Cara Trading Gold Saat Ada News FOMC

Cara Trading Gold Saat Ada News FOMC - Sebelumnya sudah saya jelaskan kepada kalian bahwa pada minggu ini terdapat beberapa news yang memiliki impact tinggi dan salah satunya adalah Fomc.

Fomc ini rilis datanya di jam 02.00, jadi news ini keluar di malam hari. Dalam tradingan saya tidak seperti kebanyakan para traders diluar sana, Maksudnya adalah analisis fundamental yang saya lakukan hanya berdasarkan yang penting saya tau waktu rilisnya jamnya.

Baca juga: Tips menghindari jebakan news high impact

Saat mendekati rilis, saya tidak melihat hasil datanya setelah rilis bagus atau tidaknya untuk mata uang yang bersangkutan. Tapi yang saya lakukan ketika mendekati jam rilisnya news fomc, saya hanya fokus di chart dan melihat pergerakkan market gold saja.

Hasil trading saat rilis news fomc 

Fomc 1
Saat news rilis di jam 02.00, saya menunggu jam 02.05 untuk melakukan entry sell dan hasilnya saya mendapatkan profit 50 pips. Alasannya nanti saya share dibawah agar kalian juga tau cara saya trading saat ada news.

Baca juga: Cara membaca news di forex factory dengan benar dan tepat

Fomc 2
Saya melakukan entry untuk kedua kalinya dan ini masih di news fomc sekitar jam 02.10. Hasilnya saya mendapatkan profit 50 pips dan total profit yang saya dapatkan dari news fomc dengan lot 0.01 sebanyak 500.000

Saya coba sempatkan record sebelum rilis news, saat rilisnya dan saat saya melakukan entry juga dan kalian bisa cek videonya dibawah ini.


Cara trading saat ada news high impact 

Yang pertama yang harus kalian tau, disini saya tradingan menggunakan teknik zef. Jadi apapun nanti yang kalian lihat saat saya share itu adalah teknik zef.


Langsung saja kepembahasan...

1. Saat mendekati news kalian fokus terhadap market yang memang tidak ada gerakkan atau bisa dibilang gerakkannya kecil. Jujur kalau saya tidak menggunakan teknik zef, saya tidak dapat melihatnya, tapi saat menggunakan zef lebih terlihat secara visual gerakkan price yang minim tidak strong atau bahasa traders adalah sideway, konsilidasi. 

Contoh pertama:

Zoom in

Fokus terhadap bentuk bollinger band yang menyempit ruangnya. Karena seperti inilah yang saya cari ketika news rilis.

Zoom out

Dapat dilihat bahwa harga tidak memiliki trend, candle yang terbentuk kecil dan tidak memiliki trend yang jelas arahnya mau kemana.

Baca juga: Step by step analisis teknikal teknik zef cuan 100 pips

Contoh kedua:

Zoom in

Jadi intinya adalah fokus terhadap bentuk bollinger band yang menyempit saat menghadapi news high impact. Ingat, ini adalah poin penting dalam analisis teknikal untuk menghadapi news high impact. Alasannya saya share dibawah. 

Zoom out

2. Membuat SnR di area upper dan lower band. Setelah kalian menemukan langkah pertama, dimana kalian melihat bollinger band menyempit, maka pada bollinger band menyempit itu, kalian berikan support dan resistancenya. Contohnya pada gambar dibawah ini. 


Contoh pertama

Contoh kedua

Ada 2 perbedaan cara saya menandakan support dan resistance. Pada contoh pertama saya hanya menggunakan line horizontal saja, alasannya karena memang tidak ada harga yang break out bollinger band. 

Sementara pada contoh kedua, harga break out bollinger band dan harga yang break out disaat bollinger band menyempit belumlah sebuah tanda perubahan trend, jadi tandai saja dulu candle yang break out tersebut sebagai support atau resistance, sekalipun yang break hanya shadow tetap ditandai seperti contoh kedua support.

Baca juga: 

3. Entry saat Breakout. Untuk permasalahan entry itu sebenarnya tergantung dari gaya trading traders masing-masing seperti apa. Karena setiap traders berbeda cara. Ada yang memang maen aman dengan menunggu fullback dan ada juga yang breakout langsung melakukan entry seperti saya.

Kenapa saya berani melakukan entry ketika break out? 

Alasannya simpel, karena saya bermain di timeframe m5, jarak dari break ke area SnR tidak sampai 50 pips. Jadi karena alasan itulah saya berani entry saat Breakout. Beda cerita bila saya bermain di H1 keatas, pastinya saya bermain aman dengan entry menunggu fullback. 



Note:
  • Entry 1 adalah gaya traders entry setelah break out.
  • Entry 2 adalah gaya traders entry setelah fullback. 

Alasan konsilidasi atau sideway penting sebelum news

Poin pentingnya agar kalian tidak banyak bertanya dan menambah wawasan dari informasi yang saya sampaikan melalui artikel ini adalah saat news high impact ingin rilis, maka banyak traders yang memang dengan sengaja tidak melakukan open posisi atau bisa dibilang juga menunggu sampai news rilis data. Karena alasan itulah, akhirnya market mengalam konsilidasi, tidak ada dominasi pergerakkan trend, tidak ada yang mendorong market untuk membuat trend.


Jadi ketika news rilis, data sudah keluar, sudah tau hasil dari news dan tiba-tiba market bergerak dengan volatilitas tinggi sehingga break area konsilidasi, maka itu adalah trend yang dibuat news dan kalian bisa mengikuti trend tersebut dalam waktu beberapa jam kedepan. 

Agenda trading news dengan teknik zef sedang dibuat dan baru ada contoh kasus sekitar 30. Mungkin bila sudah sampai 150 agenda trading news berdasarkan zef, saya akan share di google drive dan akan saya taruh linknya disini agar kalian juga bisa lihat entry yang saya lakukan, agenda trading saya buat before dan after dan agenda trading ini tidak hanya news tapi agenda trading lainnya seperti zef reversal dan zef continuation serta zef reversal continuation. 

Posting Komentar untuk "Cara Trading Gold Saat Ada News FOMC "