Cara benar dan step by step analisis teknik zef

Cara benar dan step by step analisis teknik zef - Masih banyak sekali yang bingung analisis menggunakan teknik zef, padahal menurut saya sendiri sangat mudah mengaplikasikannya, apalagi teknik zef adalah teknik analisis 1 timeframe. 

Melalui artikel ini, saya ingin coba sharing langkah demi langkah analisis market di dalam teknik zef. Semoga kalian paham dengan adanya artikel ini.

Baca juga: Struktur teknik zef yang benar dalam trading forex 

Indikator teknik zef

  • Bollinger Bands (fungsinya cek disini)
  • Moving average 50 (fungsinya cek disini)
  • Oscillator Rsi (fungsinya cek disini)
Indikator yang digunakan hanya 3 di dalam teknik zef dan sebagai contoh kasusnya saya menggunakan market Audchf timeframe M1.

Step by step analisis teknik zef

1. Lihat gambar dibawah, Sebelum kalian melihat pola teknik zef. Hal utama yang harus benar-benar kalian lihat adalah trend di masa lalu apa yang dibuat. Bila membuat trend bearish, maka fokus untuk melakukan entry buy dan begitupun sebaliknya. 

Langkah pertama

2. Lihat gambar dibawah, pada langkah kedua ini, kalian barulah melihat pola teknik zef. Adakah pola zef disana, bila tidak ada maka tunggu sampai terlihat arah dengan jelas. Dalam contoh kasus setelah trend bearish yang panjang, harga membuat konsilidasi. 


Langkah kedua

3. Lihat gambar dibawah,Untuk menemukan pola teknik zef, yang kalian lihat adalah ema 50 yang keluar dari bollinger band. Sampai sini kalian zoom out atau di perbesar hingga terlihat bentuk dari candlesticknya.
Langkah ketiga

4. Lihat gambar dibawah, Saat kalian sudah tau ema 50 keluar dari bollinger band dan harga mendatangi ema 50, maka harga terendah kalian tandai sebagai support, pada contoh gambar dibawah support yang saya markzone dengan warna abu-abu. 


Langkah keempat

5. Lihat gambar dibawah, Untuk menentukan resistance, kalian lihat harga pada ema 50. Bila harga kembali kebawah atau sekiranya menyentuh middle band, maka harga tertinggi yang menyentuh ema 50 menjadi resistance. 
Langkah kelima

6. Lihat gambar dibawah, sesuai dengan yang saya katakan pada langkah kelima, harga kembali turun saat ema 50 masuk ke dalam bollinger band.
Langkah keenam

7. Lihat gambar dibawah, saat harga kebawah maka area tertinggi terbaru adalah resistance atau harga yang berada di ema 50 menjadi resistance. 


Langkah ketujuh

Sekarang kalian sudah menemukan support dan resistance di dalam teknik zef. Selanjutnya hanya tinggal menunggu, apakah harga break area support atau resistance. Bila break area support, maka kalian tidak boleh masuk market. Tapi, bila break area resistance, maka kalian bisa melakukan entry saat break out atau entry saat harga kembali fullback. 

Kenapa tidak boleh entry saat break support?

Sesuai dengan penjelasan saya diawal, bila kalian ingin tradingan kalian aman, maka kalian wajib ikuti prosedur dalam teknik zef. Karena zef adalah teknik counter trend artinya saat terjadi trend bearish fokus entrynya adalah buy dan bila yang terjadi bullish maka fokusnya adalah sell.

Dalam contoh kasus yang saya berikan disini, market masa lalu yang dibuatnya adalah bearish, artinya harapan trader yang menggunakan teknik zef harga terbaru break resistance untuk melakukan entry buy bukan break support. 

Hasil analisis gunakan teknik zef

Break support atau gagal

Ternyata hasilnya tidak sesuai dengan analisis yang dilakukan. Tidak masalah, bila kalian lihat gambar diatas, ema 50 keluar kembali dari bollinger band, maka kalian bisa lakukan kembali step by stepnya dari langkah 1 sampai ke langkah 7.

Baca juga: Ebook teknik zef 

Ingat kunci dalam analisis teknik zef adalah ema 50 yang keluar dari bollinger band. Saat ema 50 keluar itulah, kalian baru bisa analisis untuk mendapatkan entry poin yang cantik dengan high profit.

Walaupun dalam contoh kasus disini ternyata tidak valid, namun itu bukanlah masalah. Karena yang terpenting adalah kalian tau langkah demi langkah dalam analisis menggunakan teknik zef. 

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara benar dan step by step analisis teknik zef"