Header Ads

8 Hal yang Membedakan Setiap Manusia

8 Hal yang Membedakan Setiap Manusia –  Manusia adalah makhluk paling kompleks yang pernah ada di muka bumi. Tidak ada satu pun manusia yang memiliki kepribadian yang sama. Seperti tidak ada pula manusia yang bisa sama persis satu sama lain.

Lantas, apa saja, sih, faktor yang bisa membedakan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain?
Berikut dirangkumkan 8 hal yang membedakan setiap manusia dan menjadikan mereka sebagai individu yang unik:

1.  Kepribadian

Manusia selalu memiliki kepribadian yang berbeda. Kepribadian sendiri dibentuk oleh beberapa faktor: lingkungan keluarga, lingkungan sosial dan pendidikan. Ada banyak hal yang bisa menjadi pembentuk kepribadian.
Selain memiliki kepribadian yang berbeda antar manusia, kepribadian yang ada di dalam individu sendiri juga bisa mengalami perubahan. Tergantung pengalaman dan kegagalan yang pernah hadir dalam manusia itu sendiri.

2. Sikap

Hal yang membedakan setiap manusia selanjutnya adalah sikap. Manusia jelas dapat memiliki sikap yang berbeda antar satu sama lain. Bahkan ketika berinteraksi dengan manusia lain, sikap yang dikeluarkan juga berbeda. Inilah yang menjadi salah satu faktor pembeda manusia.

3. Pengalaman

Selanjutnya yang dapat membedakan manusia adalah pengalaman. Tidak ada satu pun manusia yang bisa merasakan sebuah pengalaman dengan  sama persis. Sebuah pengalaman menyenangkan bagi sebagian orang bisa saja menjadi pengalaman buruk bagi orang yang lain.

4. Kebiasaan

Kebiasaan adalah hal selanjutnya yang dapat membedakan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Kebiasaan sendiri dalam individu manusia dapat diubah. Meskipun demikian, manusia tidak pernah memiliki kebiasaan yang sama persis antara yang individu satu dengan individu lain.

5. Kreativitas Manusia

Manusia juga memiliki tingkat kreativitas yang berbeda. Bagi mereka yang terbiasa menggunakan otak kiri, maka kreativitas yang dimiliki akan kalah oleh mereka yang menggunakan otak kanan. Bahkan, sesama orang yang memiliki kreativitas saja bisa memandang sebuah objek dengan cara yang berbeda.

6. Perspektif

Manusia dapat memandang dunia dari perspektif mana pun yang mereka sukai. Tetapi juga perlu diingat bahwa tidak ada manusia yang memiliki sudut pandang terhadap dunia dengan cara yang sama seperti Anda.
Dalam kurun waktu 24 jam 7 hari 12 bulan, Anda memiliki perjalanan hidup sendiri yang menghasilkan perspektif atau sudut pandang Anda sendiri. Perspektif yang Anda miliki ini tentu saja berbeda antara yang satu dengan yang lain.

7. Selera

Anda bisa saja memiliki makanan favorit yang biasa Anda makan bersama teman. Tetapi, tetap saja itu tidak membuktikan bahwa selera Anda sama dengan teman Anda tersebut. Misalnya Anda sama-sama suka makan ayam, ternyata Anda lebih suka ayam geprek sedangkan teman Anda lebih suka ayam semur.
Itulah beberapa hal yang membedakan setiap manusia. Manusia adalah individu yang memiliki pola pikir dan keaneka-ragaman yang lain. Campuran ketujuh faktor tersebut tentu membentuk manusia menjadi berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.