Cara mudah merawat dan membersihkan air cooler sendiri

 

cooler
Manfaat memiliki cooler di rumah ternyata banyak sekali selain terlihat minimalis. Jadi kalian harus paham bagaimana cara merawat dan bersihkannya juga(ditutoinfo.com)

Cara mudah merawat dan membersihkan air cooler sendiri- cooler adalah produk elektronik yang berfungsi sebagai pendingin yang mendinginkan udara di dalam ruangan. Agar pendingin udara berfungsi optimal, harus bersih dan terawat. Oleh karena itu, membersihkan air cooler sangat penting dan harus dilakukan secara rutin. 

 Jika Anda tidak tahu cara membersihkan pendingin udara dengan benar, Anda mungkin melewatkan beberapa tip yang dapat membantu. Namun jangan khawatir, pada artikel selanjutnya kita akan belajar bersama cara membersihkan air cooler. Jadi, baca terus, ya! 

 1. Lepaskan penutup pendingin air  

 Pendingin udara dirancang untuk disegel, sehingga pendingin dapat dibersihkan dengan membongkar bagian-bagiannya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas penutup belakang. 

 Biasanya tutupnya dikunci dengan sekrup, sehingga harus menggunakan alat khusus untuk melepas sekrup. Setelah semua sekrup dilepas, Anda dapat membuka penutup pendingin udara dan melihat isinya. Selain penutup, klep depan juga harus dibersihkan. Beberapa model pendingin udara juga memiliki ventilasi di bagian belakang rangka. Jika ada banyak debu di atasnya, Anda bisa menyekanya dengan sikat sampai debu hilang. 

 Jika ingin menyiramnya dengan air, Anda harus berhati-hati agar tidak mengenai bagian atas air cooler. Namun, lebih aman untuk tidak mencuci saluran udara depan.

 2. Lepas filter dan bersihkan 

 Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membuka filter dan mengeluarkannya dari air cooler. Saat melepas, Anda mungkin memperhatikan berapa banyak debu yang terperangkap di dalam filter. 

 Kini Anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada filter dengan cara menyemprotnya dengan air mengalir hingga terlihat cukup bersih. Untuk kotoran yang sulit dihilangkan, rendam filter dalam air sabun. Jenis sabun yang digunakan bisa berupa sabun cair 

 Tunggu sekitar 10 menit sampai semua kotoran larut dalam air. Lalu cuci dan biarkan kering. 

 3. Kosongkan dan bersihkan tangki air 

 Aturan dasar perawatan pendingin udara adalah membersihkan tangki air secara teratur. Sebelum mulai membersihkan, tangki air harus dikosongkan terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mulai menuangkan air di luar dan di dalam tangki. Bersihkan sisa kotoran dengan larutan deterjen pencuci piring dan gosok secukupnya dengan spons.

 Jika sudah cukup, Anda bisa mencucinya dengan air mengalir dan membiarkan tangki mengering dengan sendirinya.  

 4. Bersihkan kipas dan pompa air 

 Seperti yang diluncurkan website Sharp Id, air cooler memiliki dua ruang yang sama pentingnya untuk dibersihkan. Bagian pertama adalah kipas internal, yang biasanya berbentuk tabung dengan ventilasi. Bersihkan kipas dengan sikat kering hingga debu hilang. 

 Pada saat yang sama, uap air di pompa air sprinkler biasanya sering lembab. Anda dapat menyeka dengan kain kering untuk menghilangkan kelebihan air yang tersisa di pompa. Pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh dan menyeluruh, yah! 

 5. Cuci bantalan pendingin 

 Cooling pad adalah bagian utama dari air cooler yang menghasilkan refrigerant. Cooling pad berupa cooling pad yang bisa tersumbat kotoran jika tidak dibersihkan. Oleh karena itu, cooling pad harus dibersihkan dengan baik dan teratur. 

 Pertama, Anda dapat melepas bantalan pendingin di dalam pendingin udara. Kemudian Anda dapat dengan mudah menyeka debu yang terperangkap. Setelah itu, Anda bisa mencucinya dengan air mengalir hingga tidak ada kotoran yang tersisa. Tempatkan sebentar sampai cooling pad kering. 

 6. Pasang bagian-bagian pendingin udara 

 Setelah Anda yakin semua bagian bersih dan kering, saatnya beralih ke langkah terakhir, merakit bagian pendingin udara. Kembalikan bantalan pendingin, filter, kipas, ventilasi, dan penutup ke posisi semula. Pasang sekrup dengan obeng, pastikan semua bagian terpasang dengan kencang. Yang tak kalah penting adalah Anda harus mengganti tangki air dan mengisi ketinggian air di atas level minimum. 

 Anda kemudian dapat mencoba menyalakan pendingin udara dengan mencolokkannya. Amati apakah ada kebisingan atau tidak. Dan apakah pendingin air berfungsi normal. Jika kesejukan yang dihasilkan oleh pendingin udara berada pada tingkat yang tepat, berarti alat tersebut bekerja dengan baik. 

 Bisa dibilang membersihkan water cooler dengan metode bongkar pasang itu sulit dan sederhana. Anda mungkin berhati-hati pada kali pertama, tetapi begitu Anda terbiasa, itu akan menjadi lebih mudah. Meskipun efektif, membongkar pendingin udara dapat membatalkan garansi yang berlaku. Oleh karena itu, yang terbaik adalah melakukan metode pembersihan ini hanya pada pendingin udara yang sudah ketinggalan zaman.

Posting Komentar untuk "Cara mudah merawat dan membersihkan air cooler sendiri"