Tips menemukan pola zef terbaik saat analisis

Tips menemukan pola zef terbaik saat analisis - Saya ingin sharing kepada kalian bagaimana cara saya menemukan pola zef terbaik saat saya melakukan analisis. Hal pertama yang ingin saya sampaikan, teknik zef adalah teknik yang memang hanya mengandalkan pola yang dibuat oleh bollinger band, ema 50, dan juga rsi.

Dalam kata lain, Analisis menggunakan teknik zef bukan analisis seperti pada umumnya harus melihat bias harga terlebih dahulu, kemudian mencari signal dan konfirmasi signal barulah entry.

Baca juga: Teknik Zef Continuation, cara entry, sop, dan contoh kasus

Tapi analisis dalam teknik zef, kalian hanya perlu cek dari semua currency apakah ada pola zef atau tidak, bila ada dan sesuai dengan sop bisa langsung melakukan entry dan bila tidak maka tinggalkan dan cari market lainnya yang memiliki pola zef.

Artinya sebenarnya jatuhnya bukanlah analisis melainkan mencari pola. Jadi pola ini adalah sebuah bentuk setup yang memang sering terjadi dan sekalipun di jelaskan secara analisis sangat sesuai, ibaratnya analisis itu seperti kalian membuat telor dadar banyak hal yang dibutuhkan dari minyak, bumbu dapur, kemudian di masak, dll barulah jadi telor dadar. Tapi dalam pola justru kalian sudah menerima telor dadar tanpa harus tau buatnya seperti apa tanpa kalian harus masak, kalian sudah mendapatkan telor dadarnya. Semoga paham yah.

Baca juga: Cara benar step by step analisis teknik zef 

Sekarang saya lanjut ke pembahasan dan kebetulan saat saya cari ada contoh kasus yang bisa diambil dari chart. Saran saya sebelum kalian baca artikel ini, baca terlebih dahulu artikel sebelumnya dari teknik zef yang sudah saya share agar kalian tidak buta arahnya.

Usdjpy M15

Perhatikan gambar diatas, di timeframe m15 usdjpy ingin membuat pola zrc, hanya tinggal menunggu harga up sampai upper kemudian turun hingga break support, dengan begitu maka zrc ini valid.

Tapi yang membuat bingung dan ragu adalah trend market sebelum terbentuknya zrc tidak terlihat jelas, sementara di dalam teknik zef bila ingin mendapatkan profit maksimal, kalian harus masuk pada market yang memang memiliki trend yang bagus. Seperti apa trend bagusnya pernah saya bahas di artikel sebelumnya

Saya memiliki sebuah tips, apakah Usdjpy M15 ini memang akan membuat pola zrc yang bagus atau tidak, karena zrc yang bagus bukan hanya dilihat dari polanya saja, melainkan dari trend masa lalunya.

Tipsnya adalah kalian dapat menggunakan timeframe atasnya untuk melihat secara jelas trendnya bila memang trend di m15 kurang jelas dan meragukan. Perhatikan gambar dibawah ini. 


Perbedaan bentuk trend

Lihat perbedaan dari bentuk trend m15 dengan m30, menurut kalian pergerakkan trend bullishnya lebih bagus atau lebih enak dilihat yang mana? Kalau kalian jawab m30 ,maka kalian benar.

Trend bullish di m30 lebih bagus pergerakkannya dimaan membuah High, low, kemudian higher high, dan kemudian membuat higher low dan begitu seterusnya.


Sementara trend bullish di m15 pergerakkannya tidak rapi seperti m30, terkadang harga up, kemudian membuat konsilidasi yang panjang dan up kembali. Ya walaupun sama-sama membuat trend bullish tapi bila dilihat dari M30 maka trend bullishnya menjadi terlihat sangat jelas.

Artinya adalah ketika kalian menemukan zrc pada 1 timeframe, namun ragu karena melihat harga masa lalunya membuat konsilidasi, maka kalian bisa gunakan timeframe lebih besar untuk melihat trend dari marketnya.

Bila kalian melihat trend di m30 bagus, maka itu artinya trend di m15 juga bagus. Jadi patokan trend yang kalian gunakan adalah m30 dan untuk menemukan polanya di timeframe m15.


Bila usdjpy memang valid membuat zrc, maka peluang sell bisa didapatkan dengan profit sekisaran 50 pips. Ingat, bila kalian menemukan pola zef namun trendnya tidak jelas, maka kalian bisa gunakan timeframe atasnya untuk melihat secara jelas trendnya.


Posting Komentar untuk "Tips menemukan pola zef terbaik saat analisis"