Header Ads

6 Letusan Gunung Paling Berbahaya di Dunia


Letusan Gunung Paling Berbahaya di Dunia – Bencana alam adalah bencana yang tidak dapat kita cegah terjadinya. Bencana jenis ini biasanya tidak memiliki siklus tetapi dapat diperkirakan kapan akan terjadi.
Misalnya saja bencana gunung api. Jika sebuha gunung api meletus, maka akan menimbulkan kerugian yang cukup besar. Dari mulai kerugian finansial sampai kerugian nyawa.
Tetapi, di dunia ada beberapa letusan gunung api yang sangat berbahaya dan masih memiliki potemsi meletus di masa depan. Berikut daftarnya:

1. Gunung Vesuvius

Gunung ini terletak di Italia dan diduga merupakan gunung yang menenggelamkan kota Pompei. Letusan yang membuat kota Pompei menjadi batu ini diduga terjadi pada tahun 79 masehi. Gunung Vesuvius memiliki letusan gunung paling mematikan di dunia. Hal ini terbukti telah terjadi 8 letusan besar yang mematikan dalam kurun waktu 17.000 tahun terakhir.

2. Gunung Reiner

Gunung Reiner terletak di Amerika dan merupakan salah satu gunung paling berbahaya untuk didaki. Selain karena letusannya yang berbahaya, gunung ini juga sangat tinggi dan memiliki komposisi kimia yang rumit. Gunung ini memiliki aliran lava yang katanya mampu mencairkan salju dan es yang ada di puncak gunung dengan tetap menjaga kepanasan lavanya tersebut.

3. Gunung Berapi Novarupta

Novarupta terletak di Katmai Alaska yang merupakan taman nasional sekaligus cagar alam. Gunung ini sendiri sebenarnya terbentuk dari ledakan besar yang terjadi sebelumnya. Ledakan itu terjadi pada tahun 1912 dan termasuk ke dalam salah satu ledakan terbesar yang ada di dunia dan membunuh  orang-orang karena sakit mata dan sesak nafas.

4. Gunung Pinatubo

Gunung ini termasuk ke dalam salah satu gunung aktif tertinggi di dunia. Letaknya tidak jauh dari Indonesia. Tepatnya berada di negara tetangga Filiphina. Letusan gunung ini yang terjadi pada tahun 1991 diklaim sebagai letusan gunung paling dahsyat kedua di seluruh dunia. Letusan Gunung Pinatubo saat itu menewaskan sedikitnya 722 orang.

5. Gunung ST Hellens

Gunung ini sebenarnya gunung yang indah. Tapi kemudian keindahan tersebut berubah menjadi berbahaya karena letusannya yang terjadi pada tahun 1980 termasuk ke dalam salah satu letusan yang paling berbahaya di Amerika.
Letusan gunung ini paling tidak menewaskan 57 orang dann ribuan hewan ternak tewas tertimbun abu panas yang meledak secara eksplosif dari gunung tersebut.

6. Gunung Agung

Gunung paling aktif di Indonesia ini terletak di Bali dan termasuk ke dalam salah satu gunung yang dianggap suci oleh penduduk setempat. Letusan gunung ini paling tidak membunuh sekitar 1000 orang dan itu terjadi pada tahun 1963 dan termasuk ke dalam letusan paling berbahaya pada abad ke 20.
Di masa sekarang, Gunung Taal juga termasuk gunung purba yang diwaspadai karena letusannya diduga mampu mengubah iklim.
Itulah beberapa letusan gunung paling berbahaya di dunia. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.