Header Ads

Wajib Tau! Kekurangan serta Kelebihan Wordpress dan Blogspot

 Apakah anda seorang penulis konten? Anda jelas butuh sebuah wadah untuk menyimpan konten anda. Tapi kadang, masih banyak orang yang bingung, mau diupload dimana ya?

Mungkin anda sendiri udah tahu bahwa ada situs website pribadi yang udah disediain buat mengakomodir hasil tulisan anda, yaitu Wordpress dan Blogspot

Apa itu Wordpress?

Wordpress adalah sebuah aplikasi web berbasis sistem manajemen konten (CMS) yang memungkinkan penggunanya (author) buat ngeluarin konten tanpa perlu jago didalam urusan teknis

Apa itu Blogspot?

Blogspot merupakan aplikasi web yang sama seperti wordpress. Hanya saja, anda sendiri mungkin harus menguasai hal-hal teknis tertentu untuk mengonfigurasi blog ini.

Wordpress & Blogspot sendiri sama-sama digemari oleh banyak orang, terutama yang memiliki bakat di bidang kepenulisan. Namun, jika anda masih bingung, berikut kekurangan serta kelebihan Wordpress & Blogspot

KELEBIHAN WORDPRESS

Tampilan

Buat teman-teman yang memilih Wordpress, dan pemula. Kalian gak perlu bingung soal pengaturan template karena tampilan Wordpress cenderung mudah di utak-atik.

Wordpress sendiri menyediakan tema-tema yang free untuk user pemula dan juga tema premium untuk mereka yang sudah ditahap lanjut atau berbayar

Ini memungkinkan semua orang untuk mengombinasikan fitur free dan juga premium ke dalam website yang mereka miliki.

Fitur

Untuk fiturnya sendiri, semuanya udah disediakan dan tinggal di unduh aja. Baik itu free maupun yang premium.

Fleksibilitas

Wordpress itu fleksibel banget. Soalnya, seperti yang udahh dibahas diatas, Wordpress menyediakan fitur-fitur yang bisa digunakan oleh pengguna yang masih terhitung pemula atau udah yang expert di bidang SEO. 

Selain itu, anda juga lebih mudah dalam mengutak-atik web anda saking fleksibelnya Wordpress ini

KEKURANGAN WORDPRESS

KEAMANAN

Wordpress emang punya pengguna yang banyak, tapi karena pengguna yang banyak itulah yang bikin Wordpress jadi rentan diretas oleh hacker.

Solusinya gimana? Perhatikan plugin yang mau anda pasang dengan sangat hati-hati. Semakin rendah ratingnya, lebih baik jangan dipasang.

MONETIZE

Cukup disayangkan, karena kalau anda ingin memasang Google Adsense di Wordpress milik anda. Anda harus memasukkan script code Google Adsense dulu ke dalam website anda.

KECEPATAN

Bukan berlari. Semakin anda menginstall banyak plugin. Wordpress anda akan semakin lelet saat dibuka. 


KELEBIHAN BLOGSPOT

GRATIS

Blogspot sendiri adalah layanan yang gratis. Cocok buat anda anak kost yang gak pengen makan mie terus setiap hari.

FITUR

Karena Blogspot adalah produk keluaran dari Google. Maka fitur yang tersedia pun akan selalu berkaitan dengan produk-produk dari Google juga

Ini tentu akan memudahkan anda dalam melakukan suatu pencarian, juga situs anda akan lebih mudah dicari di Google.

Disamping itu, Blogspot juga terintegrasi dengan Google Adsense. Sangat cocok bila anda ingin mengeruk pundi-pundi uang sebagai seorang blogger

FLEKSIBILITAS

Blogspot sendiri bisa dimodifikasi sesuai dengan kemauan penggunanya. Bisa jadi tempat download, tempat bisnis, personal blog dan lainnya

KEKURANGAN BLOGSPOT

TAMPILAN

Apapun penggunaannya. Blogspot akan selalu muncul di akhir nama website anda. Ini bakalan menimbulkan kesan bahwa anda gak profesional, dan bisnis anda cenderung lambat naiknya.

Disamping itu, template yang ada sangat sedikit sehingga mesti bener-bener bisa membuat sendiri template yang anda inginkan.

PLUGIN

Plugin yang ada pun sangat kurang. Sehingga, memungkinkan terjadinya spam di kolom komentar dan juga backlink yang sangat gak optimal.

KLISE

Tidak seperti Wordpress yang selalu memperbarui semuanya, entah itu sistem dan juga plugin. Sedangkan Blogspot sangat jarang melakukan pembaruan sehingga yang ditawarkan itu-itu saja.

Itulah kekurangan serta kelebihan dari Wordpress dan Blogspot yang bisa dibagikan. Semoga apa yang ditulis dapat bermanfaat dan menjadi pertimbangan platform mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.