Header Ads

Cara Mengenal Diri Lebih Dalam dengan Menjawab 7 Pertanyaan


Cara Mengenal Diri Sendiri – Hal yang paling sulit untuk dilakukan manusia adalah mengenal dirinya sendiri. Manusia memang mudah mengenal orang lain, tetapi cenderung sulit jika harus disuruh mengenal dirinya sendiri.

Tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenal diri sendiri. Salah satunya adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri.
Biasanya, pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan-pertanyaan sederhana tetapi memiliki makna yang cukup dalam. Seperti apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut? Berikut ulasannya:

1. Apa yang Anda Suka?

Tanyakan ini kepada diri Anda sendiri.
Sebenarnya apa hal yang paling Anda sukai di muka bumi ini? Manusia memiliki kesenangannya sendiri. Tetapi ada beberapa manusia yang harus menekan kesenangannya sendiri demi orang lain. Bahkan ada orang yang tidak sadar bahwa dia menyukai sesuatu karena dia justru tidak pernah menanyakan kepada dirinya sendiri tentang kesenangan pribadi itu.
Luangkan waktu untuk menjawab pertanyaan ini. Karena manusia yang mampu mengatakan bahwa saya menyukai hal ini dan hal itu adalah manusia yang lebih mengenal dirinya sendiri. Renungkanlah hal ini sebentar saja, agar Anda mampu menjadi diri sendiri tanpa dipengaruhi oleh orang lain.

2. Apa yang Tidak Anda Sukai?

Selain jarang mengetahui kesukaan, manusia biasanya juga cenderung tidak mengetahui apa yang tidak dia sukai. Bahkan terkadang hal itu dilakukan karena memenuhi ekspetasi orang lain. Jika ini terjadi, belajarlah untuk mengatakan kepada orang lain bahwa Anda tidak menyukai sesuatu itu dan jangan memaksakan diri berada di situasi di mana Anda tidak nyaman di dalamnya. Hal ini tidak termasuk pada kewajiban yang menempel pada manusia, ya.

3. Apa Hal yang Paling Penting Bagi Anda?

Cara mengenal diri sendiri selanjutnya adalah dengan mengajukan pertanyaan ini: apa hal yang paling penting bagi Anda?
Seringkali manusia kehilangan kesempatan berharga hanya karena kurang mampu menetapkan dengan tegas apa yang sebenarnya penting dalam hidup mereka. Manusia yang mampu mengatakan bahwa sesuatu penting bagi hidup mereka adalah manusia yang lebih memahami diri sendiri.

4. Apa Hal yang Anda Kuasai?

Standar hidup manusia biasanya didasarkan oleh peringkat akademik. Ini membuat beberapa talenta anak terpendam.
Untuk menghindari hal ini, penting bagi Anda untuk bertanya pada diri sendiri, sebenarnya apa hal yang paling Anda kuasai? Jangan ragu untuk menjawab pertanyaan ini. Bahkan, jangan menjawab pertanyaan ini hanya berdasarkan pada sekolah atau pekerjaan Anda.
Anda berhak memiliki pendapat yang berbeda dengan apa yang Anda tekuni sekarang. Tidak ada yang salah dengan itu.

5. Anda ingin Menjadi Seperti Apa?

Pertanyaan terakhir yang bisa membuat Anda lebih mengenal diri sendiri. Dalam masa depan Anda, Anda ingin menjadi orang yang seperti apa?
Tidak perlu mengambil standar sosial di masyarakat menjadi standar Anda dalam menjawab pertanyaan ini. Anda cukup menjawab sesuai dengan keinginan Anda dan mengenal diri sendiri dari jawaban yang Anda lontarkan.
Nah, itulah cara mengenal diri sendiri dengan menjawab pertanyaan yang cukup sederhana. Sederhana, tetapi untuk menjawabnya diperlukan perenungan yang cukup panjang dan berpotensi untuk mengenal diri sendiri lebih dalam.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.