Header Ads

Bagus Blog apa Wordpress, inilah penjelasannya

 Mungkin kalian bertanya-tanya, bagus mana sih kedua blog ini? Secara kedua blog ini sama-sama terkenal dan sama-sama banyak penggunanya.

Mungkin juga masih menjadi perdebatan mana yang bagus antara Blog apa Wordpress, kalau kalian tim mana? 

Sebelumnya udah dibahas tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing keduanya. Tapi sekarang apa bedanya pembahasan yang kemarin dengan yang sekarang?

Perbedaannya adalah, pembahasan yang dibahas adalah bagus yang mana? Wordpress atau Blog?


SAMA-SAMA BAGUS

Keduanya ini sendiri sama-sama bagus tergantung penggunanya sendiri, apakah merasa nyaman dengan fitur-fitur yang ada atau merasa ahli dalam pemakaiannya.

Mungkin kalian sendiri udah tau kan kalau Blog sendiri dikembangkan oleh Google, sedangkan Wordpress adalah konten yang saat ini sedang menguasai Sistem Manajemen Konten (CMS) sekarang?

Nah, kali ini kita bakalan kupas secara tuntas tentang mana yang paling bagus. Wordpress atau Blog.


WORDPRESS

Wordpress sendiri punya 2 tipe, pertama ada yang Wordpress.com, dan juga Wordpress.org. Tergantung kebutuhan.

Tapi, yang paling sering dibicarakan adalah Wordpress versi Self-Hosted, artinya apa? Platform ini bisa diinstal gratis dan gak pakai bayar.

Wordpress memiliki banyak fitur-fitur yang begitu mendukung user pemula, salah satunya di bagian editor.

Editor Wordpress lebih menyediakan banyak opsi yang lebih lengkap dibandingkan dengan apa yang ada di blog.

Biasanya, kalau Wordpress ingin melakukan update, notifikasinya akan menyala secara otomatis tanpa harus mengecek langsung di toko pembelian.

Dari segi performa, semua orang mungkin sepakat bahwa Wordpress memiliki waktu loading yang cukup cepat. 

Akan tetapi, Wordpress juga punya kekurangan yang sangat bikin jantung kita berdebar-debar (bukan jatuh cinta). Kenapa ya?

Udah jadi rahasia umum kalau Wordpress adalah situs yang selalu jadi inceran para hacker. Kenapa bisa gitu? Wordpress itu Open Source!

Apa  ada solusinya? Jelas ada! Wordpress nyediain provider web hosting yang ngebikin keamanan website kalian bakalan menjadi lebih sulit ditembus oleh hacker, sekalipun pakai jarum pentul!

Dan juga, Wordpress sendiri lebih fleksibel terhadap kemauan pengguna ketimbang Blog. Terlebih dalam hal tampilan.

Wordpress nyediain pilihan tampilan yang gratis, maupun yang premium di toko mereka. Jadi, kalian bisa memilih semau-maunya kalian aja.


BLOG

Blog dari dulu emang selalu dikenal sebagai platform yang user-friendly banget. 

Sama halnya dengan Wordpress, Blog sendiri dikenal ramah terhadap pengguna pemula.

Buat yang ahli dalam coding web pakai HTML, disini kalian bisa menggunakan keahlian itu kalau-kalau blog kalian memerlukan maintenance.

Keunggulan lain dari blog adalah udah pasti Google Adsense. Memasang Google Adsense disini jauh lebih mudah ketimbang di Wordpress

Karena Wordpress membutuhkan script code sendiri buat memasangnya.

Tema yang dipakai oleh Blog pun juga sangat simpel. Tapi, kalau kalian ingin memodifikasi tema, penggunaan HTML sangat diperlukan. 

Sayangnya, tema yang tersedia pun sangat sedikit. Itu sangat memungkinkan pengguna lain memiliki desain tampilan website yang sama dengan punya kalian.

Kalau ditanya soal keamanan, Blog lebih aman dari Wordpress kenapa bisa gitu? Karena Blog sendiri berada dibawah naungan Google, otomatis keamanan yang didapatkan juga berasal dari Google.

Tapi sayangnya, kalian gak bisa ngubah peraturan keamanan default disini.


KESIMPULAN

Jadi, kesimpulannya adalah. Teman-teman bisa memilih sendiri mana yang teman-teman sukai. Blog atau Wordpress? Saya pribadi pakai Wordpress sebagai website pribadi saya.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.