Apa itu rekening koran, Berikut jawabannya dan cara pengajuannya

Ilustrasi rekening koran

Apa itu rekening koran, Berikut jawabannya dan cara pengajuannya- mendengar istilah perbankan rekening bank. Rekening giro mungkin diperlukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja atau untuk mendapatkan visa di luar negeri. 

  Apa sebenarnya tujuan dan manfaat rekening giro? Bagaimana cara mengirimkannya ke bank? Yuk, simak penjelasannya. Bingung Mencari produk kredit tanpa agunan terbaik? Cermat punya solusinya! 

 Apa itu rekening giro? 

 Tahukah anda bahwa current account merupakan istilah Belanda yaitu courant. Pengertian rekening giro adalah ringkasan jumlah transaksi keuangan dalam suatu rekening, yang dapat berupa rekening milik perorangan atau rekening milik badan usaha. 

 Rincian giro tercetak adalah rincian aliran debit dan kredit, termasuk dana yang diterima melalui transfer masuk atau keluar. Sebelum kemajuan teknologi seperti saat ini, nasabah hanya bisa mengecek semua informasi transaksi rekeningnya dari rekening giro mereka. Setiap kebijakan atau sistem bank untuk pencetakan atau pelaporan rekening dapat berbeda-beda.  

 Ada yang rutin memberikan atau mengirimkannya ke klien tanpa diminta, namun ada juga klien yang harus melalui proses lamaran sebelum menerimanya. Terkadang Anda harus menunggu sedikit untuk proses pengiriman. Karena customer service bank biasanya meminta persetujuan terlebih dahulu dari pejabat senior bank atau atasannya. Namun kini nasabah dapat mengakses transaksi keuangan dengan menggunakan sistem online. Nasabah dapat melihat seluruh daftar mulai dari transaksi hingga mutasi rekening melalui mobile app, website bank atau ATM. 

 Meski permintaan percetakan koran sudah mulai berkurang, namun masih ada yang membutuhkan. Ini karena rekening giro memiliki banyak kegunaan bagi pelanggan. Apakah mereka? Sasaran Akun Saat Ini

 Menggunakan akun saat ini 

 • Permohonan visa 

 Jika Anda ingin berlibur atau bekerja di luar negeri, beberapa negara memerlukan visa. Saat ini, akun saat ini berperan. 

 Jika Anda ingin mengajukan visa, Anda harus dapat membuktikan bahwa Anda memiliki cukup uang untuk menghindari terjebak di negara tujuan. Secara umum persyaratan yang dipersyaratkan meliputi berbagai dokumen yang dianggap mampu memberikan informasi dan menggambarkan status ekonomi seseorang. 

 Misalnya Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) 21, kuitansi gaji, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan daftar riwayat transaksi 3 atau 6 bulan terakhir, yang bisa Anda dapatkan dengan mencetak rekening bank.

 • Mengetahui ringkasan transaksi 

 Fungsi rekening giro pada dasarnya sama dengan rekening tabungan yaitu menunjukkan transaksi dalam jangka waktu tertentu (biasanya 3 bulan). Informasi saldo giro awal bulan, arus debet-kredit, bunga bank dan biaya administrasi. 

 Keunggulan rekening giro adalah tidak hanya berisi tanggal dan waktu seperti buku tabungan, tetapi juga pesan dan detail lain yang menyertai transaksi. 

 • Ambil bukti hukum 

 Memang benar bahwa rekening giro dapat menjadi bukti hukum yang sah jika Anda berselisih dengan pihak lain atas pengalihan rekening. 

 Misalnya, jika Anda yakin telah mengirimkan uang untuk membayar pesanan dari toko online, tetapi penjual tidak mengirimkan uang atas nama akun Anda, sehingga pesanan Anda tidak dapat diproses. Kemudian rekening giro dapat membuktikannya. 

  • Mengajukan pinjaman 

 Jika Anda membutuhkan uang dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA), atau kredit mobil (KKB), pihak bank pasti akan menanyakan riwayat keuangan. transaksi. . Misalnya, fotokopi rekening bank. 

 Laporan bank juga dapat digunakan sebagai bukti ketika Anda mengirim atau membuat permintaan tertentu (biasanya terkait keuangan) untuk membuktikan bahwa rekening Anda mengalir dengan baik. Ini wajib jika Anda bukan karyawan perusahaan.

