Ketika mobil tidak bisa di starter, ini yang harus dilakukan

mobil
Ilustrasi starter mobil

Ketika mobil tidak bisa di starter, ini yang harus dilakukan- Pernahkah Anda mengalami mobil yang tidak mau menyala? Ini pasti menjengkelkan, terutama jika Anda sedang terburu-buru untuk berangkat kerja. 

 Mobil yang tidak menyala adalah salah satu masalah mobil yang paling umum. Dalam situasi seperti itu, Anda tidak perlu panik  dan mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. 

 Ada beberapa penyebab mobil tidak mau menyala. Hal ini penting diketahui sebagai pemilik kendaraan bermotor. 

  Penyebab mobil tidak mau hidup adalah aki starter yang  lemah,  starter gagal, busi dan kabel  rusak, serta kumparan otomatis, kompresi silinder rendah dan katup udara bermasalah,  injektor  kotor dan penyumbatan debu, 

 Jadi apa yang harus dilakukan jika mobil tidak mau hidup? Berikut adalah beberapa tips. 

 Periksa kondisi baterai 

 Langkah pertama yang dapat Anda lakukan jika mobil Anda tidak mau menyala adalah memeriksa kondisi aki. Hal ini dikarenakan komponen ini merupakan bagian penting dari sistem kelistrikan  kendaraan. 

 Oleh karena itu mobil tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya tanpa aki. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi ketinggian air dan tegangan listrik aki. 

 Periksa kondisi pompa bahan bakar 

 Salah satu cara termudah untuk memecahkan masalah ATV adalah dengan memeriksa kondisi pompa bahan bakar pada multi-information display (MID) panel instrumen. Anda akan melihat indikator Check Engine pada speedometer di MID.  

 Jika komponen ini kotor, maka akan mempengaruhi mobil saat start. Namun, disarankan agar Anda memeriksakan diri ke mekanik atau  profesional agar dapat dibersihkan dan dikalibrasi ulang agar mobil dapat berjalan efisien kembali.

 Memeriksa kondisi karburator 

 Selain itu, Anda dapat memperbaiki mobil yang tidak mau hidup, periksa kondisi karburatornya. Komponen ini sama pentingnya dengan aki yang  mengatur sirkulasi udara dan bahan bakar di dalam  mesin mobil. Jika karburator kotor,  kondisi ini membuat mesin mobil tidak dapat dihidupkan. 

 Periksa kondisi sekring 

 Mengutip Seva, Anda juga harus memeriksa kondisi sekring jika kondisi sekring Anda baik. Cara ini dilakukan setelah Anda melakukan pengecekan pada komponen aki dan karburator. Sekering dibagi menjadi dua bagian, kutub positif dan  negatif. Periksa kedua kutub ini apakah  kabel  putus atau tidak. Jika bingung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi bengkel terdekat. 

 Periksa alternator starter 

 Anda juga harus memeriksa alternator starter jika mobil tidak mau hidup. Dinamo starter merupakan komponen penting yang menyuplai listrik ke aki.  Bagian ini juga berguna saat menggerakkan flywheel di lintasan kendaraan agar mesin tetap dapat beroperasi dengan normal.

Posting Komentar untuk "Ketika mobil tidak bisa di starter, ini yang harus dilakukan"