Cara mengatasi motor matic mati di jalan

matic
Jangan khawatir motor matic mati di jalan 


Cara mengatasi motor matic mati di jalan- Sepeda motor sebagai kendaraan merupakan salah satu alat transportasi darat yang sangat penting. Sepeda motor matic merupakan salah satu kendaraan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan girboksnya sangat praktis dan tidak perlu mengganti gir seperti pada sepeda motor manual. 

 Pada sepeda motor, mesin berhenti mendadak pada sepeda motor matic yang dapat mengganggu, apalagi jika tidak mengetahui penyebabnya, jangan panik, kesampingkan saja sepeda motor tersebut dan gunakan dua standar perantara. 

 Perhatikan beberapa hal berikut ini cara mengatasi motor matic rusak : 

 

 1. Lakukan pemeriksaan ban dan pengapian 

 Membuka busi sepeda motor untuk mengetahui kondisi sepeda motor matic sebenarnya lebih sulit karena mesin terletak di bawah jok. Makanya kita harus buka covernya dulu. 

 Lepas busi dengan obeng dan kunci pas busi. Jika busi lepas, periksa kondisinya. Jika busi basah, berarti busi mati. Busi bisa basah bukan karena air, tapi dari bensin yang tertinggal di sekitar elektroda busi karena tidak terbakar. 

 Namun jika keadaan busi kering dan berwarna hitam, hal ini bisa menandakan adanya masalah pada karburator, jika busi menyala namun tidak ada bensin di ruang bakar maka pembakaran tidak terjadi dengan cara yang sama. 


 2. Periksa jumlah bensin 

 Meski terdengar sepele, hal ini juga bisa menyebabkan motor mogok di tengah jalan. Anda mungkin pernah mengalaminya sendiri. Jangan melihat pengukur bahan bakar di dashboard. Karena layar pengukur bahan bakar mungkin rusak. 

 Coba cek secara manual dengan membuka tutup tangki dan melihat langsung ke arah gas. 


 3. Inspeksi pengoperasian stasiun bahan bakar (EFI) 

 Pada mesin injeksi diperlukan adanya pompa untuk menghasilkan tekanan bahan bakar, letak pompa ini berada di dalam tangki. Untuk memeriksanya, putar sakelar ke posisi Nyala. Saat pompa bahan bakar bekerja, Anda akan mendengar dengungan mesin di dalam tangki. Namun, jika tidak ada suara mesin, ini bisa menjadi alasannya. 

 Solusinya adalah Anda harus membongkar dan membersihkan pompa. Jika menunjukkan kerusakan atau kabel terputus, dapat dipasang atau diganti. Jika pompa bahan bakar masih berfungsi, lanjutkan ke langkah kedua. 

  Saat sakelar dalam posisi Nyala, Anda juga dapat melihat motor kontrol. Indikator ini menyala ketika ada gangguan listrik pada mesin. Jadi jika ada masalah pada sistem EFI, seharusnya lampu ini menyala. 


  4. Pemeriksaan karburator 

 Untuk memastikannya, coba hentikan mesin dengan kunci kontak menyala. Dulu, busi dibiarkan kendur sehingga lubang busi dibiarkan terbuka. 

 Setelah mati sekali atau dua kali, Anda akan mencium bau bensin yang berasal dari lubang busi. Jika jelas hanya ada udara dan tidak ada bau bensin, maka aliran bensin tidak keluar dari karburator. 

 Untuk memperbaikinya, kita perlu memeriksa karburator. Kegiatan ini kebanyakan sulit, alat yang diperlukan juga berbeda. 


 5. Periksa motor listrik 

 Fungsi baterai adalah untuk menghasilkan listrik untuk mesin dan rangka. Saat mesin menyala, generator dan skip rock mengurus kebutuhan kelistrikan mesin. Namun, jika ada bagian yang rusak, baterai tidak akan menerima daya. 

 Oleh karena itu, jika sepeda motor tiba-tiba mati, coba periksa perangkat kelistrikan seperti lampu atau klakson. Jika ini tidak membantu, Anda harus menghilangkan penyebabnya. 

 Untuk mengidentifikasi bagian yang rusak, Anda perlu membongkar bagian genset atau kiprok. Bisa jadi chip atau kabel charger rusak. 

 Ingatlah bahwa mesin motor dapat bekerja karena memiliki tiga elemen. Yakni, bensin dan api. Jika mesin masih belum menyala, salah satu dari tiga bagian tidak lengkap.

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi motor matic mati di jalan"