Header Ads

Domain Tertua di Dunia

Domain Tertua di Dunia – Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer. Domain biasanya digunakan di bagian akhir sebuah situs internet.

Saat ini, domain yang paling banyak dipakai adalah .com. Selain lebih mudah disebut, domain ini juga katanya lebih mudah terindeks oleh pihak pengiklan.
Tetapi rupanya, sebelum domain dotkom, ada beberapa domain yang paling tua di dunia. Domain apa saja, kah itu? Berikut ulasannya:

1. Domain Tertua darpa (dotnet, dotorg, dotedu, dotmil, dotgov, dan dotarpa)

Domain ini pertama kali melakukan registrasi pada tanggal 1 Januari 1985 dan masih berjalan sampai sekarang. Domain ini telah diperbarui secara terus menerus dan digunakan untuk situs web darpa.mil.
Tetapi yang masih berjalan sampai sekarang adalah darpa.mil, sedangkan darpa versi lain sudah tidak berlaku lagi. Situs ini sendiri digunakan sebagai proyek penelitian yang melibatkan pertahanan tingkat lanjut. Meskipun 4 domain lainnya sudah tidak aktif, domain ini juga tidak bisa dibeli dan tidak ada di daftar domain yang akan dijual.

2. Domain Tertua Symbolics.com

Masih berada di tahun yang sama. Symbolics.com pertama kali diaktifkan pada tanggal 15 maret 1985 dan masih berjalan sampai sekarang.
Sewaktu pertama kali diaktifkan, domain ini digunakan untuk halaman web produsen komputer yang bernama Symbolics Computer Corporation.
Domain ini masih bertahan sampai sekarang. Hanya saja fungsinya sudah berbeda. Sekarang, domain ini sudah tidak lagi dimiliki oleh perusahaan produsen komputer tersebut. Melainkan digunakan sebagai museum internet sebagai domain tertua di dunia.

3. Domain Tertua bbn.com

Domain tertua di dunia yang selanjutnya adalah bbn.com. Domain ini pertama kali didaftarkan pada 24 April 1985 dan masih berjalan sampai sekarang. Dulunya, domain digunakan sebagai halaman depan dari situs web BBN Technologies.
Domain ini masih ada sampai sekarang dan masih dimiliki oleh BBN Technologies. Domain  ini sepenuhnya berada dalam jangkauan raytheon.com dan digunakan untuk mengarahkan ke situs milik BBN Technologies yang baru.

4. Domain Tertua think.com

Think.com adalah domain tertua di dunia yang hanya memiliki jarak 1 bulan dengan domain sebelumnya. Domain ini diaktifkan pada tanggal 24 mei 1985 dan digunakan untuk halaman depan Thinking Machines Corporation.
Domain ini tidak diperbarui lagi dan sudah tidak berjalan sekarang. Meskipun sudah tidak ada lagi yang memiliki, domain ini tidak bisa dicari di dalam keranjang jual beli domain. Ketika Anda berusaha membuka domain ini lagi, yang terjadi adalah kesalahan dengan kode 408.

5. Domain Tertua mcc.com

Satu lagi domain tertua yang buka tahun 1985, mcc.com.
Domain ini digunakan oleh perusahaan Microelectronics and Computer Technology Corporation untuk menjadi halaman depan websitenya. Hanya saja, domain ini sudah tidak berjalan lagi sekarang. Domain ini sudah tersedia untuk dijual. Hanya saja, harga untuk domain mcc.com adalah 1 juta dollars.
Itulah beberapa domain tertua di dunia yang pertama kali diaktifkan di dunia. bagaimana menurutmu?

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.