Beberapa Tips Membeli Motor Baru agar tidak ditipu

 

motor
Tips membeli motor baru

Beberapa Tips Membeli Motor Baru agar tidak ditipu- Jika baru pertama kali atau ingin membeli motor baru lagi, jangan sampai ketinggalan karena banyak hal yang tidak diperhatikan mulai dari spesifikasi hingga harga. Anda tidak perlu terburu-buru untuk mendapatkan sepeda motor impian Anda. Demi keamanan acara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kebutuhan uang tunai untuk membeli sepeda motor dari penjual. 

 Achmad Dimyati selaku Director of Promotions and Digital Yamaha DETA Group menyampaikan bahwa ada beberapa tips membeli motor baru yang aman agar tidak ditipu oleh penjual atau dealer agar tidak kehilangan motor setelah diterima.

 1. Lihat ulasan orang lain 

 Anda bisa melihat review dealer dari orang lain yang sudah pernah ke sana melalui Google. Kredibilitas pedagang dari tanggapan pihak lain akan membantu Anda memastikan bahwa Anda membeli dari tempat itu atau tempat lain. 


  2. Perhatikan layanan 

 Tips atau cara beli motor baru dari dealer lain yang perlu diperhatikan, pastikan pelayanan penjualannya optimal. Misalnya, ketika Anda mengajukan pertanyaan, dia dengan sabar menjawab dan menawarkan solusi untuk kebutuhan Anda.  


 3. Harga sesuai brosur 

 Hal lain yang perlu diwaspadai adalah mewaspadai pengeluaran lain jika nantinya tidak sesuai dengan brosur. Cek juga secara detail bonus apa saja yang Anda dapatkan. 


 4. Pemeriksaan fisik mesin 

 Sebelum membeli, Anda bisa mengecek kondisi fisik sepeda motor dan semua bagiannya. 

 Anda dapat menyalakan kendaraan untuk mengetahui kondisi mesin. Jika menyala lalu mati, ini pertanda kendaraan mengalami masalah mesin.  


 5. Pahami cara membayar 

 Anda harus berhati-hati saat membeli sepeda motor dengan uang tunai dari dealer atau metode transaksi aman lainnya. Jika motor yang Anda inginkan cocok, penjual biasanya akan menghitung total harga yang harus Anda bayarkan. 

 Anda dapat bertanya kepada pedagang tentang metode pembayaran yang sesuai. Beberapa pengecer hanya menawarkan pembayaran tunai. Ada juga yang menerima layanan transfer bank. 

  Jika ingin membayar melalui transfer bank, penjual biasanya meminta pembayaran awal sebesar Rp 500.000. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar telah memesan kendaraan bermotor tersebut. 

 Jika Anda membayar secara tunai, pastikan untuk membayar di kasir dan segera minta bukti pembayaran yang masih berlaku, yang dilengkapi dengan kop surat dan dicap dengan stempel resmi merchant. Perhatikan juga tanggal sampai Anda memberikan jumlah uang. 

 Jika transaksi dilakukan menggunakan nomor rekening, pastikan nama dan nomor rekening sesuai dengan nama usaha merchant. Selain itu, jangan melakukan transaksi jika nomor rekening atas nama Anda sendiri. Simpan juga berkas sebagai bukti jika motor tidak diantar. 


 6. Jaga dokumen resmi 

 Biasanya berkas transaksi diminta oleh KTP dan KK. Jangan sertakan dokumen Anda jika sudah lama dipinjam dan tidak akan digunakan di hadapan Anda. 


  7. Periksa waktu kedatangan mesin 

 Jika sepeda motor tersedia dari penjual dan pendampingnya akan mengantarkannya ke rumah Anda, periksa waktu kedatangannya. Anda juga bisa mencatat nomor dealer untuk menentukan kapan sepeda motor akan diantar ke rumah Anda.

Posting Komentar untuk "Beberapa Tips Membeli Motor Baru agar tidak ditipu"