Kegunaan indikator RSI di teknik ZEF

Kegunaan indikator RSI di teknik ZEF - Apa fungsi dari indikator oscillator rsi di dalam teknik zef? Ada yang bertanya seperti itu, kenapa harus menggunakan indikator rsi, kenapa tidak menggunakan indikator yang lain. Yuk kita bahas...

Fungsi utama rsi di teknik zef

Pada umumnya indikator rsi sebagai pengukur volume, bukan hanya rsi tapi indikator lainnya yang disebut oscillator itu untuk mengukur kekuatan volume market dan biasanya disebut seperti ini, bila line sampai di poin 20 itu disebut overbought dan bila line berada di poin 80 disebut oversold. 

Apa yang dimaksud overbought dan oversold?

  • Overbought adalah sesuatu tanda bahwa harga sudah terlalu rendah.
  • Oversold adalah sesuatu tanda bahwa harga sudah terlalu tinggi.
Untuk mengetahui overbought dan oversold inilah para traders menggunakan indikator oscillator seperti Rsi, stochastic, Cci, dll.

Namun berbeda dengan teknik zef, kegunaan indikator atau peran dari indikator Rsi ini menjadi 2.
  1. Divergence = Karena teknik zef adalah counter trend, maka Divergence adalah hal utama untuk melihat peubahan trend dan terkonfirmasi dengan hal lainnya seperti break ema 50 dan Bollinger band membuat pola atau struktur. Jadi walau sudah masuk area over bila tidak membuat Divergence, maka tidak ada peluang untuk masuk ataupun melakukan entry poin. 
  2. Trend = Rsi juga bisa digunakan untuk menentukan trend. Jadi ada suatu pola dimana bila semuanya sudah searah dan sesuai dari price, bb, dan ema 50, maka rsi ini sebagai penentu bahwa perubahan trend menjadi lebih jelas. 
Memang terlihat aneh, tapi tidak terlalu aneh karena sebenarnya banyak juga dari trader lain diluar teknik zef yang menggunakan oscillator untuk menentukan trend. So, cek artikel lainnya untuk mengetahui teknik zef dan sopnya serta contoh kasus dan cara entrynya. Karena semuanya di share disini.

Semoga dengan pahamnya teman-teman fungsi dan kegunaan indikator ini menjadi lebih mengerti lagi cara maping menggunakan teknik zef. Bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. 


Posting Komentar untuk "Kegunaan indikator RSI di teknik ZEF"