Header Ads

Inilah 2 Cara untuk Menghilangkan Background Foto Tanpa Ribet

Gambar dengan format jpg, jpeg dan png lebih banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Biasanya gambar tersebut disertai dengan latar belakang atau dinding dengan corak maupun warna tertentu. Tapi ketika ingin menjadikannya ikon atau sticker, cara untuk menghilangkan background foto perlu dilakukan.


Cara Menghilangkan Background Foto dengan Mudah

Ada saatnya latar belakang foto tidak diperlukan sehingga pengguna hanya memerlukan objek gambarnya saja. Hal seperti ini biasa digunakan para perancang logo atau pengolahan citra dari format jpg, jpeg menjadi png, ico dan tiff sebagaimana mendukung media tanpa background. Berikut ulasannya: 

1. Menghilangkan Background Foto Lewat Situs Remove.bg

Terlihat dari namanya bahwa situs daring tersebut memperlihatkan fungsinya untuk menghapus latarbelakang. Perangkat pengguna harus terkoneksi dahulu dengan jaringan untuk melanjutkan proses menghilangkan background gambar atau foto. 

Langkah pertama pengunjung dapat membuka browser. Kemudian ketikkan pada address bar alamat url remove.bg. Setelah halaman tersebut terbuka langkah-langkah berikut ini dapat dilakukan oleh pengunjung:

• Klik button “Upload Image” berwarna biru untuk memilih gambar yang ingin dihilangkan background atau drop a file untuk mengunggah gambar berekstensi jpg,jpeg dan png.

• Tunggu proses pengunggahan selesai sampai gambar termodifikasi secara otomatis dengan background sudah dihapuskan.

• Ada 2 versi gambar yang ditampilkan, versi asli dengan “remove backgrounds”. 

• Apabila gambar tanpa background tersebut sudah sesuai keinginan dapat segera diunduh dengan klik button “Download” atau “Download High-Res” untuk kualitas resolusi lebih tinggi.

• Simpan Gambar pada penyimpanan internal perangkat.


 2. Menghilangkan background Foto lewat Aplikasi Background Eraser

Beralih pada aplikasi smartphone Android yang juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan background gambar. Perangkat lunak ini disebut dengan Background Eraser. Dapat diunduh secara gratis lewat Google Playstore. Kemudian lakukan pemasangan aplikasi agar dapat menggunakannya.   

Tutorial dalam penggunaan Background Eraser adalah pilih gambar yang ingin dihilangkan latarbelakangnya. Kemudian ikuti tahap-tahap berikut ini:

1.Crop gambar terlebih dahulu berdasarkan ukuran yang diinginkan.
2.Kemudian pilih opsi “Auto” untuk menghilangkan background secara otomatis.
Pilih opsi “Manual” apabila ingin melakukannya sendiri.
 3.Atur ukuran brush pen apabila melakukan penghapusan latarbelakang secara manual.
4.Pengguna kemudian tap pada latar belakang objek gambar untuk menghapusnya.
5.Hapus latar belakang hingga tidak ada sisa-sisa terlihat menempel pada objek gambar.
6.Tap pada pojok kanan atas opsi “Done” .
Pilih tingkat kelembutan antara rentang 0 sampai 5.
7.Klik Save untuk menyimpan gambar hasil penghapusan background tersebut.
8.Gambar dapat digunakan sebagai stiker Whatsapp apabila pengguna menginginkannya.
9.Apabila langsung ingin menutup aplikasinya, klik “Finish” pada sisi kanan atas.

Kurang lebih itulah 2 jenis cara untuk menghilangkan background foto dengan mudah tanpa harus menjadi editor foto handal mengingat fitur yang dihadirkan lebih sederhana dan dapat dipahami. Kedua cara tersebut dapat dilakukan lewat perangkat komputer maupun ponsel pintar.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.