Inilah Efek samping menaruh helm di spion motor

helm
Banyak sekali yang tidak tahu bahaya meletakkan helm di spion motor, padahal karena hal seperti itu menimbulkan kerusakan yang lumayan.

Inilah Efek samping menaruh helm di spion motor - Menggantung helm dari spion sepeda motor adalah praktik yang sangat umum bagi pengendara. Meski posisi ini tidak disarankan karena berbagai alasan, mulai dari menimbulkan kerusakan hingga memicu risiko keamanan. 

 Nyatanya, menggantungkan helm di cermin terkesan praktis. Setelah riding tinggal pasang helmnya tanpa harus dibawa-bawa, jadi bahayanya dimana? 

  Kepala Teknisi AHASS 88 Anto Hananto menjelaskan, seringkali kaca spion yang tergantung di helm bisa lepas. Alhasil, engselnya melemah dan tidak kaku. 

 “Helmnya cukup berat, jadi kalau ditaruh di spion, engselnya bisa lepas. Mungkin sekali atau dua kali boleh, tapi kalau terlalu sering, engselnya pasti macet dan spion tidak bisa dikencangkan lagi,” ujarnya, Selasa (6 Juni 2023) kepada Kompas.com. 

 Beberapa sepeda motor alarm baru juga memiliki kaca spion dengan lampu sein. Jika helm sering digantung, kabelnya bisa rusak. Ia menambahkan kaca spion sepeda motor harus disesuaikan dengan posisi dan sudut pandang pengendara kemudian dikencangkan agar tidak jatuh. 

 Hal ini juga menjadi kendala lain untuk menggantungkan helm pada kaca spion sepeda motor, karena dapat menyebabkan kaca spion tiba-tiba menunduk saat berkendara.  

 “Saat mau belok kanan atau kiri, kadang posisi spion bengkok karena persendiannya kendor. Ini berbahaya, apalagi jika harus melakukan gerakan cepat. Kalau tidak bisa melihat bagian belakang spion, ada kebetulan terjadi," kata Anto. Anto menyarankan pengendara untuk menggantungkan helm pada pengait di bagian samping sepeda motor. Jauh lebih aman dan pasti tidak akan merusak spion.

Posting Komentar untuk "Inilah Efek samping menaruh helm di spion motor "