Tips Menulis Artikel SEO Full Menggunakan ChatGPT

 Ditutoinfo.com - Banyak hal yang bisa Teman-teman lakukan dengan menggunakan chatGPT seperti mencari sumber informasi dan menulis artikel yang berkualitas. Melalui artikel ini saya ingin menjelaskan kepada Teman-teman Cara menulis artikel SEO yang efektif dengan ChatGPT secara full, bahkan artikel tersebut bisa berjumlah 1000 kata.

Jadi pembahasan yang saya berikan ini tentunya bukan hanya melihat banyaknya jumlah kata dalam artikel melainkan artikel tersebut berkualitas, sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lainnya di mesin pencari. Sebelum saya memulai pembahasan lebih lanjut, saya sarankan kepada Teman-teman untuk menggunakan tool penghitungan jumlah kata di My Word Counter atau Teman-teman bisa klik Disini untuk langsung beralih ke toolnya. Dengan tool ini nantinya Teman-teman menghitung artikel buatan chatGPT, sehingga Teman-teman tahu berapa jumlah kata secara keseluruhannya.

Tips Menulis Artikel SEO Full Menggunakan ChatGPT

Kelemahan Menulis Artikel Menggunakan ChatGPT

Teman-teman harus tahu bahwa ada kelemahan ketika menggunakan chatGPT untuk menulis dalam jumlah kata yang banyak. ChatGPT memiliki batasan untuk membuat artikel hingga 1000 kata. Artinya yang diberikan oleh chatGPT memang jumlah katanya tidak lebih dari 1000 kata, walaupun Teman-teman menggunakan prompt atau perintah menulis artikel sebanyak 1000 kata. Karena alasan inilah saya ingin memberikan tips menulis artikel berkualitas SEO 1000 kata full menggunakan chatGPT.

Sedikit informasi yang ingin saya berikan kepada Teman-teman bahwa sebelumnya memang tulisan artikel di blog yang saya kelola ini full tulisan chatGPT, namun disini saya masih tidak peduli dengan jumlah katanya. Tapi ketika saya mencoba menulis artikel panjang dengan memberikan prompt atau perintah 1000 kata, hasilnya tidak sesuai. Awalnya saya berpikir mungkin karena prompt yang saya berikan tidak tepat sehingga chatGPT tidak memberikan hasil yang sesuai.

Hingga akhirnya saya memutuskan untuk membeli Ebook yang berjudul "Buku sakti 1000 perintah rahasia chatGPT" dengan harga 1.000 rupiah di Shopee. Setelah saya coba menggunakan prompt dari ebook tersebut hasilnya tetap tidak sesuai. Jadi karena permasalahan ini saya berkesimpulan chatGPT memang memiliki kelemahan di jumlah kata yang tidak bisa di perintahkan. Semoga paham dan Mari kita bahas lebih lanjut.

Strategi penulisan artikel SEO lengkap dengan ChatGPT

Strategi ini terletak pada prompt atau perintah yang Teman-teman gunakan untuk menulis artikel.

Prompt :

  1. Buatkan artikel terbaik dan berkualitas SEO on-page dengan Judul [bla bla bla bla]
  2. Buatkan artikel unik dan no plagiat yang SEO on-page dengan judul [bla blabla bla]
  3. Tuliskan artikel SEO on-page dengan judul [bla bla bal bla]
Prompt diatas adalah contoh yang bisa Teman-teman gunakan untuk menulis artikel berkualitas. Kata SEO on-page di dalam promt bertujuan memberikan perintah kepada chatGPT untuk membuat artikel berskala SEO yang pastinya artikel tersebut memiliki beberapa keyword long-tail. Teman-teman juga bisa merubah prompt diatas sesuai dengan ideny, karena yang terpenting isi dari prompt atau perintah harus jelas.

Kenapa saya tidak memberikan perintah dengan memasukkan jumlah kata seperti (buatkan artikel berkualitas yang SEO on-page dengan panjang artikel berjumlah 1000 kata dan judul artikel bla bla bla)?  Alasannya karena jumlah kata tidak bisa di perintahkan, walaupun terkadang ada yang sesuai tapi lebih cenderung tidak sesuai dengan prompt yang dibuat. karena alasan itulah lebih baik tidak digunakan dan Teman-teman bisa menggunakan cara lain untuk mencapai jumlah target 1000 kata namun artikel tetap berkualitas SEO.

