Header Ads

Lagu Tertua di Dunia

Lagu Tertua di Dunia –  Banyak orang yang menyukai musik. Industri ini memang telah lama dikenal di dunia dan sudah ada banyak musik yang dihasilkan. Dari yang paling hits sampai musik yang paling tidak dikenal.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kedengarannya musik paling tua di dunia? Nah, berikut kami rangkumkan mengenai lagu tertua di dunia yang bahkan telah ada sebelum masehi.

1. Lagu Tertua di Dunia: Hurriann ke Nikkal

Hurrian ke Nikkal mulai dibuat pada tahun 1400 SM. Dulunya dibuat di daerah Amgar Kanaan Kuno, Ugarit. Sekarang, daerah tersebut dikenal sebagai Suriah Utara. Tidak ada yang mengetahui siapa yang menulis lagu ini.
Lirik lagu dan nadanya tercatat di dalam sebuah batu tulis tua yang terbuat dari tanah liat. Di sana tertulis 36 himne dalam huruf paku dan instruksi bagaimana cara menyanyikan lagu ini.

2. Lagu Tertua di Dunia: Delphic

Jarak antara lagu pertama dan Delphic cukup panjang. Lagu ini diperkirakan telah ada sejak tahun 128 SM, tetapi sebagian berpendapat bahwa himne pertama lagu ini dibuat pada tahun 138 SM. Lagu ini berasal dari Yunani Kuno dan ditulis oleh Athenaios Athenaiou dan Limenios.
Lagu ini diciptakan oleh 2 orang dan masuk ke dalam nyanyian rohani untuk dewa Yunani Kuno. Tepatnya nyanyian yang digunakan untuk Apollo.
Dalam lagu ini, Himne pertama menggunakan notasi vokal, sedangkan bagian kedua menggunakan instrumental.

3. Lagu Tertua di Dunia: Seikilos Epitaph

Lagu ini diperkirakan telah ditulis sejak 100 SM di salah satu kota Yunani Kuno, tepatnya di Tralles (Sekarang dikenal sebagai Turki). Lagu ini ditulis oleh musisi bernama Seikilos yang katanya dibuat untuk istrinya Euterpe.
Lagu ini adalah lagu pertama yang ditemukan secara lengkap dan jelas. Peneliti juga tidak membutuhkan waktu lama untuk merekonstruksikan kembali nadanya.

4. Lagu Tertua di Dunia: Oxyrhynchus

Tidak diketahui siapa yang menulis lagu ini, tapi diperkirakan lagu ini sudah ada sejak akhir abad ke 3 Masehhi. Oxyrhynchus sendiri ditemukan di Mesir dan diduga sebagai himne kristen pertama yang melodi dan liriknya ditemukan secara lengkap.
Berbeda dengan beberapa lagu lain yang ditemukan dalam tablet tanah liat, Himne ini ditemukan di atas paphyrus. Meskipun lagu rohani kristen, tetapi liriknya tidak ada di Injil sama sekali.

5. Lagu Tertua di Dunia: Phos Hilaron (Lumen Hilare)

Banyak peneliti yanng berpendapat bahwa lagu ini mungkin diproduksi oleh St. Basil the Great dan ditemukan di Yunani. Phos Hilaron sendiri ditemukan di akhir abad ke 3 atau bisa juga awal abad ke 4 Masehi. Ini merupakan himne kristen yang masih banyak digunakan sampai sekarang.
Itulah beberapa lagu tertua di dunia. Kebanyakan lagu ini merupakan himne keagamaan dan ada pula yang melodinya sudah direkonstruksi ulang.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.