Header Ads

Cara mengetahui perubahan trend di forex, emas, dan saham

Penulisan ini saya lakukan semata-mata hanya ingin agar ilmu yang saya dapatkan tidak hilang, sehingga saya menulis kembali ilmu yang saya dapatkan di website saya yang sangat sederhana ini, bila tulisan saya ini bisa memberikan wawasan atau juga manfaat kepada anda, ya alhamdulillah. Tapi intinya penulisan ini saya lakukan memang dengan tujuan agar tidak lupa ilmunya.

Banyak sekali trader pemula yang gagal mendapatkan profit karena tidak memahami pola-pola yang terjadi di market. Ketika sedang terjadinya uptrend atau harga sedang kuat naik, mereka malah melakukan sell, bahkan sebaliknya ketika harga sedang kuatnya turun, mereka malah melakukan pembelian. Hal seperti inilah yang salah dan harus diperbaiki oleh trader pemula.

Yang paling penting di dalam dunia trading jangan pernah melawan harga pasar, ketika anda melawan harga pasar artinya anda melawan kebanyakan trader di pasar, misalnya seperti kasus harga pasar sedang tinggi tetapi anda melakukan sell atau jual itu sama saja anda melawan semua trader dipasar yang sangat jelas sedang melakukan buy atau beli. Bila seperti itu artinya anda akan mengalami lose. Inilah hal yang utama yang harus diperbaiki.

Untuk kasus ini, akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Di artikel kali ini, saya hanya ingin membahas cara mengetahui perubahan trend atau mengetahui trend sudah selesai. Untuk mengetahuinya kita harus mengenal sebuah pola, disini ada dua pola untuk mengetahui trend sudah berakhir.
1.) Pola Double Top
2.) Pola Doube Bottom

Pola double top disebut dengan dua puncak gunung dan pola double bottom disebut dengan dua lembah. Pola ini harus anda ingat terjadi di ujung uptrend atau harga market sedang kuat tinggi dan pola double bottom terjadi di ujung downtrend atau saat harga sedang kuat rendah. Agar anda memahami apa yang saya maksud, anda bisa lihat gambar dibawah ini.


1.) Double Top

Coba anda perhatikan gambar diatas, inilah yang disebut dengan double top, kenapa bisa dikatakan double top? Karena diakhir dari trend terjadi pembentukkan dua gunung. Titik 1 adalah gunung pertama dan titik 3 adalah gunung ke 2, titik 1 dan 3 bisa dikatakan gunung bila berbentuk segita atau mendapatkan konfirmasi titik 2. itu hanya baru konfirmasi terbentuknya dua gunung atau pola double top tapi untuk konfirmasi pembalikkan arah dari uptrend menjadi downtrend akan terlihat lebih jelas dengan terbentuknya harga baru sell atau jual yang melewati garis titik 4.

Bila tidak paham, coba anda baca berulang-ulang kali.

Catatan:
pembentukkan gunung 1 dan 3 tidak harus puncaknya sama rata, beda tipis yang menyatakan harga tidak bisa melewati gunung tersebut maka itu sudah bisa dibilang double top.


2.) Double Bottom

Perhatikan gambar diatas, untuk penjelasannya sama saja seperti pola double top. Bila sedang terjadi downtren atau penurunan harga yang kuat maka tunggu konfirmasi dengan pembentukkan dua lembah. Pembentukkan dua lembah ini akan terlihat sangat jelas di titik 1 dan titik 3 serta mendapatkan konfirmasi segitiga terbalik atau titik 2. itu hanya konfirmasi pembentukkan 2 lembahnya saja, untuk meyakinkan trend akan berbalik arah maka harus adanya sebuah bentuk candlestick yang melwati titik 4, bila itu terjadi maka harga selanjutnya akan terjadi bullish.

Bila tidak paham, jangan lupa untuk baca berulang-ulang. tidak paham juga bisa tinggalkan di kolom komentar, nantinya akan saya buatkan videonya di channel youtube ane kemzot_kartika.

Catatan:
Ujung dari lembah tidak harus sama tidak masalah, intinya terbentuk dua lembah yang ujungnya tidak terlalu jauh, masih disekitaran harga yang sama.

Itu saja penjelasan yang bisa saya berikan kepada anda menurut pengalaman saya trading selama ini, semoga bermanfaat dan semoga mendapatkan wawasan baru.

Terima kasih,

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.