Header Ads

Lebih Bagus Blog apa Youtube? Inilah Penjelasannya

 Mungkin beberapa dari kalian udah gak asing lagi dengan Blog dan Youtube. Biasanya, kita ngeliat orang-orang yang dulunya Blogger kini pindah jadi seorang Youtuber.

Seperti Raditya Dika, Gita Savitri dan masih banyak lagi, mereka memiliki alasan tersendiri mengapa mereka memilih Youtube sebagai media pengembangan karir mereka ketimbang Blog.

Blog memang masih digemari, namun kini sekarang kita memasuki dunia dimana semuanya harus terlihat nyata dan juga jelas.

PERTANYAAN BESAR?

Mungkin kalian bertanya-tanya, dimana letak untungnya menjadi seorang blogger, dimana letak untungnya jadi seorang Youtuber? Apa menjadi Youtuber bisa terkenal?

Menurut penulis, kedua media tersebut sama-sama baik, juga punya kekurangan masing-masing. Saya akan jabarkan keuntungan dari kedua platform tersebut, biar kalian sendiri yang bisa menilai perbedaannya:

KEUNTUNGAN YOUTUBE

Berikut ini merupakan keuntungan Youtube:

SARANA BRANDING

Branding adalah aktivitas wajib bagi kalian yang ingin menjual sesuatu, entah itu jasa, bisnis atau hanya sekedar pribadi. 

Orang-orang biasanya lebih bisa mengenal anda lewat konten-konten yang anda buat di Youtube. Lagian, di Youtube kita sendiri bisa lebih bebas dalam mengekspresikan diri.

MUDAH DIKELOLA

Youtube punya algoritma sendiri. Youtube gak seribet Blog yang harus menggunakan HTML, CSS dan optimasi website lainnya. Anda hanya perlu buat video yang bagus.

Jangan hanya bagus, tapi juga layak untuk ditonton karena itu akan menyangkut tentang personal branding anda nantinya.

IKLAN LEBIH BANYAK

Pernah gak sih kalian nemuin iklan di Youtube yang durasinya sampai 15 detik dan gak bisa di skip? Kalau iya, Youtuber tersebut untung banget

MEMANCING SPONSOR

Ya, konten-konten anda bisa memancing sponsor buat ngesponsorin konten yang kalian buat. Entah itu komedi, atau review gadget.

KEUNTUNGAN BLOG

Kalau tadi kita ngebahas tentang Youtube. Sekarang kita ngebahas tentang Blog. Berikut ini adalah keuntungan blog:

MENGASAH SKILL MENULIS

Blog sendiri isinya adalah tentang tulisan. Buat kalian yang sangat ingin jadi penulis, maka anda harusnya memilih blog sebagai sarana anda.

Bukan gak mungkin kalau hasil tulisan kalian bakalan di muat di sosial media lainnya.

PROSES YANG MUDAH

Ya, seperti apa yang dibilang diatas. Anda hanya perlu skill menulis biar bisa survive di blog. Anda tidak perlu jaringan internet yang super kencang biar bisa upload di blog.

Jika Youtube memerlukan waktu upload yang sangat gak sebentar, Blog sendiri gak perlu nunggu lama buat proses upload konten ke website. Cocok buat kalian yang gak sabaran.

HEMAT WAKTU

Hemat waktu disini adalah. Jika kita memulai menulis sebuah artikel, maka kita bisa membuatnya kapan aja tanpa perlu dipaksa.

Sedangkan Youtube sendiri, anda perlu tempat, perlu kamera, perlu mic buat ngevlog dan sebagainya. Kalaupun diluar lagi hujan, anda gak bakalan repot karena anda membuat hasil tulisan anda dirumah.

Kalian gak perlu makeup dulu kalau mau nulis, cukup nyalakan laptop, kopi, senja, dan jadilah anda anak indie.

Yang repot itu, kalau udah tau hujan, terus kalian malah mandi hujan sama laptop-laptopnya.

TIDAK DIKEJAR-KEJAR

Dalam artiannya gini. Kalau di Youtube, mungkin kalau kalian rajin cek kolom komentar seorang Youtuber. Pasti isinya gak jauh-jauh dari “Bang, konten Debat Kusir mana bang?”

Atau gini “Bang, upload lagi dong bang” Emang ada gunanya, itu bisa bikin kalian jadi produktif. Tapi kan, kalian perlu tidur sama bersosialisasi di dunia nyata. 

KESIMPULAN

Ya pada intinya, kalian bisa menyimpulkan sendiri mana yang lebih cocok buat teman-teman. Karena, gak ada yang gak mungkin kalau kita mau belajar dan berusaha. Tidur aja perlu pejam kok.

Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.