Cara Menulis Artikel SEO dengan Chat GPT

Ditutoinfo.com - Artikel ini saya khususkan untuk Teman-teman yang ingin belajar teknik menulis artikel SEO menggunakan chatGPT. Mungkin masih banyak dari Teman-teman yang bingung bagaimana memanfaatkan chatGPT untuk membuat artikel SEO yang mendatangkan trafik tinggi secara organik.

Dasarnya saya menggunakan chatGPT hanya sekedar membantu saya menemukan ide dalam membuat konten, menentukan keyword relevan, membuat url seo, dan meta deskripsi yang bagus. Jadi ChatGPT sangat membantu saya dalam membuat konten berkualitas. Dan melalui artikel ini saya ingin berbagi strateginya.

Strategi Efektif Menulis Artikel SEO Menggunakan ChatGPT 

1. Menentukan judul artikel

Judul artikel adalah hal pertama dan terpenting dalam menulis artikel, karena umumnya hal pertama kali dilihat oleh pengunjung atau visitor di mesin pencarian adalah judul artikel, maka sebisa mungkin Teman-teman buat judul artikel yang menarik pembaca untuk mengklik. Dengan menggunakan chatGPT, Teman-teman bisa mendapatkan banyak referensi judul yang bisa dipilih untuk digunakan.

Apabila Teman-teman bingung untuk membuat artikel dengan judul yang pas, maka Teman-teman dapat gunakan chatGPT untuk mencari judul artikel yang ingin Teman-teman bahas.

Menentukan judul artikel dengan chatGPT
Contoh 1

- Contoh situs "belajar seo"

Prompt : "Buatkan beberapa judul artikel yang saat ini tinggi trafik dan banyak di cari visitor dengan niche "belajar SEO".

Hasilnya chatGPT akan memberikan beberapa judul referensi yang bisa Teman-teman gunakan dan untuk prompt atau perintah sebenarnya tidak harus sama dengan contoh yang saya berikan, karena dasarnya chatGPT mengikuti apapun yang Teman-teman inginkan yang terpenting prompt yang ditulis jelas tujuannya, sehingga chatGPT bisa memberikan jawaban yang maksimal.

Tapi apabila Teman-teman sudah memiliki ide dalam menulis judul artikel untuk website atau blognya tanpa menggunakan chatGPT, selanjutnya Teman-teman hanya perlu mencari keyword yang sesuai dengan judulnya.

2. Mengoptimalkan Keyword dengan Judul 

Langkah selanjutnya tentunya Teman-teman harus membuat keyword yang sesuai dengan judul artikel. Saya sarankan hanya menggunakan tiga keyword saja di konten yang Teman-teman buat agar tidak dianggap spam oleh bot Google. 

Mengoptimalkan keyword dengan judul
Contoh 2

- Contoh judul "belajar SEO otodidak dari youube"

Prompt : Buatkan 3 keyword long-tail yang banyak diminati dan tinggi trafik dengan judul "belajat SEO otodidak dari youtube".

Hasilnya chatGPT memberikan jawaban yang sesuai dengan prompt atau perintah yang Teman-teman buat. Selanjutnya Teman-teman menulis artikel seperti biasanya dan memasukkan tiga keyword long-tail tersebut secara alami di dalam artikelnya.

3. Membuat URL SEO 

Setelah Teman-teman selesai membuat artikelnya. Selanjutnya Teman-teman membuat URL SEO. URL SEO ini sangat penting untuk di terapkan dalam artikel yang Teman-teman buat dengan bertujuan agar artikel menjadi lebih relevan sehingga artikel cepat di indek dan mendapatkan posisi di mesin pencari. Intinya URL dengan judul harus sesuai agar memudahkan bot dalam crawl artikel tersebut.

Membuat url seo menggunakan chatGPT
Contoh 3

- Contoh judul "belajar SEO otodidak di youtube"

Prompt : Buatkan URL Seo yang sesuai dengan judul "belajar SEO otodidak di youtube".

Maka chatGPT akan memberikan hasil yang sesuai dengan Teman-teman inginkan. Teman-teman bisa menggunakan prompt sesuai dengan keinginan dan idenya, yang terpenting penyampaian dalam kata-kata jelas.

4. Membuat Meta Deskripsi Relevan

Ini adalah langkah terakhir dalam membuat artikel SEO, jumlah maksimum meta deskripsi hanya 150 karakter saja. Apabila Teman-teman belum memahami apa itu meta deskripsi, sederhananya meta deskripsi adalah keterangan dari artikel Teman-teman dalam kata yang sangat singkat.

Membuat meta deskripsi relevan
Contoh 4

- Contoh judul "belajar SEO otodidak di youtube "

Prompt : Buatkan meta deskripsi relevan 140 karakter dengan judul "belajar SEO otodidak di youtube"

Maka chatGPT langsung merespon dan memberikan apa yang Teman-teman inginkan. Dengan membuat meta deskripsi ini tentunya artikel yang Teman-teman buat sudah SEO. 

Selanjutnya, Teman-teman bisa melakukan croscheck apakah artikel yang Teman-teman buat sudah SEO atau belum dengan menggunakan chatGPT. Caranya Teman-teman copy paste artikel yang sudah jadi tersebut ke chatGPT dan berikan perintah untuk koreksi apakah artikel sudah SEO atau belum.

Prompt : Apakah artikel sudah SEO atau belum dan apakah artikel terdapat keyword long-tail?

Biasanya apabila sudah SEO chatGPT merespon sudah bagus dan sesuai dengan SEO. Namun apabila ada kesalahan dan artikel belum SEO, maka chatGPT akan mengoreksi letak kesalahannya dimana sehingga artikel tersebut tidak SEO. 

Jadi itulah langkah-langkah menulis konten SEO dengan chatGPT. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Teman-teman pemula yang menginginkan artikelnya SEO. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau saran, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. 

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Artikel SEO dengan Chat GPT"