3 Hal penyebab lampu mundur mobil diesel mati

diesel
Ilustrasi lampu belakang mobil mati

3 Hal penyebab lampu mundur mobil diesel mati- Pada mobil diesel, lampu mundur tidak padam hanya karena bohlam padam. Bisa juga 3 hal ini yang menjadi penyebab lampu mundur pada mobil diesel padam. 

 Lampu mundur ini memiliki fungsi yang penting, selain sebagai pemberi isyarat bagi kendaraan lain juga berfungsi sPebagai penerangan pada saat mundur, oleh karena itu lampu mundur berwarna putih. 

  Lampu mundur menyala saat kunci kontak mobil menyala atau mesin hidup dan tuas persneling berada di posisi R (mundur). 

 Nah bagi yang mengalami lampu mundur mobil padam, simak beberapa penyebabnya.  

 1. Periksa perlindungan lampu latar 

 Sebelum membuang bola lampu yang terbakar, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba memeriksa perlindungan lampu depan mobil. Biasanya kode huruf IG atau Belakang tertera pada penutup kotak sekring sekring api mundur ini. 

 “Sebelum mengecek bola lampu, cek dulu sekringnya, biasanya hanya sekring lampu mundur yang putus,” kata Fajar Rudi dari Sangiang Auto Body Shop Tangerang. 

 Lepas dan amati perlindungannya. Jika sekring putus, gantilah dengan yang baru, tetapi jika tidak, bukan sekringnya. 

 2. Periksa bola lampu terbalik 

 Jika sekring bohlam tidak putus, opsi selanjutnya adalah mengecek kondisi lampu mundur belakang. Tanda lampu pecah biasanya kaca lampu menghitam. 

  Jika rusak, ganti bohlam dengan lampu mundur mobil baru, tetapi ingat untuk mengenali model lampu bohlam mobil terlebih dahulu. Baik model bohlam T20 maupun model bohlam bulat yang sering disebut bayonet. 

  3. Periksa sakelar dan soket 

 Jika sekeringnya bagus dan bohlamnya juga bagus, periksa sakelar dan soket lampu mundur. 

 “Biasanya kabel soket digerogoti tikus karena diletakkan di atas girboks di ruang mesin atau swit putus, jika swit tidak mendapat daya maka swit harus diganti,” kata Fajar Rudi. Bengkel otomotif di Sangiang Tangerang. 

 Saklar lampu mundur ini juga sering disebut Atret, Soket dan Saklar Atret, tergantung jenis dan tipe mobilnya, Anda bisa menemukannya di toko online atau toko sparepart.

Posting Komentar untuk "3 Hal penyebab lampu mundur mobil diesel mati"