Bahas Detail Candle Marubozu

Bahas Detail Candle Marubozu - Ada beberapa bentuk Candlestick yang memang wajib kalian tau, dan dari semua bentuk yang dibuat memiliki artinya tersendiri, itu semua kita bahas di ditutoinfo.com dan saya mulai pembahasan dari Candlestick Marubozu. 

Apa itu Candlestick?

Candlestick adalah salah satu grafik harga yang dimanfaatkan di saham, crypto, dan forex serta market lainnya. Candlestick sendiri adalah grafik harga yang sangat populer digunakan dalam trading. Bahkan dari hanya melihat Candlestick saja sudah bisa mengetahui arah market dan entry poin.

Baca juga : Pola candlestick Patterns Reversal auto pofit

Biasa yang digunakan oleh trader adalah candlestick pattern atau single candle yang memiliki pemahaman yang dalam seperti pinbar, candle marubozu, dan candle doji.

Candlestick pattern ini juga memiliki banyak sekali pola dan ada beberapa pola yang sering keluar dan juga digunakan oleh traders. Tapi bila kalian ingin melihat pola candlestick pattern secara lengkap bisa download ebooknya dalam format pdf.

Apa itu candle Marubozu?

Candlestick Marubozu adalah bentuk candlestick tanpa sumbu atau shadow. Walaupun dalam contoh kasus terkadang terlihat shadownya, namun shadow ini harus tidak terlalu terlihat panjangnya. Contoh candlestick Marubozu seperti pada gambar dibawah ini.

Jenis candle Marubozu 

Apa arti candlestick Marubozu?

Candlestick Marubozu memiliki arti bahwa penguasaan sesuatu trend sedang terjadi dengan volume yang besar. Volume besar dapat dilihat dengan full body tanpa adanya shadow dan contoh marketnya ada pada analisis saya di gold.

Bila yang terjadi adalah Marubozu bearish maka candle selanjutnya bearish dan bila candle Marubozu bullish maka candle selanjutnya adalah bullish.


Timeframe berapa melihat candle Marubozu valid?

Walaupun disemua timeframe pola Marubozu bisa saja keluar namun tidak semua timeframe memberikan Marubozu yang valid. Artinya kalian harus melihat pola candlestick Marubozu ini hanya pada timeframe tertentu seperti timeframe H4, daily, weekly, dan Mountly. 

Pada timeframe besar h4 keatas akurasi valid lebih dominan besar sehingga miss gagal sangat kecil.

Cara trading menggunakan candle marubozu?

Sebenarnya ada 2 cara trading menggunakan Marubozu yaitu memanfaatkan double marubozu yang terjadi di market dan juga ada yang memanfaatkan bentuk marubozu di sekitar area support dan resistance. Perhatikan gambar dibawah ini. 

Marubozu dan double marubozu 

Note:
  • Panah pink = candle Marubozu 
  • Panah biru = double marubozu 
  • Markzone merah = SnR
  • Markzone putih = double marubozu 
Coba kalian lihat, bila terjadi marubozu di area SnR, maka selanjutnya harga mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena candle marubozu mengidentifikasi traders atau memberikan notif  terhadap traders terjadinya perubahan trend dengan besarnya volume seller tanpa adanya perlawanan dari buyer.


Dengan seperti ini, kalian bisa masuk atau melakukan entry setelah candle Marubozu close dan entry saat sudah ganti candle yang baru.

Dalam contoh kasus lainnya dalam entry saya ada di gold timeframe weekly dan ini masih running dengan analisis menggunakan Marubozu dan juga teknik zef reversal pola M.

Entry 13 feb 2023

Sesuai dengan penjelasan saya diatas, candle marubozu ini keluar di area SnR. Dan saya melakukan entry dengan lot 0.10 dan Take profit 400 pips lebih. Untuk share hasilnya kemungkinan besar setelah 1 minggu berlalu.

Untuk alasan analisis atau maping, saya menggunakan analisis teknikal teknik zef dan analisis fundamental dan artikelnya sudah saya share sebelumnya, silahkan bila kalian ingin cek artikel mapingnya untuk menambah referensi dalam analisis kalian.

Intinya adalah candle marubozu adalah candle full body yang memiliki arti volume besar sedang terjadi di market tanpa adanya perlawanan.


Posting Komentar untuk "Bahas Detail Candle Marubozu "