1. Membuat Prompt Artikel 

Tips Menulis Artikel SEO Full dengan chatGPT

Disini saya menggunakan perintah seperti pada di gambar, saya tambahkan SEO on page agar artikel yang dibuat chatGPT adalah artikel berkualitas SEO. Untuk mengetahui berapa jumlah kata pada artikel yang di hasilkan oleh chatGPT. Selanjutnya melakukan pengecekkan di My Word Counter.

2. Cek Jumlah Kata Artikel

cek jumlah kata di my word counter

Setelah di cek ternyata hanya berjumlah 436 kata saja dan ini juga belum di revisi. Artinya jumlah kata ini terlalu pendek. Sebenarnya apabia Teman-teman tidak bermasalah dengan jumlah kata, maka artikel ini sudah bagus untuk di upload, karena artikel yang dihasilkan dari chatGPT ini sudah berkualitas SEO. 

3. Cek Keyword Long-tail 


cek keyword di chatgpt

Selanjutnya Teman-teman bisa cek apakah artikel yang dibuat chatGPT memiliki keyword long-tail atau tidak dengan prompt seperti pada gambar diatas. Dan hasilnya banyak keyword long-tail yang secara alami sesuai dengan judul artikelnya. Dengan begini walaupun artikel jumlah kata sedikit namun artikel sudah SEO.

4. Revisi artikel


Revisi artikel di chatgpt

Pada tahap ini untuk menambahkan jumlah kata dalam artikel agar menjadi lebih banyak, maka Teman-teman dapat merevisi artikel tersebut dengan prompt atau perintah "Revisi atau lebih detail" seperti pada di gambar. Selanjutnya untuk elihat hasilnya apakah sudah ada perubahan, Teman-teman copy paste artikelnya di tool penghitung jumlah kata.

5. Croscheck Jumlah Kata Setelah Revisi


Hitung jumlah kata artikel dari chatgpt

Sekarang artikel Teman-teman sudah memiliki jumlah kata yang lebih banyak dari sebelumnya, namun jumlah kata ini belum sampai 1000 kata. Apabila Teman-teman ingin artikelnya berjumlah 1000 kata, maka selanjutnya menambahkan kata secara alami ke dalam artikelnya.

6. Menambahkan Kata di Subjudul Secara Alami


Menambahkan kata di subjudul

Teman-teman lihat artikelnya dan perhatikan pada bagian subjudul yang mana yang bisa di tambahkan secara alami. Misal seperti pada gambar dimana subjudul terakhir mengatakan soal penyakit hama namun tidak memberitahukan secara detail obat apa yang bisa digunakan untuk hama tersebut, sehingga bisa menambahkan kata secara alami disana dengan membuat prompt atau perintah "obat apa saja yang bisa digunakan untuk membunuh hama". Contohnya seperti pada di gambar.

Hasilnya Teman-teman copy pastekan di subjudul yang sesuai tersebut dan lihat dengan penambahan ini apakah artikel sudah berjumlah 1000 kata.

7. Hasil Akhir 1000 Kata Artikel


1000 kata dari chatgpt

Setelah di cek di My Word Counter hasilnya artikel sudah berjumlah 1000 kata lebih. Dengan seperti ini artinya jumlah kata pada artikel sudah tercapai.

Intinya dalam menggunakan chatGPT bisa Teman-teman maksimalkan dengan memanfaatkan kemampuannya tanpa melihat kekurangannya. Jadi inilah Panduan praktis menulis artikel SEO menggunakan ChatGPT, dengan membuat tulisan artikel SEO dan jumlah kata yang maksimal tentunya membuat artikel Teman-teman siap bersaing dengan kompetitor lainnya di mesin pencarian dan tentunya meningkatkan trafik organik di website atau blog yang di kelola.

Itu saja tips yang bisa saya share kepada Teman-teman, Apabila memiliki saran atau kritik, silahkan saja tinggalkan jejak di kolom komentar. semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Tips Menulis Artikel SEO Full Menggunakan ChatGPT"