Tips Cara Benar Merawat Motor Vespa Matic

vespa
Ilustrasi perawan terbaik motor Vespa matic 

Tips Cara Benar Merawat Motor Vespa Matic - Memiliki kendaraan berarti Anda harus siap dengan perawatan rutin jika ingin kendaraan Anda aman dan nyaman dikendarai bukan? 

 Mobil, motor matic, moped, tawon matic perlu perawatan rutin agar tetap nyaman digunakan dan tahan lama. 

 Selain itu, harga Vespa matic tidak murah sehingga perlu perawatan yang tepat. Merawat Vespa matic tentu berbeda dengan merawat sepeda motor pada umumnya. 

 Bagian mana saja yang perlu rutin diservis dan dicek agar vespa matic Anda awet? Yuk, perhatikan perawatan Vespa matic kamu selanjutnya. 

 Cara merawat Vespa Matic Anda 

 1. Gunakan bahan bakar yang benar dan sesuai 

 Vespa matic memang didesain untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, jadi minimal RON 90. 

 Hanya di Indonesia bisa menggunakan Pertamax dengan RON 92, Pertamax Turbo dengan RON 98 atau bisa juga menggunakan Shell Power dengan RON 95. 

 Keunggulan bahan bakar beroktan tinggi adalah proses pembakarannya lebih maksimal. Dengan begitu tidak meninggalkan kotoran di saluran bahan bakar. Tentunya bisa menjaga performa bensin, dan tarikannya tetap bagus. 

 2. Lepas baterai Vespa jika tidak digunakan dalam waktu lama 

 Matikan baterai Vespa Matic yang ada jika Anda tidak akan menggunakan Vespa selama sebulan atau lebih. 

 Melepas baterai vespa otomatis akan mematikan daya dari baterai, sehingga anda dapat menghemat baterai itu sendiri.

 3. Ganti oli secara teratur 

 Ganti oli vespa matic secara rutin. Oli memiliki fungsi yang meminimalkan keausan pada bagian-bagian mesin, sehingga mempengaruhi kenyamanan berkendara. 

 Anda bisa mengganti oli sendiri setiap 3-4 bulan. Oli yang digunakan pada setiap mesin kendaraan adalah oli yang hidup, sehingga pelumas terus bersirkulasi meskipun mesin tidak bekerja.

 4. Lakukan pemanasan Vespa matic setiap hari 

 Lakukan pemanasan pada Vespa matic agar Anda memiliki waktu minimal 5 menit setiap hari. Ini berfungsi agar mesin selalu terlumasi dengan baik. 

 Dengan demikian, performa mesin vespa matik tetap optimal kapanpun Anda membutuhkannya. Saat memanaskan, Anda juga bisa membiarkan oli bersirkulasi, memungkinkan bagian dalam mesin terhindar dari kabel.

 5. Perawatan ban 

 Selalu ingat untuk merawat ban Anda. Ini bagus untuk performa dan kestabilan saat menggunakan Vespa Matic. 

 Selalu periksa tekanan ban dengan pengukur tekanan ban. Hal ini berguna untuk memastikan keawetan ban Vespa yang Anda miliki. Gunakan juga standar tengah kalau motormu diparkir di rumah kan? Dengan cara ini Anda bisa menghindari tekanan berlebihan pada ban dalam waktu yang lama.  

 Selain kelima cara di atas, jika Anda mengganti komponen apapun, pastikan Anda menggunakan suku cadang asli saat melakukan servis Vespa matik Anda. Tentu saja suku cadang asli berkualitas tinggi, sehingga keamanannya terjamin.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Benar Merawat Motor Vespa Matic "