Cara mengatasi mesin mobil mati mendadak dengan mudah |ditutoinfo.com


mesinmati
Jangan panik saat mesin mobil mati mendadak, karena kalian bisa lakukan 8 tips yang saya share disini
 
Cara mengatasi mesin mobil mati mendadak dengan mudah |ditutoinfo.com- Mesin mobil yang tiba-tiba mati saat melaju selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara kendaraan, apalagi jika mobil tersebut bergerak di lalu lintas padat saat ini. Belum lagi risiko kecelakaan akibat mobil berhenti mendadak akibat mesin mati mendadak. 

  Tentu ada penyebab mengapa mesin mobil tiba-tiba mati. Itu semua berkorelasi dengan perawatan yang Anda lakukan selama ini. Penyebab mesin mobil mati mendadak mulai dari kehabisan bahan bakar, masalah aki, hingga yang terparah adalah mobil kepanasan. Menurut laporan Engineering Choice, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mesin mobil tiba-tiba mati jika terjadi hal buruk pada mobil yang Anda kendarai. 

 1. Amankan mobil 

 Hal pertama yang harus Anda lakukan jika mesin mobil Anda tiba-tiba mati adalah dengan melumpuhkan mobil. Jangan panik, nyalakan lampu hazard dan pasang juga segitiga pengaman.  

 Jika mobil Anda berada di tengah jalan, segera dorong ke bahu jalan atau keluar dari trotoar jika memungkinkan. Hal ini penting untuk kelancaran lalu lintas dan juga untuk keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya. 

 2. Periksa indikatornya 

 Cara mengatasi mesin mobil tiba-tiba mati selanjutnya adalah dengan mengecek lampu peringatan mobil. Bagian speedometer memiliki beberapa nilai. Seperti pengukur oli, suhu mesin, bahan bakar, mesin, sabuk pengaman dan baterai. Kontrol ini memungkinkan Anda untuk lebih spesifik saat melakukan koreksi. 

 3. Periksa bahan bakar 

 Kehabisan bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mengapa mesin mobil tiba-tiba mati. Periksa indikator bahan bakar, jika level bahan bakar berada di posisi E, maka harus segera diisi. Kehabisan bahan bakar bukanlah masalah besar bagi mobil berbahan bakar bensin. Namun, jika mobil Anda bermesin diesel, dapat menimbulkan gejala dingin. 

 4. Periksa radiator mobil 

 Jika ada tanda-tanda mobil kepanasan, buka kap mobil dan diamkan beberapa saat. Periksa ketinggian air di radiator dan air di tangki, jika turun banyak, Anda bisa menambahkan air khusus ke radiator. Jika tidak, Anda bisa menggantinya dengan air mineral untuk sementara waktu.

 5. Bersihkan busi 

 Cara mengatasi mesin mobil tiba-tiba mati selanjutnya adalah dengan mengecek busi. Busi yang kotor dan busi yang kendor dapat menghambat pengapian dan menyebabkan mesin mobil berhenti secara tiba-tiba. 

 Buka busi dan periksa kondisinya. Jika busi kotor, bersihkan dengan amplas halus. Jika Anda memiliki busi cadangan, itu perlu diganti. Kencangkan busi dan kabel distributor. 

 6. Periksa proteksinya 

 Sekring mengandung komponen yang berumur panjang dan lambat. Jika mesin mobil mati mendadak, Anda bisa mengecek proteksi terkait mesin mobil. Jika sekering ini putus, bisa dipastikan ada masalah pada mesin. 

 7. Perhatikan kondisi kelistrikan 

 Jika radiator tidak bermasalah, bisa diangkat ke bagian kelistrikan mobil. Periksa bagian aki, lihat saya dan ditambah baut kabel, kabel dan juga jumlah air di aki mobil. 

 Kencangkan baut min dan plus. Periksa kabel yang longgar dan dapat segera ditempel atau diganti. Periksa air aki, jika tidak ada, segera tambahkan air aki. 

  8. Periksa alternator starter

 Pengecekan alternator starter adalah kesempatan terakhir untuk mengatasi mesin mobil yang tiba-tiba mati. Jika mesin masih menyala, namun lampu aki menyala, Dynamo tidak sedang mengisi daya. Periksa kompartemen kabel dan periksa kabel yang longgar atau putus. 

  Untuk mengurangi mati mesin mobil secara tiba-tiba, hal ini dapat dilakukan melalui perawatan rutin dan penggantian suku cadang. Semakin sering Anda melakukan perawatan, semakin kecil kemungkinan mesin mobil Anda tiba-tiba mati begitu juga sebaliknya.

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi mesin mobil mati mendadak dengan mudah |ditutoinfo.com "