Header Ads

Fakta Fenomena Alam yang Menggegerkan di Tahun 2020

 Fenomena alam merupakan salah satu kejadian yang terjadi secara tiba-tiba bahkan hampir di luar nalar manusia. Menyikapi hal tersebut perlu pembuktian scientific yang akurat agar dapat diterima secara logika oleh masyarakat.

Baru-baru ini cuma muncul beberapa fenomena alam yang sempat menggegerkan di tahun 2020 ini melalui rekaman video yang diunggah ke dunia maya. Berikut adalah beberapa fakta fenomena alam yang sempat menggegerkan di tahun 2020.


Suara Dentuman di Beberapa Wilayah

11 Mei 2020, pengguna Twitter yang berdomisili di Jawa tengah sempat dihebohkan dengan munculnya suara dentuman yang mengudara dengan suara yang cukup keras. Tidak hanya itu,  11 April 2020, wilayah Jabodetabek pun digemparkan dengan suara dentuman setara dengan suara letusan gunung api.

Beberapa orang pun berspekulasi bahwa kejadian tersebut merupakan tanda-tanda dari letusan gunung atau gempa dahsyat. Namun dari hasil analisa, suara dentuman yang terjadi di Jawa tengah merupakan kemungkinan dari adanya Sonic boom dari pesawat jet.

Sedangkan fakta fenomena alam soal dentuman yang terjadi di daerah Jabodetabek, merupakan suara hujan dan petir yang terjadi di Gunung Salak dan Gunung Gede hal tersebut diperoleh dari hasil pengamatan di kedua pos pengamatan gunung tersebut.

Asteroid Melewati Bumi

8 Mei 2020 sekitar pukul 17.55 WIB. Asteroid melewati bumi dengan jenis asteroid 2020 HC6 dan melintas di dekat bumi. Hal ini pun diungkapkan oleh NASA, dengan ukuran sekitar 27 hingga 59 meter asteroid tersebut melewati bumi dengan kecepatan 6,05 km per detik.

Meteor jatuh di Surabaya

Suara dentuman yang terjadi di daerah Jawa tengah pun sempat dihubung-hubungkan dengan jatuhnya meteor di daerah Surabaya. Namun pada faktanya, LAPAN setelah memastikan bahwa kabar tersebut merupakan berita hoax. Sedangkan video yang telah beredar merupakan video yang dikirim atau disebar ulang di beberapa wilayah.

Itulah beberapa fakta fenomena alam yang belakangan telah membuat geger dan memunculkan beberapa asumsi yang ternyata merupakan berita hoax.

Sebagai warga dan pengguna sosial media,  lebih baik untuk lebih dapat menyaring terlebih dahulu segala sesuatu sebelum mempercayainya.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.