Komponen mobil yang lebih mudah rusah bila bensin mobil habis dipaksa jalan

Hati-hati bila tidak ingin bagian komponen penting pada mobil rusak

Komponen mobil yang lebih mudah rusah bila bensin mobil habis dipaksa jalan- Pemilik kendaraan memiliki banyak kebiasaan yang jika diteruskan akan cepat merusak onderdil mobil. Salah satunya adalah cara mengosongkan tangki bahan bakar. 

 Jika kondisi ini dibiarkan atau berlanjut dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kerugian bagi pemilik kendaraan. 

  Product Development Department Manager/EDER Department Technical Service Manager PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan ada beberapa dampak yang ditimbulkan pada kendaraan jika sering diisi bensin saat kosong. 

 “Pada kesempatan pertama, Anda bisa kehabisan bensin di jalan, sehingga mobil mogok. Kondensasi kemudian dapat terbentuk di tangki bahan bakar, menyebabkan tangki berkarat. Lama kelamaan pompa bahan bakar bisa tersumbat kotoran," kata Bambang saat dihubungi Kompas.com.

 Jika terjadi korosi atau kerusakan pada pompa bahan bakar, pemilik mobil harus segera mengosongkan tangki agar kotoran tidak mengganggu pasokan bahan bakar. 

 Mengosongkan tangki bahan bakar Toyota Innova. 

  Sementara itu, Mandor Nissan Bintaro Ibrohim menambahkan, mobil dengan bahan bakar rendah kemungkinan akan mengalami penurunan performa. “Minimnya bahan bakar membuat fuel pump tidak tenggelam, apalagi saat berkendara di tanjakan, filter fuel pump banyak menyedot udara dari tangki bahan bakar, kondisi ini tidak ideal,” ujar Ibrohim. 

 Menurutnya, kondisi fuel pump mempengaruhi kandungan udara pada bahan bakar yang dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna. 

  “Campuran bahan bakar dengan udara lebih banyak biasanya disebut dengan campuran kurus yang tentunya dapat menurunkan performa mobil akibat pembakaran yang tidak sempurna,” ujar Ibrohim. 

 Oleh karena itu, pemilik mobil sebaiknya tidak menunggu hingga ketinggian bahan bakar menyentuh huruf E saat mengisi bahan bakar, karena dapat menyebabkan banyak kerusakan.

Posting Komentar untuk "Komponen mobil yang lebih mudah rusah bila bensin mobil habis dipaksa jalan"