Inilah Tips Terpenting Menghindari Body Motor Getar dan Suara Menganggu

motor
Ilustrasi motor bodi getar (ezgif.com)

Inilah Tips Terpenting Menghindari Body Motor Getar dan Suara Menganggu -Mengendarai sepeda motor membutuhkan kenyamanan, terutama di jalanan kota yang padat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips cara mencegah getaran rangka mesin saat menghidupkan mesin. 

 Rangka mesin yang bergetar biasanya disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat setelah pembongkaran. Selain itu, baut yang kendor dan braket yang patah juga dapat menyebabkan rangka bergetar dan mengeluarkan suara yang mengganggu. 

 Itu sebabnya main dealer Yamaha adalah PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan - Bengkulu) memberikan tips cara menghindari suara getaran rangka sepeda motor. 

 1. Perawatan tubuh 

 Salah satu cara untuk merawat sepeda motor Anda adalah dengan mempertahankan gaya berkendara Anda di jalan yang tidak rata. Agar rangka mesin selalu dalam kondisi baik, tidak boleh berakselerasi terlalu tinggi di lubang. 

 Jika sering berlubang sebaiknya rajin perawatan body, kencangkan baut dudukan rangka mesin dengan obeng tambahan atau kunci L-bolt yang kurang kencang.

 2. Perawatan kaki 

 Untuk menghindari kebisingan rangka sepeda motor, sebaiknya perhatikan komponen seperti peredam kejut, karet dudukan dan bantalan. 

 Komponen tersebut sering menimbulkan suara bising saat berkendara di jalan yang kasar. Pengemudi harus mengurangi kecepatan agar peredam kejut tidak memberikan efek berlebihan pada peredam kejut. Lalu ada kelebihan beban. Pengendara sepeda motor harus mengetahui berat maksimum yang dapat dibawa dengan manual. 

 Membawa beban yang terlalu berat pada sepeda motor dapat mencegah kerusakan pada kaki-kaki sepeda motor. Jika hal ini terjadi, segera ganti part yang rusak tersebut di bengkel resmi terdekat. 

 3. Sistem pengereman 

 Kebisingan sepeda motor dapat disebabkan karena rem yang jarang diganti atau masa pakai yang terlalu lama, yang menyebabkan kebisingan akibat gesekan pada rem.

 4. Rantai atau CVT 

 Masalah dengan rantai atau CVT dapat menyebabkan kebisingan. Rantai yang kurang pelumasan dapat menimbulkan suara bising yang mengganggu pada mesin. Oleh karena itu perlu diperhatikan kondisi bagian-bagian rantai tersebut. 

 Ganti CVT sesuai dengan masa pakai yang ditentukan dalam manual pemilik kendaraan. Jika terdengar suara yang tidak biasa, segera bawa sepeda motor ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lanjutan. 

 5. Mesin 

 Bunyi yang terdengar pada mesin Anda biasanya disebabkan karena jarang diservis, baik melalui perawatan rutin maupun penggantian oli yang jarang. Penting untuk diperhatikan bahwa mesin tidak boleh sembarangan diganti, agar tidak menimbulkan masalah yang serius.

Posting Komentar untuk "Inilah Tips Terpenting Menghindari Body Motor Getar dan Suara Menganggu "