5 Tips mengatasi mobil bunyi saat jalan

mobil
Ilustrasi mobil bunyi saat dikendarai 

5 Tips mengatasi mobil bunyi saat jalan- Mobil memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, mobil sering mengeluarkan suara-suara aneh, seperti dengungan. 

 Tentunya hal ini mempengaruhi kenyamanan berkendara, terutama pada perjalanan jauh. Untuk mengatasinya, Anda perlu memperhatikan cara mengatasi mobil yang berisik di jalan selanjutnya. 

 1. Periksa sistem pengereman mobil Anda 

 Salah satu penyebab utama mobil berderit saat dikendarai adalah masalah pada sistem rem. Sistem rem yang tidak bekerja dengan baik akan menimbulkan suara mendesis atau mendengung saat Anda menginjak pedal rem. 

 Untuk melakukan ini, periksa sistem pengereman secara teratur. Selain itu, ambil langkah pemeliharaan yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya masalah ini. 

 2. Periksa kopling 

 Suara bising mobil saat berkendara juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem kopling. FYI, sistem kopling adalah proses yang menghubungkan putaran mesin dengan roda mobil. Saat kopling aus atau tidak berfungsi dengan baik, biasanya akan terdengar suara aneh seperti “crrrr-crrrr”. 

 Sebagai pencegahan, pastikan selalu sistem kopling mobil dalam kondisi baik dan terawat. Kalau perlu maintenance 3 bulan sekali ya.

 3. Ganti oli mesin secara berkala 

 Oli mesin tidak hanya membantu menjaga suhu mesin mobil tetap stabil, tetapi juga melumasi bagian-bagian mesin mobil. Mulai sekarang, mobil bisa bergerak dengan lancar. Karena memegang peranan penting, gantilah oli mesin secara berkala. 

 Pastikan mobil bekas tersebut memenuhi rekomendasi pabrikan mobil. Dengan cara ini, kemungkinan suara mobil asing kecil. 

 4. Cek kondisi ban mobil 

 Kondisi ban yang aus atau jelek juga bisa mempengaruhi suara mobil saat dikendarai. Setelah menggunakan mobil, kebisingan atau getaran terasa tidak nyaman. Jadi kalau dirasa tipis dan susah dikendarai, lebih baik ganti ban standar sekarang ya?

 5. Periksa sistem suspensi mobil 

 Jika mobil berdengung atau bergetar saat dikendarai di jalan yang kasar, kemungkinan ada masalah pada sistem suspensi mobil. Perhatikan bahwa sistem suspensi yang tidak berfungsi dengan baik memengaruhi kenyamanan.  

 Selain itu, juga dapat meningkatkan kerusakan pada bagian mobil lainnya. Oleh karena itu, usahakan selalu agar sistem suspensi mobil Anda tetap dalam kondisi baik dan terawat. Suara mobil saat berjalan menyebabkan kecemasan di kalangan penggunanya. Namun, hal ini dapat diminimalisir dengan menggunakan cara menangani mobil yang membuat kebisingan tetap tinggi saat berjalan.

Posting Komentar untuk "5 Tips mengatasi mobil bunyi saat jalan"