Header Ads

Kenali 6 jenis Layar pada Smartphone saat ini, Jangan salah pilih

 Selamat datang di blog ane guys. Blog yang membahas berbagai macam artikel tutorial dan informasi yang bermanfaat :)

Sesuai dengan judulnya, kali ini admin ingin memberikan informasi penting untuk anda semua, agar anda nantinya tidak salah memilih smartphone yang anda inginkan.


Kenapa sih layar adalah bagian terpenting di smartphone? Hayooo kenapa , karena layar adalah bagian yang berinteraksi dengan perangkat lunak dan melakukan berbagai hal sesuai dengan keinginan penggunanya.

Sejauh ini, seiring berjalannya waktu dan majunya dunia teknologi, layar smartphone sudah berkembang dan memiliki banyak tipe. Dan dibawah ini adalah 6 tipe layar yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber.

1. TFT LCD - (Thin Film Transistor Technology)

Tft lcd adalah tipe layar yang sering anda temukan di ponsel saat ini. Kenapa? Karena Tft Lcd memberikan kualitas gambar bagus dan resolusi lebih tinggi dibandingkan layar LCD  sebelumnya. Namun bila kita lihat lebih jauh, dalam cahaya langsung atau sinar matahari layar ini visibilitas sangat buruk.

2. Capacitive Touchscreen LCD

Layar ini memiliki lapisan kaca yang dilapisi dengan konduktor transparan, jadi ketika disentuh oleh jari, layar medan elektrostatis ( yang dapat diukur sebagai perubahan kapasitansi) dan selanjutnya terdeteksi oleh prosesor atau chip selanjutnya akan memberikan intruksi sistem operasi untuk memberikan hal yang pengguna perintahkan.

3. IPS-LCD (in place switching)

Tipe layar ini lebih baik dari versi di no.1, memberikan sudut pandang lebih luas dan konsumsi daya rendah serta menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik. Tipe layar ini jelas lebih mahal dari versi no.1, karenanya hanya terletak pada ponsel kelas menengah ke atas.

4.  OLED (organic light emitting diode)

Kalau ini adalah teknologi layar terbaru. Mengenai layar OLED, disini anda akan menemukan bahan organik yang ditempatkan diantara dua lembar konduktor, yang juga ditempatkan diantara pelat atas kaca dan pelat bawah kaca.

5. AMOLET (active matrix organic light emitting diode)

Layar amolet ini berbeda dengan layar oled, layar amolet ini dengan cepat mendapatkan popularitas di segmen ponsel kelas atas. Layar ini dapat menunjukkan kepada kita banyak hal yang bisa di dapatkan seperti reproduksi warna yang cemerlang, lebih terang, masa pakai baterai yang awet, kecerahan yang sesuai dan warna hitam yang lebih pekat.

6. Super AMOLET

layar ini saat ini hanya tersedia di ponsel Samsung dan semoga kedepannya banyak ponsel yang menggunakan layar jenis ini. Layar ini dibuat dengan sensor sentuh yang ditempatkan pada layar itu sendiri. Ini menjadikan jenis layar ini sebagai teknologi layar tertipis di pasaran.


Nah itulah 6 tipe layar pada Smartphone saat ini. Semua layar tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi jangan sampai salah pilih yah :)

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.