Header Ads

6 Planet Tertua di Alam Semesta


Planet Tertua di Alam Semesta – Berbicara mengenai alam semesta tentu tidak ada habisnya. Sama seperti bawang, ada banyak lapisan rahasia yang menyelimuti seluruh jagat raya kita ini.

Secara umum, kebanyakan dari kita hanya mengenal galaksi Bima Sakti (Milky Way) dan Andromeda. Planet yang kita ketahui hanya Merkurius sampai Pluto. Padahal, jagat raya jauh lebih luas daripada itu.
Dan di antara beberapa rahasia luar angkasa yang telah terungkap, ada beberapa planet tertua di alam semesta. Planet-planet ini memiliki usia yang lebih tua dari usia bumi sendiri. Apa sajakah itu? Check this out!

1. PSR B12620-26 b

Planet ini ditemukan pada tahun 1987. Tetapi butuh penelitian yang panjang sebelum peneliti mengonfirmasi bahwa benda yang dilihat menggunakan teleskop hubble ini benar-benar sebuah planet. Para ahli memperkirakan usia planet sekitar 13 miliar tahun dan terletak di gugus bintang M4.
Planet ini juga termasuk ke dalam planet terjauh di alam semesta. Jaraknya dengan bumi sekitar 5.600 tahun cahay, loh.

2. Keppler-444 Planet

Planet tertua selanjutnya dipegang oleh Keppler-444 Planet. Planet bertipe 5 Exoplanet Terestrial ini pertama kali dicatat pada tahun 2013. Tetapi baru pada tahun 2015 Keppler-444 Planet dikonfirmasi sebagai planet. Usianya sekitar 11,2 miliar tahun.

3. 55 Cancri e

Planet ini diperkirakan telah berusia sekitar 10,2 miliar tahun. 55 Cancri E terletak sekitar 40 tahun cahaya dari bumi, tepatnya di rasi bintang Cancer. Planet ini masih diteliti untuk mengetahui jenisnya, tetapi banyak astronom yang meyakini bahwa planet ini termasuk ke dalam planet karbon.

4. HD 80606 B

Planet ini bertipe Hot Jupiter dengan jarak sekitar 190 tahun cahaya dari bumi. Planet ini juga dikenal dengan orbitnya yang aneh dan eksentrik: memanjang dan mirip dengan orbit komet. HD 80606 B ini ditemukan di dalam konstelasi Ursa Major di Galaksi Bima Sakti. Diperkirakan usia planet ini sekitar 7,,6 miliar tahun.

5. 51 Pegasi B

Usia planet ini ditaksir mencapai 6,1 sampai 8,1 miliar tahun. Tetapi banyak yang meyakini planet ini berusia 6,1 miliar tahun dengan jarak dari bumi mencapai 50 tahun cahaya lebih. Terkadang, planet ini juga dijuluki dengan  Bellorophon yang mengikuti tradisi penamaan berdasarkan mitologi Yunani.

6. Kepler-452b

Planet  ini memiliki tipe Ekstrasurya Super-Bumi dan disebut-sebut sebagai salah satu planet yang layak huni. Usianya mencapai 6 miliar tahun dan berjarak sekitar 1.400 tahun cahaya. Planet ini masih dalam penelitian lebih lanjut guna memastikan apakah benar-benar layak huni atau tidak. Kepler-452b ditemukan pada tahun 2015
Kebanyakan, planet ini ditemukan masih dalam galaksi Bima Sakti, tetapi dengan gugus bintang yang berbeda. Dalam gugus bintang kita sendiri, planet tertuanya adalah Jupiter dengan usia 4,6 miliar tahun cahaya dan berada di urutan ke delapan sebagai planet tertua di alam semesta.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.