Persamaan Zef Zrc dengan Smart money concept

Persamaan Zef Zrc dengan Smart money concept - Selama ini yang kalian ketahui teknik zef adalah teknik pola, tanpa kalian tahu bagaimana perhitungan dalam analisisnya. Maka kali ini saya akan berikan contoh bersamaan dengan teknik smart money concept. 

Awal saya membuat teknik ini bertujuan untuk diri saya dan beberapa teman saya agar tradingan menjadi jauh lebih simpel dan mudah. Dengan berbagai hal yang harus diperhitungkan dan backtest yang cukup lama akhirnya menemukan beberapa pola terbaik dengan akurasi profit tinggi.

Baca juga: Cara benar step by step analisis teknik zef untuk menemukan entry terbaik

Sekarang mari kita bahas lebih dalam antara kedua teknik yaitu zef dan smart money concept. 

Apa itu teknik zef?

Teknik zef adalah teknik dengan melihat pola yang dibuat oleh tiga indikator dan di terapkan di dalam analisis 1 timeframe. Teknik zef memiliki beberapa pola dan salah satunya adalah pola ZRC. 

Apa itu teknik smart money concept (SMC)?

Teknik Smc adalah teknik tanpa indikator dengan perhitungan harga secara detail dan jelas. Smart money mengacu pada pemain besar seperti bank, pembuat pasar, investor institusi.

Baca juga: Cara melihat trend untuk entry di dalam teknik zef 

Contoh kasus dalam teknik Zef Zrc 

Pola Zrc 

Pola Zrc dapat dilihat dengan pergerakkan ema 50 yang sudah keluar bollinger band namun kembali keluar untuk menyatakan kekuatan dalam perubahan trend.

Bila kalian lihat, sebelumnya ema 50 keluar dari lower band, saat ema 50 keluar harga menghampiri ema 50 dan saat ema 50 kembali masuk harga menjauh namun tidak mampu break resistance dan harga kembali turun kembali dengan signifikan, pergerakkan harga signifikan ini membuat ema 50 kembali keluar dan saay ema 50 masuk harga break support, dengan seperti itu maka zef zrc ini valid untuk melakukan entry.


Contoh kasus dalam teknik Smc smart money concept 

Smart money concept 

Sebelumnya adalah trend bullish hingga akhirnya harga turun break support yang membuat ChoCh. Dengan membuat ChoCh sebenarnya perubahan trend ini masih fifty-fifty dalam teknik smart monet concept, namun saat membuat bos inilah market dinyatakan sudah berubah trend dan saat fullback itulah melakukan entry.

Apa perbedaan ChoCh dan Bos di Smc?

ChoCh dan bos di smc

Perbedaannya bisa kalian lihat pada gambar diatas, tapi kalau kalian tidak paham, saya coba jelaskan intinya saja.

Baca juga: Struktur entry ChoCh flip 

ChoCh adalah singkatan dari change of character, maksudnya adalah bila sebelumnya trend bearish kemudian beralih menjadi bullish, nah perubahan trend di awal terjadi itu disebut ChoCh. Bila membuat high lebih tinggi sementara trend bearish maka itu disebut dengan choch, jadi dengan adanya ChoCh kalian tau bahwa trend segera berubah.

Bos adalah singkatan dari break of structure, maksudnya bos ini terjadi ketika trend memang arahnya jelas yah, bukan perubahan trend. Jadi maksudnya saat sudah terjadi trend bullish, kemudian break resistance, maka itu disebut dengan Bos.


Jadi kalau ChoCh adalah perubahan trend sementara bos adalah break struktur harga. Terlihat hampir sama namun jelas sangat berbeda sekali antara ChoCh dan bos.

Kesimpulannya adalah pola zrc adalah pola yang memang memiliki karakter yang sama dengan konsep Smc dimana entrynya harus Bos bukan ChoCh dalam teknik smc.


Posting Komentar untuk "Persamaan Zef Zrc dengan Smart money concept"