 • Berpartisipasi dalam lelang 

 Mereka yang tertarik untuk berpartisipasi dalam lelang juga akan dimintai rekening giro. Terutama lelang proyek swasta atau negara. 

 Peserta lelang harus membuktikan kepemilikan uang dengan menunjukkan saldo rekeningnya. Jangan lupa lampirkan rekening bank pada dokumen tender. 

 • Audit perusahaan 

 Sebagai sebuah bisnis, mengendalikan akun sangatlah penting. Tujuan dari rekening giro bisnis ini adalah untuk mengumpulkan ringkasan transaksi masuk dan keluar. Sehingga jika ada yang tidak wajar pada transaksi merchant account, bisa segera ditangani.  

 Mencetak akun hanya bisa memakan waktu singkat, bahkan bisa memakan waktu beberapa menit. Anda dapat mengajukan rekening giro di cabang bank terdekat. 

 Jika Anda beruntung dan pejabat tinggi bank hadir, layanan pelanggan dapat menerbitkan rekening giro dalam waktu singkat. Biasanya membutuhkan tanda tangan pejabat bank senior saat dikeluarkan. Secara umum, cap atau cap pos atau legalisasi dari masing-masing bank diperlukan untuk giro tersebut. 

 Persyaratan untuk mendapatkan akun saat ini 

 • Buku tiket asli 

 Untuk mencetak rekening giro, nasabah harus datang sendiri dengan membawa buku aslinya. Informasikan kepada petugas customer service bahwa Anda ingin mencetak rekening giro dan tujuannya dengan mengirimkan buku paspor asli.  

 • Kartu Identitas (KTP) 

 Petugas bank kemudian akan meminta ID Anda untuk mencocokkan identitas Anda di buku paspor. Jadi bawa KTP atau tanda pengenal lainnya seperti paspor atau surat izin mengemudi (SIM) jika tidak bisa menunjukkan KTP. 

  • Kartu kredit 

 Ketentuan lain dari kartu pembayaran. Customer service meminta nasabah menunjukkan rekening bank dan kartu debit sebagai bukti kepemilikan nasabah. 

 Jangan lupa untuk membawa kartu bank Anda saat mencetak pernyataan, karena jika Anda tidak membawanya, staf tidak akan dapat mencetak pernyataan permintaan Anda. 

 • Biaya pencetakan 

 Biaya cetak giro sangat bervariasi tergantung kebijakan masing-masing bank. Misalnya: 

 • Bank BCA: Rp 2500 per saham. 

 • Bank CIMB Niaga: Rp3.500 per saham. 

 • Bank Permata: Dari Rp 3.500 per saham. 

 • Bank Mandiri: Rp2.500 per saham (transaksi dalam 3 bulan terakhir), Rp5.000 per saham (transaksi > 3-6 bulan), hingga Rp20.000 (transaksi di atas 12 bulan).  

 • Bank BNI: 3.000 hingga 10.000 rubel per saham. • Bank BRI: Dari Rp 5.000 per saham. 

 Periksa dan cetak rekening giro melalui bank internet

 Cetak laporan rekening menggunakan Internet Banking 

 Anda juga dapat melakukan pengecekan dan download atau upload transaksi keuangan bank (giro) secara online yaitu melalui internet atau mobile banking. Tentunya cara ini memudahkan Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot pergi ke cabang bank untuk mengecek atau mencetak tagihan. 

 BCA, BRI, BNI dan Mandiri memberikan kemudahan akses kepada nasabahnya untuk mendapatkan mutasi rekening, mencetak buku atau mencetak laporan transaksi secara online. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan salinan laporan bank dan mencetaknya jika diperlukan. Namun, jika perlu mencetak bank statement dengan stempel bank, harus diisi langsung di kantor yang bersangkutan. 

 • Pencetakan laporan elektronik dari BCA 

 • Masuk ke KlikBCA.com.  

 • Pilih menu "e-Sament". 

 • Pilih akun Anda. 

 • Tentukan periode pelaporan dari transaksi keuangan yang diinginkan.

 • Klik unduh/unggah. 

 • Laporan mutasi rekening (dalam format pdf) secara otomatis siap diunduh. 

 • Cara mencetak rekening bank BRI 

Posting Komentar untuk "Apa itu rekening koran, Berikut jawabannya dan cara pengajuannya"