Apa akibatnya bila ganti oli mobil tidak rutin

oli
Pentingnya ganti oli rutin pada mobil agar tidak terdapat masalah

Apa akibatnya bila ganti oli mobil tidak rutin- Mengganti oli penting untuk menjaga kondisi kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil. Namun, ternyata sebagian orang  sering mengabaikan atau menundanya. 

 Padahal, jika kita tidak  mengikuti jadwal ganti oli mobil, bisa berbahaya bagi kendaraan yang Anda kendarai. Apa akibat buruk dari tidak rutin mengganti oli mobil? Berikut  daftarnya: 

 Suara dan getaran mesin 

 Disebutkan di atas bahwa oli memiliki fungsi sebagai pelumas.  Jika tidak diganti, oli akan mengental dan mesin akan mengering. Ini meningkatkan gesekan di mesin. 

 Ini menimbulkan kebisingan dan getaran pada mesin, yang membuat berkendara menjadi tidak nyaman. 

 Performa mesin menurun 

 Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin. 

  Jika tidak diganti, mesin akan kosong. Selain  kering, minyak mengandung kotoran yang menyebabkannya mengental. 

 Sehingga  pelumas tidak  bekerja dengan baik. Jika mesin tidak dilumasi dengan baik,  kinerja mesin akan  lebih sulit. Karena ada lebih banyak gesekan di  mesin. Ini merusak bagian dalam mesin  dan mengurangi kinerja mesin.

 Kehidupan mesin sangat singkat

 Setiap mesin kendaraan, termasuk mobil, memiliki umur. Semakin sering Anda merawatnya, usianya bisa mencapai batas maksimal. Salah satu prosedur perawatan rutin adalah  mengganti oli mesin yang berjalan setiap hari. 

 Penggantian oli yang jarang mempersingkat masa pakai mesin.  Jika Anda berharap untuk menggunakan mobil tersebut maksimal lima tahun, mesin akan mudah rusak dalam waktu tiga tahun.

 Mesin cepat panas 

 Oli memiliki fungsi yang berbeda dengan sebagai pelumas yaitu sebagai pendingin. Jika oli tidak diganti secara teratur, mesin akan  lebih cepat panas atau kepanasan. 

 Jika dibiarkan akan merusak mesin. Kerusakan akibat overheating sangat fatal. Karena dapat mempengaruhi semua bagian mesin.  Jika mesin rusak, itu menghancurkan mesin.  

 Mesin kendaraan  rusak 

 Oli berperan sangat penting dalam menjaga mesin tetap  dingin dan juga dapat mengurangi gesekan antar bagian logam. Jika Anda tidak mengganti oli secara teratur, suhu mesin dapat naik dan menyebabkan kerusakan serius pada mesin. 

 Konsumsi bahan bakar  lebih tinggi 

 Oli yang sudah lama tidak diganti  menjadi  kotor dan kental yang dapat membuat mesin sulit untuk bekerja. Akibatnya, mesin mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar, yang dapat mengurangi efisiensi bahan bakar  mobil Anda.

  Emisi  lebih tinggi 

 Oli yang kotor pada mesin setiap saat justru dapat merusak sistem pembuangan dan  menyebabkan emisi yang lebih tinggi. 

 Ini dapat menyebabkan kendaraan Anda gagal dalam uji emisi,  memaksa Anda untuk segera menerima perbaikan. Itulah beberapa akibat tidak mengganti oli mesin mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa akibatnya bila ganti oli mobil tidak rutin"