Cara menentukan Support, Resistance, High dan Low di dalam teknik zef

Cara menentukan Support, Resistance, High dan Low di dalam teknik zef - Saya share cara menentukan support resistance dan high low di dalam teknik zef dan ini berdasarkan pengalaman saya dalam menentukan SnR dalam teknik zef.

Support dan resistance 

Saya yakin gambar diatas pastinya teman-teman sudah bosen melihatnya dan sudah paham bahwa Support dan resistance memang seperti itu. Walau memang terlihat sederhana tapi masih banyak traders pemula yang masih belum memahami dalam membuat SnR. Bila teman-teman sudah paham, maka tradingan teman-teman jauh lebih mudah dalam analisisnya dan mudah juga untuk mendapatkan profitnya. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini. 

Support dan resistance 

Hanya cukup gunakan SnR bisa panen di gold dan SnR ini ditentukan hanya dalam analisis 1 timeframe. Pertanyaannya pasti kenapa bisa menentukan SnR disana atas dasar apa kalau memang tidak ada acuan dari timeframe atas. Pertanyaan ini akan saya jawab semuanya sampai benar-benar teman-teman itu tau caranya.

Baca juga : step by step membuat key level support di 1 timeframe 

Orang yang negatif pasti bilang," yaelah bang, kalau membuat SnR di market yang sudah jadi itu mudah. Kita butuh yang real bukan diskusi pada market yang sudah jadi terus bilang, giniloh nentukan SnR :). Apakah kalian juga berpikir seperti itu? Bila iya, jangan khawatir saya berikan yang the real. Cek contoh kasus entry saya hari ini di bawah.

Entry berdasarkan SNR

Masih tidak percaya juga, padahal sudah saya berikan contoh kasus real entryan saya di gold dengan analisis 1 timeframe di m5. Kalau masih ragu, bisa cek juga gambar dibawah ini.


Sebelum saya entry saya sudah share signalnya di channel telegram saya mengenai gold. Dan disana saya katakan seperti yang teman-teman lihat pada gambar diatas. Tapi bila masih ada yang negatif juga, yudah terserah sih. Karena bingung mau jelasin dan membuktikan seperti apalagi.

Lanjut ke pembahasan....

Untuk menentukan SnR seperti pada gambar diatas, saya akan berikan dengan cara sederhana yaitu menggunakan indikator teknik zef. Teknik zef memiliki 3 indikator. 
  1. Bollinger band 
  2. Moving average 50
  3. Rsi
Namun disini dalam menentukan SnR hanya butuh indikator bollinger band dan ema 50 saja. Sampai sini teman-teman sudah tau senjatanya.

Bagaimana cara menentukan support, resistance, high, dan low?

Teknik zef

Perhatikan gambar diatas, disana saya melakukan entry sell karena price sudah break support 1875.298, saat fullback saya melakukan entry. 

Untuk menentukan SnR yaitu dari high dan low yang dibuat berdasarkan ema 50 keluar dari bollinger band. Ema 50 di dalam contoh ini yang berwarna biru. Kalau teman-teman lihat pada gambar diatas terdapat ema 50 keluar dua kali Artinya disanalah SnR terbaiknya. Pasti masih bingung yah, cek gambar dibawah.

Contoh SnR berdasarkan teknik zef 

Fokus dan perhatikan terhadap area yang saya markzone dan saya berikan tanda panah.
  • Line horizontal merah adalah SnR masa lalu
  • Line horizontal hitam adalah SnR yang baru
Perhatikan line horizontal merah
  • Saat ema 50 keluar dari bollinger band price menghampiri ema 50
  • Dengan seperti itu artinya untuk highnya atau resistance sudah ketemu di poin 1876.089 (ini adalah resistance penting)
  • Saat ema 50 masuk kembali ke dalam bollinger band
  • Price naik kembali, sekitar 2 sampai 3 candle terbentuk, maka sudah bisa menentukan low atau support di poin 1872.366 (ini menjadi support penting)
  • Selanjutnya karena sudah mengetahui SnR atau High dan lownya, maka tunggu sampai price break SnR. Bila break support fokus sell dan bila break resistance fokus buy.
Sampai sini apakah sudah ada sedikit pemahaman menentukan SnR di dalam teknik zef. Agar lebih paham lagi saya berikan contoh kedua. Fokus dan perhatikan line horizontal hitam.
  • Saat ema 50 keluar kembali, price menghampiri ema 50
  • Maka dengan seperti itu artinya high atau resistance berada di poin 1878.741 (ini menjadi resistance penting)
  • Saat ema 50 masuk kembali ke dalam bollinger band, price kembali naik
  • Terbentuk 2 atau 3 candle bullish maka sudah bisa menentukan support atau low di poin 1875.298
  • Selanjutnya tunggu price break support atau resistance
  • Bila break support maka fokus sell dan bila break resistance maka fokus sell
Gimana! Sangat sederhana bukan menentukan support dan resistance di dalam teknik zef. Kalau masih belum paham juga, coba teman-teman baca lagi dari atas diulang bacanya.

Tuan, tapi dalam contoh kasus diatas price break support kemudian baru break resistance dan disini tuan entry sell setelah break support kembali?

  1. Break support pertama breaknya tidak melebihi area dari zona SnR line horizontal merah.
  2. Dan saat break resistance, price baru break 1 candle di candle kedua masuk kembali ke dalam zona.
  3. Saat break support kembali terdapat 2 candle yang break dan breaknya menembus zona line merah, maka break ini bagus dan saat fullback saya melakukan entry.
Silahkan teman-teman backtest di akun demo terlebih dahulu. Karena apa yang saya share belum tentu tekniknya cocok untuk teman-teman gunakan. Semoga apa yang saya share bermanfaat dunia akhirat.

Memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. 


Posting Komentar untuk "Cara menentukan Support, Resistance, High dan Low di dalam teknik zef"