Memahami bollinger band: Fungsi, Arti, dan Cara Menggunakannya

Memahami bollinger band: Fungsi, Arti, dan Cara Menggunakannya - Bollinger band adalah indikator yang sering digunakan banyak traders profesional maupun pemula untuk mengukur volatilitas. Bollinger band ditemukan oleh John Bollinger pada tahun 1980an hingga sekarang bollinger adalah salah satu indikator yang sering dan banyak digunakan traders termaksud saya sendiri.

Bollinger band dapat teman-teman temukan disemua platform trading di pc atau handphone seperti metatraders 4 dan 5.

Apa yang dimaksud dengan bollinger band?

Yang dimaksud bollinger band adalah alat bantu traders dalam analisis yang disebut indikator bollinger band, dengan adanya bollinger band dapat mempermudah traders dalam melakukan analisis teknikal. Indikator bollinger terdiri dari 3 line yang bergerak beriringan dimana line atas disebut upper, line tengah middle band, dan line bawah lower band.

Settingan bollinger band

Pada umumnya settingan bollinger band adalah periode 20, selisih 2.000, pergeseran 0,dan aplikasikan pada close. Namun banyak juga trader yang merubah settingan bollinger band secara custom, dan bila berbicara ini sebenarnya tidak masalah karena setiap traders memiliki gaya trading dan kenyamanan dalam menggunakan bollinger band seperti apa.

Bagaimana cara membaca bollinger band?


Tampilan dari bollinger band seperti pada gambar diatas, dimana terdapat 3 line dan harga bergerak diantara 3 line bollinger band. Bila teman-teman menemukan market dalam keadaan konsiladasi atau sideway seperti pada gambar diatas maka cara tradingnya cukup sederhana sekali. teman-teman bisa entry buy saat price berada di lower band dengan target mid bb atau bila price berada di upper band teman-teman bisa melakukan entry sell dengan target profit mid bb.cara ini tidak cocok untuk teman-teman yang menemukan market dalam tranding seperti pada gambar dibawah ini.


Cara membaca market seperti pada gambar diatas adalah dilihat dari candlestick yang close di luar bollinger band dan ini disebut juga dengan momentum. Teman-teman lihat di gambar HH yang ketiga candle break line upper band dan kemudian turun dan up tinggi, maksudnya adalah ketika candle close bollinger band itu menyatakan trend menunjukkan arah kuatnya.

Rumus bollinger band

Untuk rumus bollinger  silahkan teman-teman baca buku karangan dari john bollinger. disana dijelaskan perhitungannya seperti apa, teman-teman beli bukunya berasa seperti teman-teman sedang privat, karena penjelasannya dalam rumusnya benar-benar kompleks.

Bollinger band strategy

Di dalam strategy bollinger terdapat dua yang bisa kita lakukan, yang pertama saat market sideway dan yang kedua saat market memiliki trend. Keduanya ini memiliki probablitas profit tinggi bila teman-teman menggunakan di waktu yang tepat seperti misalnya dalam keadaan sideway maka teman-teman bisa entry buy sell di area lower atau upper band. cara ini tentunya tidak cocok untuk teman-teman gunakan ketika market memiliki trend yang jelas.

Cara menggunakan Bollinger Bands untuk scalping


Cara scalping menggunakan bollinger band sangatlah mudah dan simpel. Dalam hal ini teman-teman wajib tau apa itu support dan resistance. Untuk permasalahan tidak tau bagaimana mencari support dan resistance terbaik, saya akan share di artikel selanjutnya bagaimana menemukan support resistance menggunakan bollinger band.

Saya anggap teman-teman scalping di M5, kemudian menemukan market yang sedang sideway. Nah saat sideway inilah teman-teman tandai high dan low, kemudian tunggu price selanjutnya break support atau resistance, bila break support seperti pada digambar, maka price wajib membuat momentum. Dalam hal ini teman-teman harus menunggu sampai benar-benar break atau setidaknya di break oleh 2 candlestick. 

Bila sudah break dan valid selanjutnya menunggu fullback untuk entry. Ini sangat simpel karena setiap konsilidasi dari market itu sangat terlihat jelas bila menggunakan bollinger band.

Itu saja yang bisa saya share kepada teman-teman, bila artikel ini tidak memberikan manfaat. Coba share jejak di kolom komentar hal dimana yang tidak bermanfaatnya atau yang membuat teman-teman tidak paham. Nanti segera saya perbaiki. Saran dan kritik teman-teman sangat dibutuhkan untuk mengembangkan web ini menjadi jauh lebih baik.


Posting Komentar untuk "Memahami bollinger band: Fungsi, Arti, dan Cara Menggunakannya"