Header Ads

Inilah 5 Keunikan Tradisi Budaya Indonesia

 Sudah tahu kan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya ? Ya, ternyata Indonesia tidak hanya kaya dengan keberagaman kulinernya saja, melainkan tradisi budayanya pun sangat beragam yang penuh dengan keunikan. 

Indonesia memiliki nilai budaya yang sangat kental dan makna mendalam. Bahkan tiap-tiap daerah memiliki keunikan tradisi sendiri. Penasaran bukan apa saja tradisi unik budaya Indonesia ? Yuk, simak berikut ini 5 keunikan tradisi budaya Indonesia!

1. Rambu Solo

Pernah mendengar tradisi pemakaman Tana Toraja ? Ya, Rambu Solo namanya. Merupakan upacara pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat Toraja untuk mengantarkan arwah yang telah meninggal menuju alam roh untuk kembali kepada leluhur mereka. Tradisi yang mereka gelar ini memiliki serangkaian prosesi yang menghabiskan biaya ratusan juta hingga miliaran rupiah.



2. Upacara Seren Taun

Masyarakat Sunda menggelar upacara Seren Taun yang dianggap sebagai tradisi turun temurun. Konon, Seren Taun ini telah dimulai sejak masa kerajaan Padjajaran, dan setiap tanggal 22 Bulan Rayagung mereka menggelar upacara tersebut. Hal ini sebagai perwujudan rasa syukur mereka akan hasil panen selama satu tahun. Sebab, mereka meyakini jika musim panen telah usai, tanah memerlukan proses pemulihan untuk mencapai keseimbangan dan keselarasan alam. Inilah yang menjadi dasar mengapa upacara Seren Taun diadakan setiap tahun.


3. Upacara Yadya Kasada

Upacara Yadya Kasada di Gunung Bromo adalah  tradisi budaya Indonesia yang terbilang unik. Ritual adat ini digelar oleh masyarakat Tengger setiap bulan Kasada di hari ke-14 pada penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger. Yadya Kadasa diadakan sebagai bentuk syukur denga cara mempersembahkan sesajen kepada Sang Hyang Widhi di Pura Luhur Poten, serta melarung hasil bumi berupa hasil pertanian dan ternak di puncak gunung Bromo.


4. Peringatan Malam 1 Suro

Keunikan tradisi budaya Indonesia berikutnya adalah peringatan Malam 1 Suro yang digelar di Solo. Malam 1 Suro dianggap sakral dengan melakukan tradisi yang diramaikan oleh rombongan masyarakat, sajian tumpeng dan diiringi doa dengan tujuan menambah berkah serta menangkal marabahaya.


5. Hajat Sasih

Keunikan tradisi budaya Indonesia yang terakhir adalah Hajat Sasih yang digelar oleh masyarakat Kampung Naga. Tradisi ini dilakukan bertujuan untuk memohon keberkahan kepada leluhur serta sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta. Hajat Sasih digelar dengan cara bebersih di sungai Ciwulan, berziarah ke makam leluhur, shalat berjamaah, lalu menikmati tumpeng yang telah disediakan sebagai wujud rasa syukur mereka karena upacara berjalan dengan lancar.

Itulah dia kelima tradisi budaya Indonesia yang terbilang cukup unik. Semoga artikel ini menambah wawasan anda ya!

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.