Header Ads

Inilah Tutorial Pemeliharaan Aquarium untuk Para Pecinta Ikan Hias

 Inilah Tutorial Pemeliharaan Aquarium untuk Para Pecinta Ikan Hias - Selama masa pandemi, segala aktivitas dilakukan di dalam rumah. Tentu saja terlalu lama di rumah membuat jenuh, sehingga perlu untuk melakukan beberapa hal agar dapat meredam stres serta menambah aktivitas baru. Begitupun dengan memelihara ikan hias.

Salah satu kegiatan ini cukup booming dan banyak digandrungi belakangan sejak masa pandemi. Akan tetapi dalam perawatannya, perlu kehati-hatian dan rutin serta rajin agar dapat memelihara akuarium tetap bersih dan nyaman untuk ikan.


Berikut adalah tutorial pemeliharaan akuarium yang dapat Anda lakukan setiap harinya.

Pemberian Pakan 

Lakukan pemberian pakan sebanyak 2 kali dalam sehari, dengan takaran yang disesuaikan berdasarkan jenis ikan hias. Apalagi untuk jenis ikan hias yang cukup besar.

Pemeriksaan Kondisi Ikan

Anda pun perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap penghuni akuarium setiap. Apabila terdapat ikan yang nampak kurang sehat, maka anda harus segera Untuk memindahkan serta memisahkannya ke tempat lain.

Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pengobatan ikan hias serta untuk mencegah penularan terhadap ikan yang lainnya. 

Tutorial pemeliharaan akuarium selanjutnya dapat dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan terhadap ikan yang akan memijah. 

Jika didapati ikan yang akan memijah, segera pindahkan ikan ke akuarium pemijahan ataupun pada tempat lain yang tak disiapkan. Apabila Anda menemukan ikan burayak, segera pindahkan ke tempat yang berbeda dan khusus, karena beberapa jenis ikan memiliki sifat kanibal yang akan memangsa ikan yang lebih kecil seperti burayak.

Perhatikan Temperatur

Perhatikan pola temperatur aquarium harus tetap dalam keadaan ideal salah satunya adalah memeriksa temperatur suhu pada air dengan menggunakan termometer yang biasa digunakan untuk tubuh.

Matikan lampu pada malam hari, karena pencahayaan lampu yang terlalu berlebihan akan membuat ikan tidak nyaman. Selain itu, cahaya lampu pun dapat meningkatkan suhu pada aquarium. Nyalakan lampu tidak lebih dari 8 jam, Jika tanpa tanaman  hidup di dalamnya. 

Namun, apabila terdapat tanaman hidup di dalamnya, maksimal penyinaran dapat ditambah menjadi 10 hingga 13 jam agar dapat membantu tanaman berfotosintesis.

Itulah beberapa tutorial pemeliharaan akuarium untuk dilakukan setiap hari agar dapat memelihara ikan dengan baik.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.