Header Ads

6 Gerhana Matahari Paling Terkenal dalam Sejarah


Gerhana Matahari Paling Terkenal dalam Sejarah –  Gerhana matahari yang jarang terjadi di dunia itu menjadikan gerhana ini terkenal. Faktanya, beberapa gerhana matahari memang terkenal legendaris karena kelangkaan atau adanya peristiwa yang mendampingi gerhana tersebut.


Berikut rangkuman gerhana matahari yang paling terkenal dalam sejarah:

1. Gerhana Matahari Total Amerika Besar

Gerhana matahari total sudah sering kali terjadi di dunia ini. Di Indonesia sendiri telah terjadi beberapa kali gerhana matahari total. Hanya saja, ada satu gerhana matahari total yang terkenal, yakni yang terjadi pada tahun 2017 lalu di Amerika.
Gerhana ini menyebabkan bumi gelap total selama beberapa saat sebelum secara perlahan matahari kembali menyinari bumi.

2. Gerhana Ugarit

Gerhana ini terjadi sebelum masehi dan digadang-gadang sebagai gerhana matahari tertua. Dinamakan dengan Ugarit karena para ahli menebak gerhana ini terjadi di Ugarit (sekarang dikenal dengan Syiria. Sejarah masyarakat kuno di Ugarit mencatat terjadinya gerhana ini sebagai matahari yang dikalahkan bulan.

3. Gerhana Assyrian

Sama seperti gerhana Ugarit, gerhana Assyrian juga terjadi pada tahun sebelum masehi. Gerhana ini termasuk sebagai gerhana yang spesial karena gerhana inilah yang pertama kali dapat diprediksi oleh manusia dengan menggunakan alat sederhana. Dulu, setiap terjadi gerhana di Assyrian, masyarakat akan mencari tumbal karena mereka percaya bahwa tumbal dapat menggantikan nyawa sang raja.

4. Gerhana yang Terjadi di Tiongkok

Gerhana-gerhana populer agaknya terjadi sebelum tahun masehi, termasuk gerhana yang terjadi di Tiongkok ini. Konon, gerhana ini terjadi pada tahun 1302 sebelum masehi. Masyarakata saat itu menganggap gerhana matahari yang terjadi sebagai bentuk peringatan kepada raja dan raja berusaha semaksimal mungkin menyelamatkan matahari dari ditelan bulan dengan mengadakan beberapa ritual.

5. Gerhana yang Terjadi ketika Penyaliban Yesus

Banyak diceritakan di dalam kepercayaan orang Kristen bahwa ketika Yesus disalib, terjadi gerhana. Hal ini tercatat di dalam kitabnya yang menggambarkan langit siang hari mendadak gelap seperti malam yang diidentifikasikan sebagai gerhana matahari total.
Banyak perdebatan yang terjadi untuk memastikan waktu terjadinya gerhana ini. Sebagian orang berpendapat gerhana ini terjadi pada tahun 29 M tetapi sebagian lagi mengatakan 33M.
Yang membuat gerhana matahari ini spesial adalah karena dari gerhana inilah para ahli mulai berlajar  untuk memperkirakan beberapa gerhana yang akan terjadi selanjutnya.

6. Gerhana yang Terjadi Ketika Raja Henry I Meninggal

Ketika Raja Henry 1 meninggal, gerhana matahari terjadi dan dianggap sebagai pertanda buruk. Peristiwa alam yang biasa terjadi itu terjadi pada tahun 1135.
Itulah beberapa gerhana matahari paling terkenal dalam sejarah. Sebenarnya, gerhana matahari total adalah peristiwa alam yang langka sekali untuk terjadi. Tetapi itulah yang membuat setiap gerhana istimewa.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.