Header Ads

Fitur Utama Lightroom CC Saat Ini Lebih Disesuaikan Untuk Pemula

 Fitur Utama Lightroom CC Saat Ini Lebih Disesuaikan Untuk Pemula - Seperti kebanyakan perangkat lunak pengeditan tingkat lanjut saat ini, Lightroom CC juga tidak merusak. Ini berarti file gambar asli Anda tidak diubah selama proses pengeditan. Perubahan yang dilakukan pada gambar disimpan secara terpisah, dalam kasus Lightroom CC ke cloud.

Anda dapat kembali ke gambar asli atau melakukan pengeditan baru kapan saja selama pengeditan. Antarmuka pengguna Lightroom CC bersih dan responsif, sangat berbeda dengan versi Klasik. Ini memiliki tiga segmen utama: Rumah, Perpustakaan, dan Berbagi.

Dari jumlah tersebut, saya belum menemukan banyak kegunaan untuk panel Beranda. Ini hanya ringkasan dari apa yang Anda edit baru-baru ini, dan juga memiliki video tutorial dan tur terpandu dari perangkat lunak. Sayangnya, saya tidak menemukan cara untuk mematikan ini.

Sepertinya Lightroom CC saat ini lebih disesuaikan untuk pemula, meskipun fungsinya memungkinkan sebaliknya. Ini juga terlihat dalam versi ponsel cerdas, di mana tiga perempat bilah bawah ditempati oleh fungsi terkait non-pengeditan.

Panel Library adalah tempat semua tindakan terjadi. Anda akan menemukan gambar yang diimpor di sini, serta opsi pengeditan Anda. Anda dapat membuat album dan filter untuk pengelolaan yang lebih baik.

Panel Berbagi memiliki semua album dan gambar yang Anda bagikan. Dalam hal pintasan, Lightroom CC hampir identik dengan Lightroom Classic. Jika Anda terbiasa dengan Lightroom Classic, perangkat pengeditan dasar akan sangat familier. Anda memiliki alat yang sama dalam pengelompokan serupa, yaitu sebagai berikut:

  1. Cahaya (Eksposur, Kontras, Sorotan, Bayangan, Putih, Hitam, Kurva).
  2. Warna (Suhu, Rona, Getaran, Saturasi, mixer HSL dengan pemilihan warna).
  3. Efek (Tekstur, Kejelasan, Dehaze, Vinyet , Butir, Split Toning tanpa pemilihan warna).
  4. Detail (Pilihan Sharpening +, Noise Reduction + options, Color Noise Reduction + options)
  5. Optik (Chromatic Aberration + Defringe options, Lens Corrections, Geometry).

Anda dapat memotong dan memutar gambar Anda dengan alat potong. Alat ini memungkinkan Anda menyetel rasio aspek tertentu, tetapi Anda tidak dapat memasukkan rasio khusus. Penyesuaian lokal yang terkenal (radial, bertahap, dan sikat) juga tersedia, begitu pula alat penyembuhan dan kloning.

Menu Kalibrasi tidak ada, tetapi Anda dapat memilih dan mengimpor profil. Secara default, profil warna standar Adobe sendiri dipilih. Jika Anda memiliki kamera yang didukung (pada dasarnya semua model DSLR, mirrorless, dan point-and-shoot canggih yang ada di pasaran), Anda juga dapat memilih profil yang cocok dengan kamera. Ini sama seperti jika Anda memilih profil di kamera.


Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.