Lakukan Hal Ini Agar Mesin Mobil Awet |ditutoinfo.com

mesinmobil
Ilustrasi mesin mobil awet dan tahan lama

Lakukan Hal Ini Agar Mesin Mobil Awet |ditutoinfo.com - Merawat mesin mobil kesayangan agar performanya tetap terjaga dan selalu bekerja dengan baik sebenarnya tidaklah sulit. Jika Anda selalu mengikuti rekomendasi pabrikan untuk perawatan rutin tepat waktu. 

  Tidak masalah jika Anda melakukan perawatan sendiri di rumah, yang terpenting adalah pastikan dilakukan dengan benar dan selalu gunakan suku cadang asli.  

 Salah satunya adalah oli motor. "Jangan tergiur harga murah saat membeli oli dari pasar," kata Sumarno, pemilik Masmun Sukses Motor di Solo, Jawa Tengah. Pasalnya, di masa lalu banyak oli daur ulang yang terlihat seperti merek terkenal asli di dalam kemasannya, namun mengandung oli daur ulang. 

 - Soalnya, kalau menemukan ada yang jual oli bermerek, tapi harganya murah, patut curiga, ujarnya mengingatkan. 

 Karena pengaruh penggunaan pelumas "palsu", mesin rentan terhadap endapan oli. 

 “Ada satu kasus kendaraan tidak sampai 1.000 kilometer, mesin mogok karena penggunaan oli palsu,” ujar Manager Quality Assurance PT Pertamina Lubricants Nurudin. 

 Saat mesin dibongkar, lanjut Nurudin, bagian dalamnya penuh jelaga hitam dan mengental seperti gel. “Saat saya ambil sampel dan diperiksa ternyata tidak ada kotoran sama sekali pada oli tersebut,” kata Nurudin saat Otomotifnet.com berkunjung ke Jakarta Manufacturing Unit (PUJ), pabrik pelumas PT Pertamina Lubrinant di Tanjung Priok. Jakarta Utara, akhir tahun 2022 So. 

 Tentu sangat berbahaya menggunakan oli seperti itu pada mesin, “karena mesin sama sekali tidak bisa dilindungi”, ujarnya lagi. 

 Sebab, menurut Nurudin, kualitas oli dan kemampuannya melindungi mesin tidak hanya dari base oil yang digunakan. 

 Padahal, aditif memiliki dampak yang sangat besar, karena sebagian tugasnya adalah meminimalkan gesekan, meredam dan melepaskan panas, mencegah oksidasi cepat dan banyak lagi. 

 Jadi, sebaiknya Anda membeli oli motor di pasaran atau online, pastikan membelinya di dealer resmi atau dealer terpercaya merek oli pilihan Anda. Sekarang setelah Anda yakin oli yang Anda dapatkan asli, jangan langsung menambahkan oli baru setelah oli lama tersingkir. Tapi pertama-tama Anda harus mengganti filter oli. 

 Ingatlah bahwa sangat disarankan untuk mengganti filter oli ini setiap kali Anda mengganti oli. Lagi pula, Baderol tidak sepenuhnya mengosongkan dompet Anda. 

 Karena fungsi filter sangat penting untuk menjaga kemurnian oli mesin. Tugasnya menyaring kotoran yang ada di dalam oli, dimana cukup banyak kotoran yang tercipta dengan sekali pakai oli mesin. 

 Sehingga kotoran ini dapat menyumbat filter pada filter oli. 

 Efeknya terjadi ketika filter filter oli tersumbat, aliran oli menyebabkan tekanan pada katup bypass lebih awal. 

 “Katup bypass ini bekerja berdasarkan tekanan oli. Saat filter kotor, tekanan oli di dalam filter oli meningkat sehingga menyebabkan katup ini terbuka,” jelas Arief Hidayat, Founder dan CEO Rich Group. Pria bergelar master teknik otomotif itu menambahkan, dengan membuka bypass, aliran oli langsung diarahkan ke mesin untuk melumasi bagian yang bergerak tanpa filtrasi. 

 Dampaknya pasti akan membuat salah satu bagian mesin yang bergesekan menjadi kasar karena kotoran bercampur oli. 

 Perhatikan bahwa saat mesin bekerja dan oli melumasi bagian yang bergerak di dalamnya, karbon menumpuk seiring waktu. 

 Keadaan semakin parah jika bahan bakar yang kita gunakan memiliki kandungan belerang yang tinggi. 

 Selain itu, jika oli bekas berkualitas buruk atau pemilik mobil suka terlambat mengganti oli, bisa terbentuk lumpur atau lumpur. Jadi bisa dibayangkan jika oli mesin yang terkontaminasi partikel halus kotoran atau komponen yang bergesekan di dalam mesin tidak disaring dan dipompakan langsung ke dalam mesin untuk melumasi semua bagian yang bergerak seperti celah piston dan liner, katup, camshaft. dan seterusnya.. 

 Komponen ini dipastikan akan cepat aus. 

 “Jangan khawatir menempuh jarak 10.000 kilometer, meski filternya benar-benar kotor pada jarak 5.000 kilometer,” kata Arief. 

  Dijamin jika Anda mengganti kedua part ini tepat waktu dan selalu menggunakan produk original maka mesin akan awet. 

 Namun ingat untuk juga mengganti komponen lain sesuai jadwal yang direkomendasikan pabrikan. Seperti air radiator, gemuk box dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Lakukan Hal Ini Agar Mesin Mobil Awet |ditutoinfo.com "