Cara paling gampang mundur pakai mobil matic

mobil
Memundurkan mobil susah gampang karena banyak hal yang harus diperhatikan, bila salah sedikit bisa fatal.(ditutoinfo.com)

Cara paling gampang mundur pakai mobil matic- Padatnya lalu lintas terutama di perkotaan membuat mobil dengan transmisi matic atau otomatis kini menjadi idola. Alasannya sangat sederhana, yaitu kemudahan dalam mengendarai mobil matic dibandingkan mobil dengan transmisi manual. 

  Anda tidak perlu menebak-nebak tenaga mesinnya, cukup tekan kopling sebelum mengganti persneling seperti pada mobil manual. 

  Cukup masukkan tuas persneling ke R dan Anda tinggal menekan pedal gas. Tidak perlu ditebak, karena perpindahan gigi sudah otomatis. Lantas bagaimana cara mengemudikan mobil matic secara mundur? 

 Padahal, memundurkan mobil matic sama dengan mengendarai mobil manual. Perlu beberapa pembiasaan agar lancar saat berkendara dan ingin bergerak, seperti saat ingin parkir atau belok. 

 Jika Anda masih pemula, Anda bisa kembali menggunakan mobil matic seperti yang dijelaskan di website Drive, yang bisa Anda gunakan sebagai patokan sebelum mengendarainya. 

 Cek kondisi sekitar mobil 

 Langkah pertama sebelum mulai mundur adalah memastikan kondisi sekitar mobil, baik itu di belakang, kiri, kanan, dan depan, dalam kondisi aman atau tidak berbahaya. Anda dapat memeriksanya dengan kaca spion atau kamera parkir. Jika Anda masih belum yakin, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. 

  Jika menemukan penghalang, seperti batu atau benda yang dapat menghalangi pergerakan mobil, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu daripada panik. Selain itu, pastikan kondisi lalu lintas aman sebelum Anda memulai pencadangan. 

 Posisi pengemudi 

 Tentu saja, memundurkan mobil lebih sulit daripada berjalan maju. Ini karena jarak pandang pengemudi terbatas. Untuk itu, posisi pengemudi harus benar, agar jarak pandang sebaik mungkin. 

 Anda bisa memaksimalkan pandangan ke belakang mobil dengan mencondongkan tubuh ke kiri sekitar 10-15 derajat dan memutar ke belakang untuk mencari posisi yang tepat. Ingatlah untuk meletakkan cermin di mana mereka dapat membantu. 

 Ubah transmisi ke R 

 Setelah memeriksa bagian belakang mobil dan posisi mengemudi, cara mundur pada mobil matic selanjutnya adalah dengan memindahkan tuas perseneling. Tekan pedal rem, pindahkan transmisi otomatis ke posisi mundur (R). Sebelum melepaskan pedal rem secara perlahan, tunggu hingga persneling berada di posisi R sekitar 2 detik untuk berpindah penuh. 

 Tidak perlu menekan pedal gas 

 Tidak perlu menginjak pedal gas untuk memundurkan mobil, apalagi jika posisi netral di belakang mobil cukup sempit. Caranya cukup angkat kaki kanan secara perlahan dari pedal rem dan otomatis mobil akan mundur perlahan. Pertahankan kaki kanan Anda pada posisi di mana mobil dapat melaju dan jangan melepaskan pedal rem. Namun, jika posisi yang hendak dituju cukup lebar dan sedikit hambatan, Anda bisa menekan pedal gas untuk mempercepat gerak otomatis mobil. 

 Tunjukkan mobilnya 

 Langkah terakhir dalam memundurkan mobil matic adalah mengarahkannya ke tempat yang ingin dituju. Jika ingin mengarahkan mobil ke kiri, putar setir ke kiri dan sebaliknya.  

 Jika Anda masih ragu saat ingin berjalan mundur, misalnya saat ingin parkir, sebaiknya minta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman. Ini penting untuk menghindari pilihan yang buruk jika terjadi kepanikan. Untuk memulainya, kamu bisa berlatih di ruangan yang terbuka dan aman dari bahaya. Gunakan penanda kerucut untuk berlatih mundur dengan mobil otomatis.

Posting Komentar untuk "Cara paling gampang mundur pakai mobil matic"