

Skema franchise Alfamart ini memperbolehkan calon franchise atau yang ingin membuka usaha alfamart mengusulkan lokasi baru. Untuj harga franchise Alfamart skema gerai baru ini sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta.

Adapun tipe gerai Alfamart skema franchise ini sebagai berikut:

  • Harga franchise Alfamart Rp300 juta : Mempunyai gerai yang memiliki 9 rak dengan jumlah produk 1.200 buah dan area sales sebesar 30 meter persegi.
  • Harga franchise Alfamart Rp 350 juta : Mempunyai gerai yang memiliki 18 rak dengan jumlah produk 1.600 buah dan area sales sebesar 60 meter persegi.
  • Harga franchise Alfamart Rp 450 juta : Mempunyai gerai yang memiliki 36 rak dengan jumlah produk 3.800 buah dan area sales sebesar 80 meter persegi.
  • Harga franchise Alfamart Rp 500 juta : Mempunyai gerai yang memiliki 45 rak dengan jumlah produk 4.500 buah dan area sales sebesar 100 meter persegi.

Biaya diatas sudah termasuk fee selama lima tahun sebesar Rp 45 juta. Serta biaya instalasi listrik, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan pole sign, perizinan gerai, serta promosi dan persiapan pembukaan gerai. Semoga sampai sini kalian paham dengan penjelasannya.

Baca juga: 5 Cara ampuh mengatasi trading lose terus menerus

2. Franchise Alfamart gerai baru - konversi

Skema franchise Alfamart konversi menawarkan kerjasama franchise kepada pemilik toko minimarket lokal atau kelontong yang ingin mengembangkan usahanya. Jenis franchise ini akan merubah toko kelontong yang lama menjadi Alfamart baru.

Alfamart tak menjelaskan secara rinci berapa biaya untuk franchise yang seperti ini, namun Franchise Alfamart konversi cenderung lebih hemat dibandingkan yang sudah saya jelaskan diawal. Karena Kalian bisa memanfaatkan stok dan barang-barang yang sudah ada untuk pembukaan Alfamart baru.

3. Franchise Gerai Takeover

Franchise ini adalah Skema pembelian waralaba sudah beroperasi bagi orang ketiga yang ingin memiliki gerai Alfamart. Bisa dibilang seperti pindah atau pengalihan toko.

Harga franchise Alfamart takeover ini bervariasi, mulai dari Rp 800 juta.Besaran investasi tersebut tergantung pada harga sewa lokasi dan penjualan per harinya. Lumayan besar namun sepadan dengan kalian yang memang tidak ingin ribet.

Singkatnya, jenis franchise yang ketiga ini mengusung sistem “terima beres” alias gak mau ribet.hehe. Sehingga kalian tidak lagi dipusingkan dengan kegiatan promosi dan urusan perizinan lainnya.

Baca juga: Inilah broker terbaik di indonesia 

Syarat memiliki franchise Alfamart

  • Memiliki minat di industri minimarket.
  • Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan).
  • Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 100 m2 (diluar area gudang dan ruang administrasi).
  • Total keseluruhan lahan kurang lebih 150 m2 sampai 250 m2.
  • Memenuhi persyaratan perijinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, NIB, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM.
  • Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

Inilah langkah memiliki gerai Alfamart sendiri sebagai berikut:

  • Mengusulkan lokasi Calon franchise Alfamart dapat mendaftarkan usulan lokasinya melalui laman resmi Alfamart di alamat www.alfamartku.com.
  • Ajukan proposal dan persetujuan Calon franchise Alfamart kepada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
  • Isi proposal perjanjian waralaba Alfamart Perjanjian Waralaba Alfamart harus menjelaskan hak dan kewajiban calon waralaba Alfamart dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
  • Mengurus semua perizinan dan renovasi, setelah perizinan gerai selesai maka maka gerai franchise Alfamart siap beroperasi.

Keuntungan yang dimiliki franchise Alfamart

  • Dikenal oleh masyarakat luas (strong brand recognition)
  • Memiliki pangsa pasar yang luas (buying power)
  • Dukungan dalam merintis usaha minimarket (business assistance)
  • Teruji dan terpercaya serta sudah banyak yang mengenal
  • Memungkinkan kalian untuk memperoleh pendapatan tambahan secara efisien dan jelas sudah pasti

Baca juga: Cara pinjam di Bri 100 juta dengan cepat


Posting Komentar untuk "Biaya Buka Usaha Franchise Alfamart, Mulai Modal Awal, Syarat dan Cara Daftarnya"