Header Ads

5 Masjid Tertua di Amerika Serikat

Masjid Tertua di Amerika Serikat – Jika berbicara tentang negara yang memiliki Islamophobia paling tinggi, maka bisa dikatakan itu adalah Amerika Serikat. Sudah rahasia umum bahwa Islam dan Amerika seperti berada di dua sisi yang berbeda.

Meskipun demikian, bukan berarti di negeri Paman Sam tersebut tidak ada masjid, loh. Bahkan ada beberapa masjid yang diklaim sebagai masjid paling tua di seluruh negeri. Masjid apa sajakah itu? Berikut ringkasannya.

1. Masjid Al-Sadiq

Selain dinobatkan sebagai masjid tertua di Amerika Serikat, yang mengelola masjid ini rupanya juga merupakan komunitas tertua di sana, komunitas muslim Ahmadiyah. Perkiraan masjid ini berdiri pada tahun 1921 atau 1922. Meskipun telah berusia sekitar 98 tahun, tetapi masjid ini masih beroperasi sampai sekarang.
Jika Anda ingin berkunjung, Anda bisa mengunjungi masjid ini di Bronzeville, Chicago, Illinois.

2. Masjid Bunda Amerika

Masjid tertua di Amerika Serikat selanutnya adalah Mother Mosque of America. Dulunya, mesjid ini sempat disebut sebagai kuil orang muslim oleh orang-orang yang masih belum tahu apa itu masjid. Meskipun masjid Al-Sadiq lebih tua, tapi sebenarnya masjid inilah yang pertama kali dirancang dan sengaja dibangun sebagai tempat ibadah orang muslim.
Masjid ini dibangu pada 1934 di Cedar Rapids, Lowa. Masjid ini juga sempat hancur karena banjir pada tahun 2008 tetapi kembali dipugar dan tetap berdiri kokoh sampai sekarang.

3. Masjid American Moslem Society

Masjid tertua di Amerika yang berada di urutan ketiga ini didirikan pada tahun 1938 di wilayah Michigan. Jika Masjid Al-Sadiq dibangun oleh komunitas Ahmadiyah, maka Masjid ini adalah masjid yang dibangun kaum Sunni untuk pertama kalinya di Amerika. Masjid ini pula dikenal sebagai masjid pertama yang menggunakan speaker ketika melakukan peribadatan.

4. Masjid American Fazl

Setelah masjid Al-Sadiq, masjid kedua yang dibangun oleh komunitas Ahmadiyah adalah masjid American Fadl. Ini juga merupakan masjid pertama yang berdiri di Washington DC pada tahun 1950. Masjid ini juga masih berfungsi sampai sekarang.

5. Islamic Center of Southern California

Selama ini wilayah Los Angeles, California dianggap sebagai wilayah Amerika paling liar dengan pusat perjudian dan kehidupan malamnya. Tetapi rupanya, di tempat inilah terdapat salah satu mesjid tertua di Amerika. Mesjid ini dibangun pada tahun 1952 dan diberi nama sebagai Islamic Center of Southern California. Berawal dari sebuah komunitas kecil, mesjid ini semakin berkembang dan menjadi pusat kegiatan umat muslim di California sampai sekarang.
Meskipun tidak banyak, tetapi jumlah umat muslim cukup lumayan di Amerika. Ditambah lagi dengan adanya pendatang dari luar negeri dan menetap di sana.
Itulah informasi mengenai masjid tertua di Amerika Serikat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.